Page 1 of 1
Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve
Posted: 08 May 2008, 21:14
by pampie
TX saya (Futaba 7CHP) tidak ada screen untuk graphical curve jadi kalau setting curve rada-rada harus setengah menerawang

Terutama kalau di referensi disebutkan hanya berapa derajat pitch, padahal di TX harus dimasukkan %. Akhirnya karena gak tahan saya bikin spreadsheet sederhana pakai Excel.
Parameter yang harus dimasukkan:
- Maximum Pitch
- Normal mode throttle target
- idle-1 mode throttle target
- idle-2 mode throttle target
Kemudian tinggal dimasukkan nilai dari derajat yang dikehendaki di 5 titik setting untuk pitch curve, kemudian otomatis akan dihitung berapa persen yang harus dimasukkan ke TX. Untuk throttle curve bisa langsung dimasukkan di 5 titik throttle yang dimaksud, dan kalau target throttle di set bukan di 100% (bila diinginkan maximum throttle bukan di 100%) bisa langsung dihitung nilai yang harus dimasukkan ke TX, grafik juga langsung terlihat.
Spreadsheet bisa didapatkan di sini:
http://pampie.chosenlight.com/Pitch-&-Throttle-Curve.xls
Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau sudah ada yang pernah membuat.
Posted: 08 May 2008, 23:39
by toto
Bravo bung pampie sangat membantu sekali untuk menambah pencerahan dalam melihat korelasi antara persentage dan sudut pitch ............ terima kasih mas
Posted: 09 May 2008, 06:13
by Roy_95
tapi khan yang paling penting bukan angka prosentase pada Tx yang jadi patokan melainkan pitch realnya.... sama juga untuk thortle (engine) karena mekanikalnya juga sangat mempengaruhi seperti panjang linkage dll.... semoga bermanfaat....
Posted: 09 May 2008, 08:50
by justinus
Wah. Terbangnya bisa lebih mulus. Ini namanya hobby yang digabung dg software spreadsheet.

Posted: 09 May 2008, 09:26
by Syafik
Kalau heli engine, rasanya ukuran presentase dalam setting pitch dan throtle di tx sangat relatif tidak bisa dijadikan acuan... pitch curve yang penting adalah real sudut blade walaupun prosentase tx tidak sesuai... Throtle curve heli engine kan menggunakan servo sehingga antara servo horn, linkage sangat berpengaruh terhadap bukaan power engine... demikian pendapat saya, salut buat mas pampie...
Posted: 09 May 2008, 09:59
by pampie
@Oom Roy: Benar oom yang penting sudut real pitch nya. Kalau kita baca-baca di internet memang yang suka diberikan adalah sudut real pitchnya, masalahnya kan di TX harus dimasukkan presentasenya dan bukan sudut pitchnya. Nah spreadsheet ini akan membantu mengconvert sudut real pitch tersebut (yang dimasukkan adalah goal dari sudut pitch) ke dalam presentase yang harus dimasukkan ke TX dihitung berdasarkan data maximum pitch heli tsb (jangan lupa kalau EPA-nya dirubah, parameter max pitch jg harus dirubah). Hasil yang didapatkan nantinya akan sesuai dengan real pitchnya.
Memang spreadsheet ini (untuk throttle) saya buat untuk elektrik, makanya ada parameter goal untuk throttle (kalau di max di 100%, ESC dan motor jadi panas, bisa dirubah menjadi misal 80%, atau kalau motor menjerit bisa di 110%, dengan profil kurva yang sama), untuk engine mungkin parameter ini tidak perlu, tinggal dirubah saja parameter goal untuk throttle di 100%.
Mungkin ada rekan-rekan yang mau menambahi untuk engine silakan, spreadsheet ini open source kok

Untuk pitch curve rasanya tidak beda antara engine/electric.
Tinggal bawa laptop ke lapangan serasa sudah pakai 9X hehehehe...
Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve
Posted: 04 Oct 2010, 22:11
by cikarang
om mau nanya jika pakai heli.. hk 450 v2 sama gak... ya?
Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve
Posted: 05 Oct 2010, 21:54
by Syafik
cikarang wrote:om mau nanya jika pakai heli.. hk 450 v2 sama gak... ya?
pada prinsipnya semua heli sama untuk setting pitch dan throtle, tapi dikembalikan pada selera pilotnya masing2 untuk karakter yang dikehendaki
Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve
Posted: 31 Jan 2011, 10:03
by anelah
Baru liat ada Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve di forum ini...download...coba ganti pada Max Pitch = 11 (posisi E6)
Saya lihat pada Excel:
Pitch curve - Idle1 - Input to TX - Point 5 = 102,5 (posisi C46). Apakah 102,5 ini dalam % ? Sebab pada TX saya maksimal 100%.
Demikian juga untuk:
Pitch curve - Idle2 - Input to TX - Point 5 = 105 (posisi C73)
