Page 1 of 4

help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 20:14
by serlata
permisi suhu2.. pertanyaan ini emg udh bnyak dibahas...
cuma kali ini bener2 butuh bantuan..

heli compass atom 500 fbl
3gx modul, rudder futaba s9256
motor stock compass, esc align 70A

gini ceritany suhu,,
angkut heli dr rekan disini jg,, dapet awalny pake ftaba gy520+ftb s9256, tail heli aman2 aj, trbang normal..
krna minat ke fbl jadilah di rubah ke fbl,, smua udh kepasang, eh trnyata tail heli wagging gk karuan,, gk bs disalahin krn modul doank soalny jd bnyk kemungkinan krn smpet rakit ulang dlu heliny, skalian gnti cylic servo n smbil cek bearing2,,
tp smua yg bs jd sebab wagging udh dicoba dibenahin..
mekanikal udh se-OK mngkin, sloop minim, delay dikurang2in tetep aj gk ngaruh,,
udh dicoba satu-satu ganti modul fbl, ganti servo rudder, rubah posisi ball-link lbih ke dalem, bahkan dibalikin lagi pake ftb gy520+s9256 tetep aj gk ilang,, governor esc dicoba aktivin dan gak diaktivin tetep gk ngaruh..
belt tension dicoba dr kenceng bnget trus dikendorin dikit2,, tetep aj gk ilang waggingny..
pusing jg jadiny.. berhubung gk pernah kejadian tail wagging serumit ini..

mohon pncerahanny suhu2 kali aj ada yg belom sy coba,, moga2 bs smbuh heliny..
:thx :thx

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 21:11
by Budiman
Jika kasusnya terjadi saat menggunakan gyro(bukan FBL), berapa nilai gain signal pd gyro-nya, Om?

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 22:09
by serlata
Budiman wrote:Jika kasusnya terjadi saat menggunakan gyro(bukan FBL), berapa nilai gain signal pd gyro-nya, Om?


sy mulai dari 55 om di avcs trus turunin jd 50-ke 45, dst sampe 0 pun kgk diem2 buntutny om..

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 22:34
by andreansyah
mekanikal seperti ditail rotor assembly kan ada control link yg berbentuk plastik om itukan pake bushing ya, kalo ga salah sudah dicek seret ga seretnya ga om. karena part tsb salah satu penyebab wagging juga kalo bushing n plastiknya nempel biasanya karena kena tritlock,btw moga cepet ketemu solusinya om

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 23:22
by Budiman
serlata wrote:
Budiman wrote:Jika kasusnya terjadi saat menggunakan gyro(bukan FBL), berapa nilai gain signal pd gyro-nya, Om?


sy mulai dari 55 om di avcs trus turunin jd 50-ke 45, dst sampe 0 pun kgk diem2 buntutny om..

Baiklah kalo begitu..sekarang ukuran tail blade apakah sesuai dengan asli nya,Om?...

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 23:25
by serlata
andreansyah wrote:mekanikal seperti ditail rotor assembly kan ada control link yg berbentuk plastik om itukan pake bushing ya, kalo ga salah sudah dicek seret ga seretnya ga om. karena part tsb salah satu penyebab wagging juga kalo bushing n plastiknya nempel biasanya karena kena tritlock,btw moga cepet ketemu solusinya om


iya om andre sdh dicek jg balllink sm linkageny seret gk-ny, lancar om..


Budiman wrote:Baiklah kalo begitu..sekarang ukuran tail blade apakah sesuai dengan asli nya,Om?...


untuk ukuran blade ukuran asliny om,,dan udah dicoba ganti2 dr mulai cf radix, sab, sm plastik fusuno hasilny ttp sama om..
tambahan jg pushrod diganti carbon sm aj..

ada yg mnganggu di pikiran,, mgkn gak ya kalo shaft motor bengkok pnyebabny? cm masalahny blom crash, tp emg pas adjust pinion rada maksa digetok2 dkit,, tp minim bner kok bngkokny..

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 23:31
by Budiman
Tail ini wagging, maksudnya ber-ayun cepat gitu..? :tlt

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 23:33
by serlata
iya om budiman..
waduh gk ada yg nemenin sih jd gk bs pidio-in.. godek2 buntutnya om

Re: help: masalah tail

Posted: 04 Aug 2012, 23:45
by Budiman
serlata wrote:iya om budiman..
waduh gk ada yg nemenin sih jd gk bs pidio-in.. godek2 buntutnya om

Ngga apa2,Om..saya cuma memastikan antara istilah wagging dengan swinging...
Coba heli diubah balik ke non FBL dan menggunakan Gyro 502 dan 9256 , karena awalnya kan pada saat masih non-FBL semuanya masih normal2 saja..

Re: help: masalah tail

Posted: 05 Aug 2012, 01:20
by johansipp
Shaft motor kalo beneran bengkok, bunyi main gear bisa kedengaran beda.

Digetoknya sesudah tes flight yg pertama waktu masih pk flybar?
Yg d bongkar apa aja waktu mau d pasang fbl ??

Pengalaman saya pernah kebalik pasang main shaft karena terlalu pede hapal manual book, akibatnya slack dan butuh ring nya banyak bgt.

Cb baca manual lagi dan lihat part yg berhubungan dgn belt dan tail.