Page 1 of 3

OVER KILL POWER

Posted: 07 Aug 2013, 16:17
by zaki
bingung nih naro postingannya dimana....

tapi ya sudahlah klo saya tolong admin di pindahkan ya :hi3

begini tentang POWER motor berlebih pada pesawat KLO GA SALAH di sebutnya OVER KILL ya om ..???
overkill ini jika dari fisik pesawat karena bentuknya kenapa ?? pesawat terlalu kecil ...?? sayap kekecilan ?

mengakibatkan pesawat melintir/twist atau bagaimana ?

mohon petunjuk nya .....

Re: OVER KILL POWER

Posted: 07 Aug 2013, 21:23
by zaki
yuuuuuuuuuuu :gr1 huuuuuuuuuuuuu

Re: OVER KILL POWER

Posted: 07 Aug 2013, 22:37
by aurasyifa
lg pada mudik Kali Mas Zaki,... :cling

Re: OVER KILL POWER

Posted: 08 Aug 2013, 15:42
by umar rai
:hi3 Lagi sibuk silaturahmi ke family mungkin OM Zaki, teman-teman kita, jadi sebagian belum sempat online di GAERO.

Re: OVER KILL POWER

Posted: 08 Aug 2013, 22:28
by toto
over kill atau over power ....... yang ingin dicari penjelasannya itu terkait istilahnya atau efeknya atau gimana ya .............. :hmm



salam

Re: OVER KILL POWER

Posted: 09 Aug 2013, 00:48
by flylow
zaki wrote:bingung nih naro postingannya dimana....

tapi ya sudahlah klo saya tolong admin di pindahkan ya :hi3

begini tentang POWER motor berlebih pada pesawat KLO GA SALAH di sebutnya OVER KILL ya om ..???
overkill ini jika dari fisik pesawat karena bentuknya kenapa ?? pesawat terlalu kecil ...?? sayap kekecilan ?

mengakibatkan pesawat melintir/twist atau bagaimana ?

mohon petunjuk nya .....


overkill satu kata gabung, bukan over kill,
itu istilah bhs inggris umum bukan hanya utk rc saja, untuk hal2 yg dilakukan secara berlebihan alias lebai :hi3


pengaruhnya kekuatan struktur pesawat tidak memadai, kalo sampe beda jauh bisa terbang motornya copot dari firewall. kalo power dibesarin biasanya firewall dikuatin lagi entah di dobel kayunya atau modif struktur.

tergantung jg kelebihannya segimana, kalo beda2 dikit gak banyak ngaruh, turunin throttle aja udah mayan gak ada berasa bedanya.
kemudian jg pemakaian batre cepet habis, kalo digedein otomatis berat bertambah, walhasil CG harus diatur2 lg. kalo pesawat keberatan juga nggak enak terbangnya walau CG nya udah pas. biasanya pas landingnya gak bisa mulus. ujung2nya cepet rusak.
kemudian durasi terbangnya juga jadi lebih singkat utk yg menggunakan batre.

kalo utk gasolin, biasanya si struktur gak nahan getaran mesin, jadi terbang brp kali udah pada remuk atau copot2.

saran, pake aja yg sesuai power range, makin besar power tidak berarti makin bagus.
kecuali mau ada pesawat yg dikorbanin, kemudian jg pas terbang gak banyak orang di sekitar, jadi kalo jatuh gak akan nimpa org. keselamatan pesawat adalah no 1 (kalo pesawat selamat pasti gak ada org yg gak selamat)

Re: OVER KILL POWER

Posted: 09 Aug 2013, 08:40
by zaki
toto wrote:over kill atau over power ....... yang ingin dicari penjelasannya itu terkait istilahnya atau efeknya atau gimana ya .............. :hmm



salam

penjelasan dan efeknya terutama saat baru takeoff mbah

flylow wrote:
overkill satu kata gabung, bukan over kill,
itu istilah bhs inggris umum bukan hanya utk rc saja, untuk hal2 yg dilakukan secara berlebihan alias lebai :hi3


pengaruhnya kekuatan struktur pesawat tidak memadai, kalo sampe beda jauh bisa terbang motornya copot dari firewall. kalo power dibesarin biasanya firewall dikuatin lagi entah di dobel kayunya atau modif struktur.

tergantung jg kelebihannya segimana, kalo beda2 dikit gak banyak ngaruh, turunin throttle aja udah mayan gak ada berasa bedanya.
kemudian jg pemakaian batre cepet habis, kalo digedein otomatis berat bertambah, walhasil CG harus diatur2 lg. kalo pesawat keberatan juga nggak enak terbangnya walau CG nya udah pas. biasanya pas landingnya gak bisa mulus. ujung2nya cepet rusak.
kemudian durasi terbangnya juga jadi lebih singkat utk yg menggunakan batre.

kalo utk gasolin, biasanya si struktur gak nahan getaran mesin, jadi terbang brp kali udah pada remuk atau copot2.

saran, pake aja yg sesuai power range, makin besar power tidak berarti makin bagus.
kecuali mau ada pesawat yg dikorbanin, kemudian jg pas terbang gak banyak orang di sekitar, jadi kalo jatuh gak akan nimpa org. keselamatan pesawat adalah no 1 (kalo pesawat selamat pasti gak ada org yg gak selamat)



maksih om dan mbah toto ..

sebenarnya kejadiannya sudah beberapa tahun yg lalu saya lupa tanyakan.... dan kejadian ini satu2nya pesawat homemade sy yg gagal terbang :nw

intinya sy bikin pesawat dgn WS 70cm FS mengikuti ( niat bikin yg rada kecil klo ga salah AUW 400gr dgn motor ko ga salah 2409 trust 800grm prop juga standar nya 8x6.. biar ngebut niatnya..hehehe) .. pas di handlaunch langsung itu pesawat twist/melintir/roll langsung gabrug ...... :hi3

nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ... :gg
saya ambil asumsi overpower sih .....

nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?

Re: OVER KILL POWER

Posted: 09 Aug 2013, 09:23
by KBSantoso
zaki wrote:maksih om dan mbah toto ..

sebenarnya kejadiannya sudah beberapa tahun yg lalu saya lupa tanyakan.... dan kejadian ini satu2nya pesawat homemade sy yg gagal terbang :nw

intinya sy bikin pesawat dgn WS 70cm FS mengikuti ( niat bikin yg rada kecil klo ga salah AUW 400gr dgn motor ko ga salah 2409 trust 800grm prop juga standar nya 8x6.. biar ngebut niatnya..hehehe) .. pas di handlaunch langsung itu pesawat [color=#FF0000]twist/melintir/roll langsung gabrug ...... :hi3

nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ... :gg
saya ambil asumsi overpower sih .....

nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?


Share pengalaman Om Zaki
Kalo efek melintir/roll pada saat take off itu akibat dari torsi motor.
Biasanya melintir ke kiri. Efek itu akan semakin nyata bila perbandingan power motor dengan AUW tidak seimbang (terlalu besar).
Right thrust tidak bisa menghilangkan efek torsi ini, hanya mengurangi.
Efek ini akan diseimbangkan pada saat pesawat sudah memiliki cukup laju sehingga gaya aerodinamik sayap bisa menetralkannya.
Pada saat take off/hand launch kita cenderung full throttle sehingga torsi motor juga maksimum, sedangkan pesawat belum memperoleh cukup laju untuk meng-counter torsi ini.
Biasanya kalo mau take off dengan hand launch atau full throttle saya counter sedikit aileron ke kanan. Biasakan juga jika handlaunch sendirian, pakai tangan kanan untuk mengontrol Tx yaitu aileron dan elevator, tangan kiri untuk launch. Pengaktifan throttle bisa pakai dagu/mulut. Jika sebaliknya, kuatir tidak akan sempat mengantisipasi jika terjadi efek melintir.
Hal ini sering saya temui pada teman2 saya di Marina Semarang,...
Bukan hanya saat take off, tapi pada saat panic recovery saat mau landing, throttle didorong secara tiba2 sehingga pesawat yang sedang lowspeed mengalami efek puntir dan gabruuggg.... :nw

Semoga bisa membantu....

Re: OVER KILL POWER

Posted: 09 Aug 2013, 09:38
by zaki
KBSantoso wrote:
Share pengalaman Om Zaki
Kalo efek melintir/roll pada saat take off itu akibat dari torsi motor.
Biasanya melintir ke kanan. Efek itu akan semakin nyata bila perbandingan power motor dengan AUW tidak seimbang (terlalu besar).
Right thrust tidak bisa menghilangkan efek torsi ini, hanya mengurangi.
Efek ini akan diseimbangkan pada saat pesawat sudah memiliki cukup laju sehingga gaya aerodinamik sayap bisa menetralkannya.
Pada saat take off/hand launch kita cenderung full throttle sehingga torsi motor juga maksimum, sedangkan pesawat belum memperoleh cukup laju untuk meng-counter torsi ini.
Biasanya kalo mau take off dengan hand launch atau full throttle saya counter sedikit aileron ke kiri. Biasakan juga jika handlaunch sendirian, pakai tangan kanan untuk mengontrol Tx yaitu aileron dan elevator, tangan kiri untuk launch. Pengaktifan throttle bisa pakai dagu/mulut. Jika sebaliknya, kuatir tidak akan sempat mengantisipasi jika terjadi efek melintir.
Hal ini sering saya temui pada teman2 saya di Marina Semarang,...
Bukan hanya saat take off, tapi pada saat panic recovery saat mau landing, throttle didorong secara tiba2 sehingga pesawat yang sedang lowspeed mengalami efek puntir dan gabruuggg.... :nw

Semoga bisa membantu....



nah berati pengalaman sama nih .... :hmm begitu ya ...... :mtp

Re: OVER KILL POWER

Posted: 09 Aug 2013, 20:07
by susanto
maksih om dan mbah toto ..

sebenarnya kejadiannya sudah beberapa tahun yg lalu saya lupa tanyakan.... dan kejadian ini satu2nya pesawat homemade sy yg gagal terbang :nw

intinya sy bikin pesawat dgn WS 70cm FS mengikuti ( niat bikin yg rada kecil klo ga salah AUW 400gr dgn motor ko ga salah 2409 trust 800grm prop juga standar nya 8x6.. biar ngebut niatnya..hehehe) .. pas di handlaunch langsung itu pesawat twist/melintir/roll langsung gabrug ...... :hi3

nah setelah di ingat2.... apakah ini efek overpower / aileron terbalik ... :gg
saya ambil asumsi overpower sih .....

nah untuk mbah toto dan om flylow... apakah yg pernah terjadi pada saya itu ( jika ail normal ) apakah bisa dari overpower ...?
[/quote]
Maaf newbie sumbang saran, tp kalo salah mohon di koreksi atau ngak usah dianggap, he,he,,,
Menurut pengalaman saya motor 2409 biarpun beratnya separuh nya dari trust tdk akan membuat pesawat tsb menjadi ngebut, krn putaran motor sama jd kecepatan maksimalpun juga tetap.
Tp jk ingin ngebut cari motor dgn putaran yg lebih cepat, tetapi hal ini masih di pengaruhi besar kecilnya prop, dan daya motor tsb kuat memutar prop sebesar berapa inch. Juga di pengaruhi juga dgn ke seimbangan propeller juga.
Maaf nih jd ngawur dari topik, monggo di lanjutkan, newbie seperti saya kok bicara ngawur, he,he,,, :gg