Page 1 of 3

cara start turbine

Posted: 20 May 2014, 22:24
by barubisaterbang
permisi suhu,

saya sedang penasaran, engine turbine itu cara start nya gimana ya?
apakah juga perlu glow heater dan starter untuk menyalakannya?
untuk harga fuel kisarannya berapa ?
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila ingin menerbangkan pesawat turbine?
trim suhu

Re: cara start turbine

Posted: 21 May 2014, 04:56
by sudjai sarmo
Fuel Engine Turbine itu pakai Avigas Turbine biasa disebut AvTur, Avi itu penerbangan Gas itu bahan bakar jadi Avigas Turbine adalah bahan bakar untuk mesin turbin. Kalau di Amerika nama bahan bakarnya juga disebut Kerosine, kalau di Indonesia disebut Minyak Tanah. Dulu waktu disubsidi pemerintah harganya murah, sekarang malah lebih mahal dari Premium setelah subsidi dicabut. Kalau kebetulan kita berada didekat lintasan pesawat yang mau takeoff bisa kita cium bau dari hembusan mesin turbine pesawat yang mirip sekali dengan bau kompor minyak tanah setelah dimatikan.

Re: cara start turbine

Posted: 21 May 2014, 12:58
by Gerhaen
pantesan di stop peruntukannya untuk masyarakat
karena lebih mahal klo di jual ke airline :cling :cling

makdikipe :cling :cling

Re: cara start turbine

Posted: 21 May 2014, 16:57
by barubisaterbang
Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?

Re: cara start turbine

Posted: 21 May 2014, 18:41
by sudjai sarmo
barubisaterbang wrote:Untuk fuel hanya pakai minyak tanah yang biasa bisa didapat warung" benar om?
Tanpa campuran minyak pelumas lg om?
Kemudian untuk proses start nya gimana om?
Apakah perlu alat bantu?


Benar, Minyak Tanah seperti yang dipakai kompor dapur.
Yang saya tau kalau dipesawat beneran ya hanya Minyak Tanah tanpa campuran, tetapi pernah saya baca di website RC Jet bahwa mesin Jet kecil perlu Oli untuk pelumasan Bearingnya dan Oli tersebut dicampurkan pada Bahan Bakar pesawatnya. Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.

Re: cara start turbine

Posted: 21 May 2014, 19:25
by black_knight
Starting sequence untuk turbine semua hampir sama..
Bikin airflow jalan terlebih dahulu, ignotion spark, fuel di pump..

Re: cara start turbine

Posted: 22 May 2014, 10:35
by dino
:? minyak tanah.... kOmpOr :hi3 dulu cm 3500/L

Re: cara start turbine

Posted: 22 May 2014, 11:52
by justinus
sudjai sarmo wrote: Untuk start dan lain2nya saya tidak tau karena di Kalsel belum ada yang punya RC Jet. Mudah2an nanti ada rekan yang bisa kasi informasi.


Perlu bertanya kepada suhu Unding, sayang beberapa waktu ini beliau tidak kelihatan muncul. Gimana suhu Hidayat, apa beliau masih ngoprek jet homemade nya?

Re: cara start turbine

Posted: 22 May 2014, 13:46
by iwan21
Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om :cling

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja

kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.

Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)

Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine

Re: cara start turbine

Posted: 22 May 2014, 19:26
by adhreena
iwan21 wrote:Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om :cling

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja

kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.

Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)

Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine


Idem dengan wejangan dari master suhu ini, ga ada yg kurang ataupun lebih, :yes