Page 1 of 2
konversi electric class 46
Posted: 04 Jun 2015, 16:07
by sutanto
mohon pencerahan dari para suhu
kalau mau konversi electric dengan kit engine plane class 46 balsa memakai baterai 4 sell kira2 kuat ngak ya, apakah ada yang pernah mencoba
Re: konversi electric class 46
Posted: 04 Jun 2015, 16:25
by iwan21
Ini om ada hitung2an dari om Christoffle utk engine 50CC
Tapi secara prinsip bisa dipake hitung2annya
Selain itu rasanya suhu Ari (bali) pernah bahas dan konversi juga deh, nanti saya cari2 lagi threadnya
christoffel wrote:ini nih yg saya suka.
mau spec yg mana ?
mewah : pake motor scorpion dkk
biasa : pake motor turnigy dkk
sebagai patokan, gasoline 50cc itu sekitar 5 HP atau setara 4000 Watt
jadi cari motor BL yg sekitar itu daya nya (continous) ...
Batt kalau supaya bisa di pakai 10 menit berarti 4000/6 = 666 watt Jam
jumlah cell tergantung motor yg mau di pakai.
misal, motor nya pake 10 cell, berarti 666/3.7/10 kira2 hasilnya 20 Ampere Jam atau 20000mAH.
untuk kapasitas arus nya : 4000/37 =110 A
berarti pakai ESC yg 160A sudah cukup bagus.
jadi kalau pake batt yg 5000mAH berarti perlu 10S4P. minimal 25C ya ...
kalau saya sarankan (karena ini cessna, kan bukan untuk 3D, jadi cukup pake yg biasa aja)
motor pake rotomax 50cc aja ...
ESC nya DLUX 160A
ini hasilnya sudah lebih bagus daripada pake gasoline 50cc
Re: konversi electric class 46
Posted: 04 Jun 2015, 16:30
by iwan21
ini ada lagi, walau diskusinya mengenai motornya
MOTOR KELAS .50
viewtopic.php?f=8&t=6561
Re: konversi electric class 46
Posted: 04 Jun 2015, 16:52
by sutanto
makasih suhu sudah full lengkap

Re: konversi electric class 46
Posted: 05 Jun 2015, 05:55
by hilmiskydiver
Harga batre sdh mulai normal ya ??
Bukannya lebih hemat pake engine Suhu?
Re: konversi electric class 46
Posted: 05 Jun 2015, 07:31
by Arya m 1991
hilmiskydiver wrote:Harga batre sdh mulai normal ya ??
Bukannya lebih hemat pake engine Suhu?
Pikiran sy jg gitu om, lbh hemat engine apalg kalo pake fuel methanol sama castor doang ya lbh murah dari lipo

Re: konversi electric class 46
Posted: 05 Jun 2015, 08:36
by sutanto
Arya m 1991 wrote:hilmiskydiver wrote:Harga batre sdh mulai normal ya ??
Bukannya lebih hemat pake engine Suhu?
Pikiran sy jg gitu om, lbh hemat engine apalg kalo pake fuel methanol sama castor doang ya lbh murah dari lipo

kebetulan sudah investasi baterai lumayan banyak di quadcopter sayang kalau ngak dipakai optimal, betulan juga esc dan motornya sudah ada, tinggal berburu kit nya
Re: konversi electric class 46
Posted: 05 Jun 2015, 22:53
by hilmiskydiver
Muantab..
Ditunggu ulasan berikutnya Suhu..
Re: konversi electric class 46
Posted: 06 Jun 2015, 08:38
by sutanto
Mohon petunjuk lagi dari para suhu kalau baterai lippo 4 sel 4000 mah dan 2 sel 2200 mah diseri untuk dapat rangkaian 6 sell. Mah nya ngikut yg 4000 atau 2200 ya. Mohon pencerahan dari para suhu
Re: konversi electric class 46
Posted: 07 Jun 2015, 17:16
by iwan21
sutanto wrote:Mohon petunjuk lagi dari para suhu kalau baterai lippo 4 sel 4000 mah dan 2 sel 2200 mah diseri untuk dapat rangkaian 6 sell. Mah nya ngikut yg 4000 atau 2200 ya. Mohon pencerahan dari para suhu
Enggak bisa om, kalo diseri amannya pake kapasitas dan sel
yg sama, misal 2x 3s/4000 mah.
Kalo kapasitas beda nanti yg kapasitas kecil kan habis duluan jadi yg 4000 ya percuma gak bisa dipake