Page 1 of 1

Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 08:57
by iwan21
R.O.G = Rolling Over Ground alias take off ngegelinding di tanah/landasan
R.O.W = Rolling Over Water alias take off meluncur di air

Pertimbangan konversi :
1. Komunitas Cibeureum ada di 3 alam, darat, air, udara, saya coba gabungin yg air dan udara
2. Dulu pernah bikin mini Polaris ( KEPIK) cuman gagal main air
3. pernah bikin float buat mini Aeronca, belom sempet dipake
4. Udah motong2 foam dan belanja part buat bikin Icon A5, malah gak jadi diterusin

Coba modif dan konversi dari stok yg ada aja deh
Pesawat awet yg umurnya udah 6 tahun (bikin th 2009 yll)
Image

- pernah berubah jadi Twin motor (bushmaster)
- balik lagi ke single motor

Nah sekarang mau dijadiin Flyingboat/waterplane
kenapa saya milih flying boat, gak amphibious atawa float plane ?
1.modif flying boat lebih gampang, tinggal copot roda terus tambahin sponson kiri kanan body ( mirip perahu dikasih sayap jadinya)
2. R.O.W ( Rolling Over Water) lebih gampang, landing juga lebih gampang
3. Amphibious pusing mikirin landing gear yg kudu bisa ditarik keluar masuk
4. Float plane lebih rawan nyungsep kalo take off/landing, adaptasi nya perlu waktu

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 09:00
by iwan21
Langkah awal copoting landing gear dan potong hidung, karena nanti motor pindah keatas
Image

potong bawah jadi step hull
Image

hidung ditambel lagi
Image

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 09:02
by iwan21
Hidung dibentuk kasar
Image

Hull saya pake shallow V hull, bukan flat hull ( katanya V hull hambatan airnya lebuh kecil, ya liat nanti hasil testnya aja gimana)
Image

sementara simpen dulu sampe ada waktu lowong buat ngoprek lagi

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 10:57
by nomind
iwan21 wrote:Hull saya pake shallow V hull, bukan flat hull ( katanya V hull hambatan airnya lebuh kecil, ya liat nanti hasil testnya aja gimana)


sedikit ralat pak, hukumnya di air adalah:
1. more wet area, more drag
2. the deeper, the heavier..

jadi V akan lebih berat di air daripada flat.. tetapi V akan lebih stabil, dibandingkan flat..

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 11:09
by iwan21
nomind wrote:
iwan21 wrote:Hull saya pake shallow V hull, bukan flat hull ( katanya V hull hambatan airnya lebuh kecil, ya liat nanti hasil testnya aja gimana)


sedikit ralat pak, hukumnya di air adalah:
1. more wet area, more drag
2. the deeper, the heavier..

jadi V akan lebih berat di air daripada flat.. tetapi V akan lebih stabil, dibandingkan flat..


ok om terimakasih masukannya, udah terlanjur V hull , kalo diratain lagi habis perutnya gak ada sisa hehehehe

Lagi pula yg saya liat, kalo flyingboat mayoritas pake V Hull, sedikit yg flat

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 18 May 2015, 12:12
by nomind
iwan21 wrote:ok om terimakasih masukannya, udah terlanjur V hull , kalo diratain lagi habis perutnya gak ada sisa hehehehe

Lagi pula yg saya liat, kalo flyingboat mayoritas pake V Hull, sedikit yg flat


betul sekali, efek V akan sangat berfungsi pada saat ROW, V hull akan bergerak cantik di air bergelombang..
kalo flat akan kebanting2 ga karuan dan airframe terancam rusak..

Re: Modifikasi dan konversi dari R.O.G jadi R.O.W

Posted: 26 May 2015, 09:23
by iwan21
Lunas/hull dilapis polyfoam 5mm lagi baru nanti diwater proofing
Image

karena disayap udah ada mounting motor bekas nyoba twin bushmaster, dan dilaci masih nyimpen motor brushed 400 ex WD, mau coba twin brushed dulu deh yg gak repot2 bikin pylon mounting motor lagi
Image

baru kelar sampe tahap ini,masih banyak yg mesti dikerjain lagi
Image