Hover utk pemula
Posted: 31 Aug 2007, 03:45
Manuver hover tail-in utk pemula(dari pengalaman saya,tanpa simulator)
throttle curve : 0% 65% 80% 90% 100%
pitch(heli) : 0deg 3deg 5-6deg 7-8deg 10-11deg
1.lakukan pada kondisi cuaca yg cerah dan tdk berangin kencang
2.lokasi terbang..lebih baik jauh dr keramaian/indoor..di mana saja asal
kan aman buat anda,heli dan penonton
3. cek frekwensi radio anda dgn pilot lain(bila ada)..agar tdk terjadi radio
interference
4. nyalakan Tx anda lebih dulu,sebelum mengaktifkan heli...dan Lock Tx
dgn fasilitas Throttle cut off.
5. Pre-flight check..cek gerak semua servo..bila terjadi kesalahan pd sa
lah satu servo saja...batalkan flight..perbaiki dulu..hehehe
Swashplate harus pada posisi level di tengah..dan semua gerakan
swashplate hrs sama rata ..tdk boleh timpang ke satu arah manapun
6. Bila semua OK...ambil jarak aman antara anda dgn heli..kurang lebih
2-2,5 meterlah..
7. Nyalakan throttle perlahan-lahan mulai dr awal...main blade akan mu
lai berputar...angkat terus stick throttle(kiri)...sementara jempol pd
stick kanan,harus pd kondisi waspada..utk bersiap mengcounter gerak
heli...
8. Angkat terus stick throttle,hingga landing skid mulai melayang dr tanah
Pada kondisi ini..heli akan bergeser kekiri sesaat..counter ke kanan
dgn aeleron..sedikit saja...
9. Hover kan heli pada ketinggian kira2 setinggi tempurung kaki kita..
Pada tahap ini..jangan hover lebih tinggi dr itu...pelajari semua respon
heli...Biasanya utk ketinggian spt ini...heli akan membal..disebabkan
aliran udara dari main blade ke tanah dan memantul balik ke heli..
(ground effect)
Counter semua gerakan heli...input harus secukupnya saja,tidak bole
over...cukup buat mengcounter saja..
Ketinggian heli bole kurang dr yg saya sebutkan tadi...yg penting mana
saja yg membuat anda merasa nyaman..
Jika rasa percaya diri semakin kuat,..tambah altitude heli...semakin
tinggi altitude,pengendalian heli semakin mudah..krn tdk ada ground
effect lagi..Selamat Mencoba
Demikian utk para rekan pemula...semoga bisa memberikan gambaran buat anda sekalian..kalo ada yg kurang...silahkan ditambahin
salam,
budi
throttle curve : 0% 65% 80% 90% 100%
pitch(heli) : 0deg 3deg 5-6deg 7-8deg 10-11deg
1.lakukan pada kondisi cuaca yg cerah dan tdk berangin kencang
2.lokasi terbang..lebih baik jauh dr keramaian/indoor..di mana saja asal
kan aman buat anda,heli dan penonton
3. cek frekwensi radio anda dgn pilot lain(bila ada)..agar tdk terjadi radio
interference
4. nyalakan Tx anda lebih dulu,sebelum mengaktifkan heli...dan Lock Tx
dgn fasilitas Throttle cut off.
5. Pre-flight check..cek gerak semua servo..bila terjadi kesalahan pd sa
lah satu servo saja...batalkan flight..perbaiki dulu..hehehe
Swashplate harus pada posisi level di tengah..dan semua gerakan
swashplate hrs sama rata ..tdk boleh timpang ke satu arah manapun
6. Bila semua OK...ambil jarak aman antara anda dgn heli..kurang lebih
2-2,5 meterlah..
7. Nyalakan throttle perlahan-lahan mulai dr awal...main blade akan mu
lai berputar...angkat terus stick throttle(kiri)...sementara jempol pd
stick kanan,harus pd kondisi waspada..utk bersiap mengcounter gerak
heli...
8. Angkat terus stick throttle,hingga landing skid mulai melayang dr tanah
Pada kondisi ini..heli akan bergeser kekiri sesaat..counter ke kanan
dgn aeleron..sedikit saja...
9. Hover kan heli pada ketinggian kira2 setinggi tempurung kaki kita..
Pada tahap ini..jangan hover lebih tinggi dr itu...pelajari semua respon
heli...Biasanya utk ketinggian spt ini...heli akan membal..disebabkan
aliran udara dari main blade ke tanah dan memantul balik ke heli..
(ground effect)
Counter semua gerakan heli...input harus secukupnya saja,tidak bole
over...cukup buat mengcounter saja..
Ketinggian heli bole kurang dr yg saya sebutkan tadi...yg penting mana
saja yg membuat anda merasa nyaman..
Jika rasa percaya diri semakin kuat,..tambah altitude heli...semakin
tinggi altitude,pengendalian heli semakin mudah..krn tdk ada ground
effect lagi..Selamat Mencoba
Demikian utk para rekan pemula...semoga bisa memberikan gambaran buat anda sekalian..kalo ada yg kurang...silahkan ditambahin
salam,
budi