Obrolan para aeromodeller kolot alias jadoel semua di WA
Posted: 09 May 2019, 11:21
ini Obrolan di WA Cibeureum, tadi pagi saat sahur, 9 Mei 2019
Mohon difahamin, obrolan ini gak ada hubungannya sama fans F/C dan anti F/C, ini sekedar obrolan ringan aja
- Awalnya reportase terbang ini oleh N
N : Alhamdulillah, tadi berhasil ngetes Inav Lainch mode dikelas PAUD Semester 1, tadi pagi
- Obrolan langsung nyambung
D : wah pilot ber F/C nambah lagi
F : aku juga mau dipasangin dong, biar gak gubrak, emang kalo dipasang F/C duluan ga bisa di trim lagi kah ?
N : bisa
R : sebenernya terbang manual mesti sidah ok dulu pesawatnya, baru pasang F/C.
kalo belum bener langsung pasang F/C, capek F/C koreksi sana sini
Dd : kalo terbangnya udah bener, ngapain pakai F/C ?, bukannya F/C untuk nolong terbang yg gak bener ?
T : maksudnya pesawatnya pesawatnya musti enak dulu, bukan pilotnya
B : Salah satunya adalah utk mencegah rugi ;ebih besar, kalau F/C fail diatas, pilot masih bisa override.
Lah kalo pilotnya gak apa2 kan mak bruk. Mending kalo Cuma pesawt, kalau dia jatuh nimpa orang atau property orang lain, ya bahaya.
Kan tujuan F/C itu membantu, jadi skill pilot yg Utama ya tetep harus ada
A : saya malah mikir sebaliknya, jempol gak sanggup mata dah gak keliatan, bisa pencet RTH or apalah menu yg ada
S : kira2 kalau F/C yg dipasang di multicopter fail diatas, pilot masih bisa override tidakaya ?
R : nah, ini, kayaknya mesti difikirin lagi redundant system nih
T : ada kok, system parasut, banyak yg jual, setidaknya enggak sampe free fall
R : redundabnynya di F/C, bukan buat Bail Outnya
B : soloist tidak disarankan dalam hobby ini, apa artinya soloist ? ya yg terbang dewean , akhire resiko kecelakaan meningkat.
Biasane emang gitu pandangan yg make F/C di awal, karena gak ada temen, jadinay F/C dipakle sebagai temen sekaligus guardian.
Coba liat kao di turnamen2, pasti ada sekondan yg mbisikin disamping pilot (maksudnya caller)
Jadi bukan hanya yg nubie, observer diperlukan larena biasanya focus pada pesawat, sedangkan observer bisa melihat lebih luas dan mengingatkan pilat akan bahaya yg dia tidak lihat.
Kalo ada temen kan bisa kerjasama, nyooh eikeh tak leren disek, tolog daratin pesawat e
Sama kayak diving lah, gak boleh sendiri.
J : betul sekali, kalo pesawatnya salah struktur terus dikasih F/C , yg ada F/C nya limbung alias ngebanting terus, malah bisa lebih parah dari terbang manual.
N : meskipun gak ada F/C, kalo ada temennya kita kan tetep bisa switch ke OTO
OTP = Om Tolooonngg Om ( kode pilot panic heheheh)
B : Ini good habit, artinya mengenali keterbatasn kita
Yg ngeri itu belom lancer terbang, pindah ke gasoline, terbang solo pula di area public, haddeeeehhh
Ms : setuju, jaid himbauan buat temen2 semua , kalu bisa selalu ada yg dampingin.
J : bener sekali, saya pernah ngalamin , terbang manual fine, giliran F/C aktif malah ngawur kayak lumba2, ternyata F/Cnya error
F : berarti harus trim semua dulu sampe stabil, kalu udah stabil baru pake F/C.
H : Kayaknya asyik dijadiin topic pembahasan di acara bukber besok nih…
-End of conversation, obrolan beralih ke siyap2 bikin rencana buat bukber besok sore -
Mohon difahamin, obrolan ini gak ada hubungannya sama fans F/C dan anti F/C, ini sekedar obrolan ringan aja
- Awalnya reportase terbang ini oleh N
N : Alhamdulillah, tadi berhasil ngetes Inav Lainch mode dikelas PAUD Semester 1, tadi pagi
- Obrolan langsung nyambung
D : wah pilot ber F/C nambah lagi
F : aku juga mau dipasangin dong, biar gak gubrak, emang kalo dipasang F/C duluan ga bisa di trim lagi kah ?
N : bisa
R : sebenernya terbang manual mesti sidah ok dulu pesawatnya, baru pasang F/C.
kalo belum bener langsung pasang F/C, capek F/C koreksi sana sini
Dd : kalo terbangnya udah bener, ngapain pakai F/C ?, bukannya F/C untuk nolong terbang yg gak bener ?
T : maksudnya pesawatnya pesawatnya musti enak dulu, bukan pilotnya
B : Salah satunya adalah utk mencegah rugi ;ebih besar, kalau F/C fail diatas, pilot masih bisa override.
Lah kalo pilotnya gak apa2 kan mak bruk. Mending kalo Cuma pesawt, kalau dia jatuh nimpa orang atau property orang lain, ya bahaya.
Kan tujuan F/C itu membantu, jadi skill pilot yg Utama ya tetep harus ada
A : saya malah mikir sebaliknya, jempol gak sanggup mata dah gak keliatan, bisa pencet RTH or apalah menu yg ada
S : kira2 kalau F/C yg dipasang di multicopter fail diatas, pilot masih bisa override tidakaya ?
R : nah, ini, kayaknya mesti difikirin lagi redundant system nih
T : ada kok, system parasut, banyak yg jual, setidaknya enggak sampe free fall
R : redundabnynya di F/C, bukan buat Bail Outnya
B : soloist tidak disarankan dalam hobby ini, apa artinya soloist ? ya yg terbang dewean , akhire resiko kecelakaan meningkat.
Biasane emang gitu pandangan yg make F/C di awal, karena gak ada temen, jadinay F/C dipakle sebagai temen sekaligus guardian.
Coba liat kao di turnamen2, pasti ada sekondan yg mbisikin disamping pilot (maksudnya caller)
Jadi bukan hanya yg nubie, observer diperlukan larena biasanya focus pada pesawat, sedangkan observer bisa melihat lebih luas dan mengingatkan pilat akan bahaya yg dia tidak lihat.
Kalo ada temen kan bisa kerjasama, nyooh eikeh tak leren disek, tolog daratin pesawat e
Sama kayak diving lah, gak boleh sendiri.
J : betul sekali, kalo pesawatnya salah struktur terus dikasih F/C , yg ada F/C nya limbung alias ngebanting terus, malah bisa lebih parah dari terbang manual.
N : meskipun gak ada F/C, kalo ada temennya kita kan tetep bisa switch ke OTO
OTP = Om Tolooonngg Om ( kode pilot panic heheheh)
B : Ini good habit, artinya mengenali keterbatasn kita
Yg ngeri itu belom lancer terbang, pindah ke gasoline, terbang solo pula di area public, haddeeeehhh
Ms : setuju, jaid himbauan buat temen2 semua , kalu bisa selalu ada yg dampingin.
J : bener sekali, saya pernah ngalamin , terbang manual fine, giliran F/C aktif malah ngawur kayak lumba2, ternyata F/Cnya error
F : berarti harus trim semua dulu sampe stabil, kalu udah stabil baru pake F/C.
H : Kayaknya asyik dijadiin topic pembahasan di acara bukber besok nih…
-End of conversation, obrolan beralih ke siyap2 bikin rencana buat bukber besok sore -