Page 1 of 2
DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 24 Nov 2014, 08:59
by Irwan Bossanova
Para suhu engine sekalian mohon kritik dn sarannya. Ni dle 20 cc saya baru2 ini setlh hbs digeber ato full throtle, diposisi idle gas dg sendirinya mninggi. Sy cb bbrp kli mutar low needle (rich) sdikit spy gas bs enak. Tp bgitu dgeber ato full throtle lg, idlenya gas kmbali meninggi sendirinya. Sy mncba mnjewer komponen engine lainnya spy hilang, mulai dari setting:
1. Pop off fuel dicarbu di 10 psi
2. Ganti busi
3. Membenahi bukaan reed valve spy lbh pakem
4. Membenahi posisi sensor magnet kesana-kmari
5. Memeriksa kerapatan tutupn plat gas dlm karbu
6. Dan terakhir memeriksa karbu klo2 ad kbocoran.
Ternyata semuanya blum membuahkn hasil alias gas msh mninggi dg sendirinya. Ni....engin apnya lg ya.......yg mesti dijewer spy m enak spt semula, krn gejala ini bru2 az stlh bbp kli sy mncba stell pop off di 10 psi.
Jika ad pndapt yg menyatkn bhw karbu tmpat mix antra fuel dn air, ap iya krn blom pas nya mix antra keduanya shg terjdi gejla dmkian.
Maaf klo uraiannya agk pnjng dikit. Atas saran para suhu sekalian sy ucapkn trima kasih.
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 24 Nov 2014, 11:36
by richard
Om Iwan,
Coba di check berikut ini:
1. Per (spring) tuas gas apakah di lepas atau tidak?
2. Gunakan servo yang cukup torsinya dan pushrod yang kuat, demikian juga dudukan servo throtle yang kokoh.
Saya pernah mengalami hal yang sama, ternyata karena pushrod throtle dan dudukan servo throtle yang tidak kokoh saat getaran (vibrasi) mesin meninggi waktu idle. Dan karena saya selalu melepas per di tuas gas (yang berfungsi menahan bilah penutup di karbu selalu tertutup), otomatis tidak ada yang meng"counter" gerakan servo throtle.
Richard
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 25 Nov 2014, 18:02
by wihandaya
Kasusnya sama ----- sy juga bungung cari jawabnya sampe raj groundid main dle 20cc nya
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 08 Dec 2014, 13:33
by antokrose
kasusnya kebalikan dengan punya saya om, idle nya gak bisa langsam, cenderung mati kalau di gas kecil dan udah di setel low nya juga gak berubah maunya idle gede terus, setelah itu coba saya bongkar carbnya untuk di bersihkan dengan di semprot carb cleaner, hasilnya low bisa langsam enak cuman sayangnya high nya jadi bermasalah gas gak bisa full hanya 1/4 aja dan kalau di gas fulll atau di naikin 1/2 gasnya, engine mau mati di coba di setel highnya tetap sama saja , alhasl di coba di bongkar lagi crabnya di semprot lagi dengan carb cleaner, namun hasilnya sama saja highnya tetap bermasalah gak mau di gas full, menurut suhu suhu sekalian kira kira apanya ya dle saya ini ?, padahal awalnya hignya tidak bermasalah sebelum di bongkar dan di bersihkan,
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 08 Dec 2014, 23:24
by antokrose
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 11 Dec 2014, 21:46
by toto
menarik nih soal DLE-20 ... ikut monitor ya berangkali suatu saat DLE-20 saya berulah yang sama jadi bisa langsung dibenerin tuh engine ... selama ini sih sang DLE-20 saya nurut2 aja sama perintah dari jempol saya dan semoga tetap nurut deh ya ....
sekedar bagi2 informasi saja ... yang saya perhatikan dilingkungan saya bermain itu engine menjadi bermasalah karena sang empunya sangat rajin yaitu dengan membongkar tuh engine dengan niat ya apalagi kalau bukan bersih2 dan membuat engine kinclong kembali tapi nasib tidak dapat ditolak pada saat engine dirakit kembali hasilnya ya begitulah membuat gemes semua rekan2 yang ngerubungin tuh engine dan kalau gini saya hanya bisa berharap semoga kalau mau membuang tuh engine enggak jauh2 jadi saya mudah untuk memungutnya dan selanjutnya bersama eyang wisnu kita jadikan preparat untuk di uwek2 ... semoga kalau ada yang mau buang engine jangan pake dibanting ya ....
salam
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 12 Dec 2014, 00:03
by yoyokTR3
pastinya sy blum ber-elmu apalagi semumpuni eyang suhu Toto dan suhu Gaero lainnya, tapi sy pengen ceritakan pengalaman saya:
1. sblum prtama kali mesin dibunyikan, tetesin mesin dgn pertamax+oli lewat lubang busi dan putar2 propeller dengan tangan (busi tdk trpasang) sampe tangan pegel. sambil ngopi, makan pisang goreng dan nonton tv. Lakukan selama bebrapa hari, katanya supaya tdk trjadi gesekan yg dipaksakan pada mesin/besi di tahap2 awal ... proses merayu
2. hidupkan mesin dgn setelan sesuai buku petunjuk.
3. hidupkan mesin dengan setelan low-speed needle selama bbrp tangki, berulang selama bbrp hari. jangan buru-buru nge-gas. Lakukan dgn penuh kesabaran sampai waktunya tiba untuk mulai nyetel High-speed needle. Hasil tergantung kesabaran kata eyang2 suhu di Gaero.
4. mulai penyetelan Low & Hi sesuai petunjuk di buku panduan. Ingat dan tandai posisi needle pada performa terbaik. gunanya utk mengecek/mengembalikan jika ada perubahan performa pd engine.
5. berdoa setiap sebelum dan sesudah terbang. wajib
dgn cara ini, sampe sekarang sy belum pernah bongkar2 tuh mesin dan udh bbrapa kali di pindah2kan ke peswat lain, tpi performanya masih sama dgn di awal. Bukan apa2, itu krn sy bener2 ga tau ngoprek2 mesin
Alhamdulillah dan semoga mesin dle saya sehat selalu.
kalo boleh saran, kembalikan semua setelan ke setelan awal, kemudian hidupkan kembali brtahap sesuai petunjuk di buku panduan.
Ampuuuunnn . . . bukan maksud menggurui, dan mohon maaf jika kurang berkenan.
hanya bermaksud mncerikan pengalaman dan pengetahuan yg masih sangat cetek ini.
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 18 Dec 2014, 08:05
by Irwan Bossanova
Mdh2 om toto bs bntu membedah problem engine saya.......he...he.....! Dan sangat sy tunggu petuahnya. Sambil nunggu petuah eyang toto dn mhon ijinnya tuk om Antokrose.....sy cb berbagi pengalaman. Dg asumsi tdk ad kebocoran fuel, trus cdi, dll kemungkinan besarya mslh setting pop off. Krn stang pop lemah pd saat bongkar karbu ad perbhn stang pop off shg pd saat high throtle tentunya membutuhkn fuel supply yg tinggi pula smntra pop off tdk membuka sesuai kbutuhan pembkarn pd saat high shg engine dead. Nah ad baiknya pop off nya setting ulang om bisa dg cara mengungkit dikit stang pop off keatas. Klo mau terukur lg ukur aj tekanan pop tsb dg menggunakan kompa tangan yg ad spidometernya, pd tekanan antara 10-12 psi. Insyaalh dijamin normal om. Sy pernah ngalami ky itu. Mdhn bs mnbntu.
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 18 Dec 2014, 12:48
by antokrose
Irwan Bossanova wrote:Mdh2 om toto bs bntu membedah problem engine saya.......he...he.....! Dan sangat sy tunggu petuahnya. Sambil nunggu petuah eyang toto dn mhon ijinnya tuk om Antokrose.....sy cb berbagi pengalaman. Dg asumsi tdk ad kebocoran fuel, trus cdi, dll kemungkinan besarya mslh setting pop off. Krn stang pop lemah pd saat bongkar karbu ad perbhn stang pop off shg pd saat high throtle tentunya membutuhkn fuel supply yg tinggi pula smntra pop off tdk membuka sesuai kbutuhan pembkarn pd saat high shg engine dead. Nah ad baiknya pop off nya setting ulang om bisa dg cara mengungkit dikit stang pop off keatas. Klo mau terukur lg ukur aj tekanan pop tsb dg menggunakan kompa tangan yg ad spidometernya, pd tekanan antara 10-12 psi. Insyaalh dijamin normal om. Sy pernah ngalami ky itu. Mdhn bs mnbntu.
ok om akan di coba sambil nunggu re-build kit crab nya datang
apa benar kayak di youtube ini yang di cungkit om
[youtube]https://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=ojWlgUFw_z0[/youtube]
Re: DLE 20 cc Perlu Di Jewer Apanya?
Posted: 18 Dec 2014, 18:36
by Irwan Bossanova
Bisa juga om itu jd referensi......yg lain jg bisa