Page 1 of 5

Hover utk pemula

Posted: 31 Aug 2007, 03:45
by Budiman
Manuver hover tail-in utk pemula(dari pengalaman saya,tanpa simulator)


throttle curve : 0% 65% 80% 90% 100%
pitch(heli) : 0deg 3deg 5-6deg 7-8deg 10-11deg

1.lakukan pada kondisi cuaca yg cerah dan tdk berangin kencang
2.lokasi terbang..lebih baik jauh dr keramaian/indoor..di mana saja asal
kan aman buat anda,heli dan penonton
3. cek frekwensi radio anda dgn pilot lain(bila ada)..agar tdk terjadi radio
interference
4. nyalakan Tx anda lebih dulu,sebelum mengaktifkan heli...dan Lock Tx
dgn fasilitas Throttle cut off.
5. Pre-flight check..cek gerak semua servo..bila terjadi kesalahan pd sa
lah satu servo saja...batalkan flight..perbaiki dulu..hehehe
Swashplate harus pada posisi level di tengah..dan semua gerakan
swashplate hrs sama rata ..tdk boleh timpang ke satu arah manapun
6. Bila semua OK...ambil jarak aman antara anda dgn heli..kurang lebih
2-2,5 meterlah..
7. Nyalakan throttle perlahan-lahan mulai dr awal...main blade akan mu
lai berputar...angkat terus stick throttle(kiri)...sementara jempol pd
stick kanan,harus pd kondisi waspada..utk bersiap mengcounter gerak
heli...
8. Angkat terus stick throttle,hingga landing skid mulai melayang dr tanah
Pada kondisi ini..heli akan bergeser kekiri sesaat..counter ke kanan
dgn aeleron..sedikit saja...
9. Hover kan heli pada ketinggian kira2 setinggi tempurung kaki kita..
Pada tahap ini..jangan hover lebih tinggi dr itu...pelajari semua respon
heli...Biasanya utk ketinggian spt ini...heli akan membal..disebabkan
aliran udara dari main blade ke tanah dan memantul balik ke heli..
(ground effect)
Counter semua gerakan heli...input harus secukupnya saja,tidak bole
over...cukup buat mengcounter saja..
Ketinggian heli bole kurang dr yg saya sebutkan tadi...yg penting mana
saja yg membuat anda merasa nyaman..
Jika rasa percaya diri semakin kuat,..tambah altitude heli...semakin
tinggi altitude,pengendalian heli semakin mudah..krn tdk ada ground
effect lagi..Selamat Mencoba

Demikian utk para rekan pemula...semoga bisa memberikan gambaran buat anda sekalian..kalo ada yg kurang...silahkan ditambahin

salam,

budi

Posted: 31 Aug 2007, 09:01
by Syafik
Penjelasannya gamblang mas...

Nambahin dikit, pastikan heli tail lock/gyto ngelock... kalau heli masih berputar2 atau geleng sebelum diangkat tinggi... sementara ditunda dulu hovernya dan rechek gain gyro atau proportional pada 3in1 biasanya pada heli 4chanel

Posted: 31 Aug 2007, 09:16
by Budiman
Syafik wrote:Penjelasannya gamblang mas...

Nambahin dikit, pastikan heli tail lock/gyto ngelock... kalau heli masih berputar2 atau geleng sebelum diangkat tinggi... sementara ditunda dulu hovernya dan rechek gain gyro atau proportional pada 3in1 biasanya pada heli 4chanel


Betul,Pak Syafik...saya lupa buat yg satu ini..hehehe...makasi buat tambahannya..

salam,

budi

Posted: 31 Aug 2007, 11:01
by andre77
@budiman,pitch(heli) : 0deg 3deg 5-6deg 7-8deg 10-11deg

trik jitu buat pemula saat belajar hover supaya kemungkinan landing skirt patah jadi minimum

Posted: 31 Aug 2007, 11:57
by IVAN BUKAN
@budiman , wah jelas banget pencerahan nya , tolong nanya ya pak ?
setting throttle curve : 0 - 38 - 55 - 75 - 100 %
setting pitch curve : 0 - 3 - 5.5 - 8 - 10
1. apakah setting pada servo throttle berpengaruh pada throttle curve ?
2. setting engine os 50 kan ada 2 ( iddle & needle ) , saya pake byron 10 % , sebaiknya di setting
berapa putaran ideal nya pak ? untuk iddle & needle
3. dengan sett throt di atas menurut bpk , apakah cukup nyaman ?
4. kalau mau belajar forward , setting throt & pitch , sebaiknya berapa ya pak ?
5. tx saya hitec eclipse 7 ch , jangkauan nya sampai berapa meter ya pak ?
terima kasih

Posted: 31 Aug 2007, 13:31
by andre77
Wah om ivan ini masa blom tahu sih hehehehe

Posted: 31 Aug 2007, 15:26
by Budiman
IVAN BUKAN wrote:@budiman , wah jelas banget pencerahan nya , tolong nanya ya pak ?
setting throttle curve : 0 - 38 - 55 - 75 - 100 %
setting pitch curve : 0 - 3 - 5.5 - 8 - 10
1. apakah setting pada servo throttle berpengaruh pada throttle curve ?
2. setting engine os 50 kan ada 2 ( iddle & needle ) , saya pake byron 10 % , sebaiknya di setting
berapa putaran ideal nya pak ? untuk iddle & needle
3. dengan sett throt di atas menurut bpk , apakah cukup nyaman ?
4. kalau mau belajar forward , setting throt & pitch , sebaiknya berapa ya pak ?
5. tx saya hitec eclipse 7 ch , jangkauan nya sampai berapa meter ya pak ?
terima kasih


Kebanyakan pertanyaan sampean ini utk heli engine..hehehe..pengalaman saya terbatas hanya pd heli electric saja

Untuk pitch curve sampean..sangat bagus kalo menurut saya..krn pitch yg digunakan sangat membantu kerja engine..misalnya pitch pd point ke 3 ..sampean menggunakan 5.5deg.. sedangkan range pitch pd point ini sekitar 5-6deg...kurang dr range ini,heli ga akan mau take off,sedangkan lebih dr range ini..akan membebani engine..sedangkan pd point ke 3 ini,kalo bole saya bilang adalah titik kritis dr heli..krn mulai pd point ini, kita mulai menyelaraskan antara beban(pitch) dgn power system...

Saya kurang pasti dg set throttle dan pitch pd heli engine utk forward..
Untuk heli saya(electric)...utk normal mode adalah sbb :
throttle curve : 0% 65-70% 80-85% 90-95% 100%
pitch curve : -3deg -1deg 5deg 8deg 10deg

Saya suka memakai prosentase throttle yg tinggi.. tujuannnya agar heli dapat melaju pd saat kondisi berangin

Demikian semoga bisa memberi inspirasi

salam,

budi

Posted: 31 Aug 2007, 15:48
by ajo.naim
Terima kasih Pak, sangat membantu buat yang mau mulai belajar hely
Ditunggu lesson seri berikutnya.

Posted: 31 Aug 2007, 19:32
by IVAN BUKAN
terima kasih pak
@andre , saya masih belajar , awal electric FALCON cuma 1 bulan , karena part nya sulit , atas saran teman akhirnya ganti titan 50 , sudah hampir 3 bulan , aku bisa hover , side in kiri & kanan , sekarang mau FF , tapi nyali nya kecil , bagaimana pengalamanmu NDRE ?

Posted: 31 Aug 2007, 21:06
by Syafik
Saya lihat pak iwan ini perkembangannya dah cepat... tinggal keberanian aja pasti bisa FF... melihat setting mesin saya rasa sudah enak gitu kok pak...

Ayo pak progresnya besok terbang FF