Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Posted: 27 Apr 2013, 06:39
Ditinjau dari segi biaya, ketahanan juga performa mana yang lebih baik mohon pencerahan para suhu.
Komunitas Aeromodelling Nusantara
https://www.gaero.org/
doditsky wrote:urun rembug...hehehehe kayak klompencapir ( eh masih ada nggak ya program itu )...saya baru di hely om suer bukan merendah...memang masih patroli dan belajar 3D dikit2
memang semua plus minus om Farid...saya asumsikan kalo kita head to head klas 600 hely dengan engine 50 ...( hehehehe pernah punyanya itu sih)...
Hely engine :
plus :
- mau main berapa kali terbang ences saja selama fuel dan batt tx rx masih
- suara dan bau nitronya bikin kangen....dan juga bikin yang nonton seneng krn ada asapnya
- (katanya suhu2 hely...hehehehe copy paste ) Power terus ada selama BBM masih
- untuk orang awam lebih keren...."wah pake mesin ya pak" pertanyaan yang sering muncul di penonton, ..kalo batt..."oooo pake batt ya...kayak mainan di rumah".....wkwkwwk Trex 550 sama dengan mainan di rumah....ya namanya juga pendapat ...yang penting bisa memberi hiburan buat masyarakat![]()
minus
- jelas RIBET ..mau terbang harus bawa Botol BBM, starter, fuel pump, tx disamping angkat helynya
- Ribet perawatan....karena komponen engine lebih banyak....
- Boros kalo pas untuk latihan HOVER....satu tangki Trex 600 kalo hanya untuk latihan hely hanya beberapa menit...kalo untruk patroli sudah irit...nah bisa dihitung...harga satu galon 20 % -30% nitro dibagi satu tangki...so ketemu sekali terbang keluar duit berapa....![]()
Elektric :
Untuk kelas 600 sekarang butuh 2 batt atau ada juga yang cuma satu tapi gede kapasitas
Plus :
- Praktis, tinggal charger batt ...masukkan ke tas, bawa tx dan hely...
- ( katanya suhu lagi )...powernya relatif lebih spontan
- minim perawatan ( kecuali batt lipo yang terkenal manja wkwkwkwkwk )
Minus :
- Batt lipo hely biasanya kapasitas besar so biaya awal tinggi coba lihat di hobby shop online
- butuh batt banyak kalo mau main beberapa kali terbang walaupun bisa dicharge dilapangan...kalo terbang tetep saja saya jarang bisa charger di lapangan, walaupun sudah bawa Accu mobil dan charger
- perawatn batt lipo memang harus hati2...sering di cek
- Power saat batt mau habis cenderung turun....apalagi habis blasss....![]()
so...kalau saya pilih elektrik karena segi praktis dan jarang seting....perawatan batt kalo bagus juga bertahan lama...hehehe karena saya hanya manuver kanan kiri OK ya awet...sudah hampir setahun batt masih OK ( buat patroli loo )
mohon maaf kalo salah....salam