Page 1 of 2
Aprroach altitude........Berapa ya?
Posted: 09 Mar 2008, 12:08
by Redblur
Kira2 Ketinggian Approach Pesawat rotor(baling2) tunggal itu berapa ya (seperti Piper)
maksud nya rata2 berapa ya........
soal nya takut........kan tempat main ku sering dilalui pesawat/heli dari pondok cabe (cinere)
merinding kan pas main tiba2 ada pesawat Guede banget
fly pass...............
tadi di kejar2 sama Piper J3 Cub warna hitam(suara mesin nya seperti OS 4 stroke hehehe)
padahal altitude cessna 182 ku itu seperti altitude biasa
ngak tau
aku yang ketinggian apa piper nya kerendahan???
sudah 2 kali
pertama.......ada cessna fly pass......... langsung dah aku dive cessna ku
Kira2 Alt nya berapa yah??
kalo mereka ngelihat ngak ada RC terbang di bawah nya??(di radar nya ngak ke detek ya)
Posted: 09 Mar 2008, 12:18
by NF
lapor dulu ke ATC pondok cabe / aerodrome controller terdekat , supaya kalo ada sesuatu ga di salahkan.
lapor saja , ndak masalah , daripada kita semua di 'banned' = dilarang............, kan semua bisa di atur. (utk penerbangan biasanya ada NOTAM).
dulu waktu AVIA AERO masih terbang di daerah marina puri anjasmoro juga lapor secara periodik karena kawasan itu merupakan"base leg" / landing approach bandara/lanumad A YANI...., kalau sekarang juga lapor walaupun areanya (daerah bukit cinta / sendang mulyo) diluar base leg, tapi malah deket MTZ (military training zone) yang operasinya mulai senin ~ jum'at......
Posted: 09 Mar 2008, 12:26
by Redblur
hehehehehehehe
jadi lapor gitu........
om ricky.....bisa minta tolong nga ........heheheh
Posted: 09 Mar 2008, 21:29
by AgoesAurelz
Saya juga sering punya pengalaman yg sama...
Lokasi tempat saya bermain sering sekali kelewatan pesawat-2 comersil spt: Garuda, Lions, Batavia dll...
Kalo soal nge-dive gara-gara pswt gede mo lewat sih udah sering....
Safety first... Saya dalam hal ini ngga mau ambil resiko...

Posted: 09 Mar 2008, 22:17
by Redblur
iya mending crash dari pada Kamikaze ke Pesawat tsb
Posted: 29 Aug 2008, 08:41
by ricky
Iya Mas Redblur.... tempat yang biasa untuk main itu adalah leg base ( biasanya sih si pilot udah mulai merendah dari 800ft sampe 500ft untuk turning final approach )
dan buat info pesawat model itu enggak keliatan dgn radar mas... jadi sebaiknya kita aja yang harus hati hati.. hihihi...
saran Pak NF juga bagus mas, biar pilot yg lewat situ bisa hati hati dengan Cessna 182 yang lagi main di training area.. hehehe...
salam semua..
Re: Aprroach altitude........Berapa ya?
Posted: 26 Dec 2008, 05:56
by wa2n
Halo dik Blur...boleh numpang ngasih saran yah...kalo airstrip Banjarbaru Aero Club juga berada di Final Approach Bandara Samsudin Noor, kami bermain selain mengandalkan visual (kan keliatan kalo pas pesawat udah mau landing) juga selalu bawa radio airband untuk monitor ATC, Approach dan pesawat jadi kalo traffic lagi sibuk kami akan break dulu sebentar sambil diskusi ringan.....karena kalo sudah final biasanya pilot sudah terfokus sama landing instrument dan runway position, jadi memang dari pihak kita lah yang harus berhati-hati....gito loh...semoga bermanfaat...and safety first !
Re: Aprroach altitude........Berapa ya?
Posted: 26 Dec 2008, 08:59
by flytosky
ok, menjawab pertanyaan blur :
setau saya cruising altitude pesawat props itu sekitar 7.000 - 14.000 feet, sedangkan approaching altitude rata rata di 2.000feet (hampir semua pesawat)
kalau lokasi main aeromodelling itu dalam radius 5km dari bandara, sebaiknya jangan terbang tinggi tinggi, karena radius 5 km itu biasanya sering dipakai untuk base leg.
Re: Aprroach altitude........Berapa ya?
Posted: 26 Dec 2008, 10:52
by su-31
ya maksud dik Blur Approach apa...
Final Approach atau Approach ke Circuit nya ya ?
Kalo Final Approach kan biasanya dah masuk/didalam Circuit...yg biasanya 1000ft buat lightplane gitu.
Trus ikutin pattern nya kan nanti.., dengan urutan Downwind Leg, Base Leg, trus Final yg biasanya dah 300an Ft.
Lha mbok jangan main deket2 Cessna 182....@#$%^&*!!
Re: Aprroach altitude........Berapa ya?
Posted: 31 Jan 2009, 06:59
by alga86
@ flytosky : kalo di tempat saya maen jaraknya cuman 300 mater dari landasan pacu om...!!! padahal landasan itu setiap hari buat take off landing pesawat komersil. alhasil rata2 cuman pada maen heli. Ga ada yang brani maen pesawat. Takut ntar kalo jatuh di landasannya. Kan bisa jadi masalah tu, cuman gara2 satu pesawat RC 100- 200 nyawa bisa melayang hihihi.....