2 putaran biasanya kebesaran, coba 1 3/4 alias 1,75 puteran
cara ngidupin engine gasolin,
1. choke tutup + ignition mati +throttle diatas idle dikiiit sekali, di "prime" alias priming, diputer2 sambil diintip bensin masuk karbu sampe gelembung udaranya habis.
2. choke tutup + ignition hidup +throtte diatas idle dikiiit sekali, engkol sampe"batuk"
3. choke buka +ignition hidup +throttle diatas idle, engkol sampe hidup. jangan di gas dulu sampe 30 detik, baru boleh coba full throttle.
nah sekarang kalau sudah hidup cari idlenya, coba kejut2 throttle dari idle ke 60%,
kalo respon telat dan terbatuk2, berarti kebesaran, puter low needle searah jarum jam 1/10 puteran (dikit2)
coba lagi, sampe ketemu respon yg enak.
untuk high needle, full throttle sampe ketemu puteran paling tinggi kira2 sama seperti nyeting high needle nitro.
hanya saja gasolin responnya lebih telat, jadi puter dikit2 sekitar 1/10 putaran sambil tunggu perubahannya,
kalau sudah ketemu rpm paling tinggi, balikin lagi berlawanan arah jarum jam sedikit aja 1/12 puteran supaya tidak terlalu "lean"
kalau sudah ketemu idlenya, langkah2 ngidupin diatas yg "throttle diatas idle sedikit" diganti menjadi "throttle idle"
gasolin tidak seperti nitro, idle aja bisa hidup tanpa harus digas2.
kelirumologi:
1. choke tutup terlalu lama diputer2 tanpa hidupkan ignition, mengakibatkan kebanyakan bensin di silinder head akhirnya berkerak di busi dan ruang bakarnya.
2. baru hidup sudah digas2 seperti engine nitro, ini menyebabkan cepet rusak.
3. makin banyak campuran oli makin bagus, salah, busi berkerak dan basah kemudian cepet mati.
kemudian 1 hal lagi:
buka businya, lihat merknya DLA atau DLE bukan? jika ya, tolong bawa ke TPA kemudian lempar ke tumpukan sampah
DLA + DLE engines bagus, tapi businya sebagian besar adalah sampah, daripada nanti terbang lagi enak2 mati mendingan langsung ganti.
saya bukan menyampaikan pesan sponsor, yg reliable adalah merk RCEXL dan NGK (siapa gak kenal NGK).
ada yg berpengalaman busi DLE dan DLA bagus? ada bbrp, tapi silakan saja pertaruhkan pesawat anda demi 50-150rb lebih untuk ngemodal busi yg lebih bagus
