Page 1 of 2

Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Posted: 28 Apr 2008, 02:59
by DeVIN
Tuk dokumentasi dan berbagi,....

Semoga bermanfaat.
Salam.



Maiden,

Yudha wrote:GWS Estarter (Devin)

Spek :
- BL 2409
- Propeler 8x47
- TX-RX Hitec Optic
- Servo Towerpro x 3
- ESC Towerpro 30 Amp
- Lipo 3s

Ritual wajib
Image

Berhasil...... :bow:
Image


Modifikasinya;

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Masih ada yang kurang sebenarnya,.... maunya dihedral dipapas abis, dan tip juga dipotong.

Posted: 28 Apr 2008, 03:18
by eidri
banyak juga y modifikasinya.....
tapi....modifikasi buat nglawan kodrat kaya gini neh yang seru....heehehehe.... :smt023

Posted: 28 Apr 2008, 03:25
by DeVIN
Ya Om Eidri, yang penting puas, hi3x. Tuk modif 3 roda (scale look) sepertinya gak mungkin,.... berarti harus di lambatin lagi nih, AUW cukup berat.

Salam.

Posted: 28 Apr 2008, 07:57
by MrDoms
mantap kali bang... =D> =D> =D> =D> =D>

hobi modif motor direalisasikan juga ke e-starter.... motor bebek formula... hehehehe...

stickernya mantap juga loh...

Posted: 28 Apr 2008, 09:15
by AgoesAurelz
Mantap om.. modifikasinya ok banget :)
Dari hasil modif bisa 485gram? cukup ringan ya om.
Berat E-starter aslinya berapa ya? Kalo berat aslinya tanpa battery berapa ya?
Wilga 2000 saya yg paling ringan 465gram (tanpa battery) itu udah di modif paling maximal dan seringan mungkin...
Berat sangat pengaruh buat pswt electric... makin ringan makin enak terbangnya terutama waktu terbang slow & low...
Mendaratnya jg lebih anteng..

Posted: 28 Apr 2008, 09:30
by Syafik
Saya juga modif beberapa bagian estarter seperti yang dilakukan om devin... hasilnya selama ini kuat dan kenceng larinya

dengan spek motor 2409, esc 25A Align, lipo 2200mah 15C 3sel, prop 1047 mantap bener... dan berat keseluruhan blm mencapai 500gram, apalagi kalau menggunakan lipo 1000mah 3sel jadi tambah ringan banget
Modif yang dilakukan memperkuat bagian vertical fin dan horisontal pada bagian clevis cekungannya yang rentan patah... mounting landing gear depan dan belakang dan dudukannya di body dg triplek, spar di body dan main wing... posisi esc diletakkan dibelakang cowl yang lubang untuk antisipasi cutt-off

Sayangnya saya tidak begitu mengerti teori dihedral, airfoil untuk untuk meningkatkan performa kecepatan, gesit dll...

Hasilnya sangat puas dengan estarter

Posted: 28 Apr 2008, 09:57
by DeVIN
@Om Dom's, tks,.. maklum, masukan tuk stiker dari sikecil yang terus menjadi asisten baik, he3x.

@Om August, ya om, Estater stok bisa dibangun kurang dari 400 gr tanpa Lipo.

Berat AUW menjadi kritis karena kondisi lapangan berangin membuat pesawat elektrik di sini paling tidak 500 gr. Espad polifoam pertama saya 300 gr tidak cukup kuat "melawan-nya" (melayang seperti layangan), dan akhirnya motor 2408-nya lumer sehingga espad kedua udah dibuat 500gr baru enakan. Estater tinggal mengikutinya.

@Om Syafik, iya om emang manteff,... 1047 menghasilkan torsi om, coba dulu dengan 86 atau potong jadi 847, biar speed yang didapet.
Dihedral membuat stabilisasi level flight (juga wingtip esatater ini), bikin beberapa manuver agak lemot (tuk trainer),... Pasti lebih gesit kalo dipapas.

Oya, posisi ESC di cowl cenderung berisiko juga seandainya crash,...hi3x.

Salam.

Re: Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Posted: 28 Apr 2008, 10:28
by toto
DeVIN wrote:Tuk dokumentasi dan berbagi,....

Semoga bermanfaat.
Salam.



Maiden,

Yudha wrote:GWS Estarter (Devin)

Spek :
- BL 2409
- Propeler 8x47
- TX-RX Hitec Optic
- Servo Towerpro x 3
- ESC Towerpro 30 Amp
- Lipo 3s

Ritual wajib
Image

Berhasil...... :bow:
Image


Modifikasinya;

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Masih ada yang kurang sebenarnya,.... maunya dihedral dipapas abis, dan tip juga dipotong.


@Devin, wah kalo ngeliat jeroannya kaya gitu ya saya yakin kuat lah, dasar pemula nekad waktu itu saya modif cuman bagian power nya aja jadi begitulah nasibnya EStrater saya tidak hanya jebol di sayap tapi bagian pengait di fuselage depan dan belakang juga ikut kebawa berterbangan sendiri-sendiri .... :-# :-# :-# ......... any way thank you for sharing ........ saya ijin untuk mencontoh ya bang ...... :bow: :bow: :bow:

Posted: 28 Apr 2008, 10:51
by Syafik
DeVIN wrote:
@Om Syafik, iya om emang manteff,... 1047 menghasilkan torsi om, coba dulu dengan 86 atau potong jadi 847, biar speed yang didapet.
Dihedral membuat stabilisasi level flight (juga wingtip esatater ini), bikin beberapa manuver agak lemot (tuk trainer),... Pasti lebih gesit kalo dipapas.

Oya, posisi ESC di cowl cenderung berisiko juga seandainya crash,...hi3x.

Salam.

Prop udah dicoba beberapa kemungkinan om... jadi bisa merasakan semua, pernah pake 7035, 8040, kurang tenaga, 0806 enak, 0907 lbh enak tapi motor cepet panas, akhirnya jatuh di 1047 aja deh...

posisi esc sebenarnya tidak di cowl kok om, tapi didalam body tapi tepat diujung lubang cowl yang tempat kabel itu... lubangnya dicoak lbh besar dikit biar kena angin...

Re: Modifikasi E-Starter tuk CrashProof&Speed

Posted: 28 Apr 2008, 19:12
by DeVIN
toto wrote:
@Devin, wah kalo ngeliat jeroannya kaya gitu ya saya yakin kuat lah, dasar pemula nekad waktu itu saya modif cuman bagian power nya aja jadi begitulah nasibnya EStrater saya tidak hanya jebol di sayap tapi bagian pengait di fuselage depan dan belakang juga ikut kebawa berterbangan sendiri-sendiri .... :-# :-# :-# ......... any way thank you for sharing ........ saya ijin untuk mencontoh ya bang ...... :bow: :bow: :bow:


Lanjut om, paling tidak ini mendokumentasikan thread di rcgroups tentang estarter yang berpuluh2 halaman dan terbagi 2 thread lagi. Emang puas benar pake pesawat ini,.... semoga sikecil setelah jadi asisten ntar mau juga mencoba, itu harapan saya dengan kedua mata di fuse itu. Wingdragon pernah diminta pake pilot Barbie waktu itu belum kesampaian,...... hi3x.

@Om Syafik, terbang pake 1047 berarti jadi slow ya om?, melihat float di estater punya om, di rcgroups ada yang merekom pake prop yang 3 blade, biar torque lebih manteff dan sangat slow terbangnya.

Salam.