Page 1 of 3
pesawat coro dua motor
Posted: 20 Nov 2012, 20:27
by anelah
Untuk pesawat stik (coro) dengan dua motor (kiri&kanan) apakah juga harus menerapkan posisi motor miring kekanan? Sebab pesawat tsb selalu belok (kuat) kekiri.
Propeler kanan CCW dan kiri CW, spek dua motor tsb sama dan dua esc nya juga sama. Salah satu esc dibebani bec u servos dan rx.

Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 00:36
by ariebudi
setting esc apakah sudah sama persis...throtle range...

Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 05:14
by anelah
ariebudi wrote:setting esc apakah sudah sama persis...throtle range...

Sudah pak.
Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 06:50
by anelah
1. Pesawat belok kiri, apakah berarti RPM propeller kanan (CCW) < RPM propeller kiri (CW) ?
2. Throttle dinaikkan sedikit2 (pesawat dipegang) => motor kanan (CCW) berputar...berhenti sebentar...berputar...dst, throttle dinaikkan sampai kira2 1/3 => hal tsb tidak muncul lagi. Apakah artinya ESC nya kurang baik?
3. Apakah 2 motor (hextronik 16g) dengan lipo 2S800mAh ini cukup untuk pesawat auw=330gram?

Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 09:10
by Bodyguard
Mohon Izin untuk Ikut nimbrung ya om....

Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 12:30
by NF
harusnya kalo pake prop sistem contra rotating (baik single engine atau dual ) effek tork (puntir) mesin akan hilang , coba cek , rpm kanan dan riri sama ? juga coba arah putaran kedua motor dibalik ...(lihat videonya OV 10 di UT )
Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 13:48
by Ratno
anelah wrote:ariebudi wrote:setting esc apakah sudah sama persis...throtle range...

Sudah pak.
om coba setting ESC nya bersamaan...
ataw mungkin ada coneksi cable yang kurang baik......
Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 20:34
by Bodyguard
Mohon Izin om anelah...
Sekalian nanya...kebetulan ada temen yg hadapi masalah yg sama juga dgn om anelah...Sebagai tindak lanjut pembahasan dari CW dan CCW, kira2 apa efek yg akan di timbulkan dari putaran 2 motor yg berbeda arah putarannya??
NB : Kalo temen sy pake 2 ESC beda merk tapi sama ampere...
Re: pesawat coro dua motor
Posted: 21 Nov 2012, 23:24
by yoyonh
Bodyguard wrote:Mohon Izin om anelah...
Sekalian nanya...kebetulan ada temen yg hadapi masalah yg sama juga dgn om anelah...Sebagai tindak lanjut pembahasan dari CW dan CCW, kira2 apa efek yg akan di timbulkan dari putaran 2 motor yg berbeda arah putarannya??
NB : Kalo temen sy pake 2 ESC beda merk tapi sama ampere...
saya coba jawab ya mohon koreksi kalau salah.
1. CCW itu putaran propeller yang normal yang biasa kita pakai, efeknya pesawat akan cenderung lari ke kiri makanya kita selalu pasang right thrust, untuk melawan daya tarik ke keri.
2. CW kebalikannya dari CCW.
Kedua motor ini di pasang di kiri dan kanan sayap dengan side thrust = 0. dan kedua putaran akan saling menghilangkan effect rotasi (mirip heli coaxial, saling menghilangkan effect rotasi motor).
Saya pernah buat si imoet AUW sekitar 200 gr dari foam waktu ada lomba twin motor cuman gak diikutkan lomba wong bikinnya asal asalan, kebetulan esc nya HK10 A dua duanya baru, dan motor 10 gr juga baru semua, dan terbangnya asyik banget.
Sekarang pesawatnya sudah nggak tahu kemana.
Re: pesawat coro dua motor
Posted: 22 Nov 2012, 01:04
by anelah
Bodyguard wrote:Mohon Izin untuk Ikut nimbrung ya om....

Monggo silahkan