Page 1 of 1

dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putus"

Posted: 10 Jul 2014, 20:18
by barubisaterbang
para suhu engine
saya ada sedikit masalah dengan engine gas dle 20
di posisi idle engine ok, idle nya bagus
tapi sewaktu di throtle separuh atau full engine terasa ada putus-putus,...bukan brebet ya
maaf saya tidak begitu bisa menggambarkan kondisinya
saya sudah bersihkan carburator sampai kedalamnya
sudah coba ganti carburator lain juga
tetapi hasil tetap sama
saya curiga di pengapian, tapi saya tidak paham cara settingnya
mohon bantuannya
trims...

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 08:49
by Yustitia
Sudah periksa businya om ?

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 11:29
by toto
Bentar lagi kaya nya totally say goodbye sama sang CDI ..... :hmm



Salam

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 12:23
by barubisaterbang
Yustitia wrote:Sudah periksa businya om ?


busi belum saya cek om, saya pikir kalau busi, nyalanya susah.
kalau ini nyalanya ga susah.
nanti coba saya ganti busi nya.
trims om

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 12:26
by barubisaterbang
toto wrote:Bentar lagi kaya nya totally say goodbye sama sang CDI ..... :hmm



Salam


duh....moga-moga jangan om
kalau dari settingan timing mungkin tidak ya om?

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 15:55
by Janto_JAC
Kalau mesin nitro 2 stroke atau 4 stroke, problem tersebut muncul karena busi sudah tidak berfungsi dengan sempurna, atau fuel tidak cocok. Contohnya: fuel 4 stroke Byron digunakan untuk mesin 2 stroke.

Saya punya pengalaman seperti itu.

Mungkin bisa diaplikasikan ke mesin gasoline.

Saya sedang memantau mesin gasoline 20cc untuk menggantikan mesin YS110, mudah"an pas power-nya, untuk pesawat Cessna.

Lancar" dengan setting mesin DLE 20cc-nya, pastikan handal didarat, baru terbang, agar pesawat tetap mulus.

Salam aeromod,

Janto

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 17:31
by barubisaterbang
Janto_JAC wrote:Kalau mesin nitro 2 stroke atau 4 stroke, problem tersebut muncul karena busi sudah tidak berfungsi dengan sempurna, atau fuel tidak cocok. Contohnya: fuel 4 stroke Byron digunakan untuk mesin 2 stroke.

Saya punya pengalaman seperti itu.

Mungkin bisa diaplikasikan ke mesin gasoline.

Saya sedang memantau mesin gasoline 20cc untuk menggantikan mesin YS110, mudah"an pas power-nya, untuk pesawat Cessna.

Lancar" dengan setting mesin DLE 20cc-nya, pastikan handal didarat, baru terbang, agar pesawat tetap mulus.

Salam aeromod,

Janto


trims om buat masukannya....

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 11 Jul 2014, 22:58
by richard
Om barubisaterbang,

Kalau setelah ganti busi baru masalah masih sama, coba sensor pengapian digeser.
Jangan banyak2, coba geser 1 mm ke kanan. Dan settingan Hi & low speed needle jangan diubah-ubah.
Tapi saya rasa masalahnya di CDI yang mulai menurun kemampuannya, seperti kata om toto.
Mesin dalam keadaan baru atau beli bekas om?

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 15 Jul 2014, 07:03
by barubisaterbang
sudah saya coba ganti dengan cdi lain tanpa mengganti busi, hasilnya langsung tok cer

Re: dle 20,...posisi throttle separuh atau full, engine putu

Posted: 15 Jul 2014, 08:46
by Janto_JAC
Sip, bisa dijadikan referensi kalau ada kejadian yang sama. Terima kasih.

Selamat terbang