Page 1 of 6

Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 18 Jan 2007, 09:44
by Wind Raider
Ini adalah parameter dasar untuk membuat pesawat tanpa harus menggunakan rumus2 yang rumit bikin kepala mumet .
Parameter ini banyak dipakai aeromodeller di manca negara dan terbukti berhasil .

Image

Luas stabilizer: 20% - 22% dari luas sayap
Aspect ratio untuk stabilizer adalah 3:1.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Luas fin : 1/3 dari luas stabilizer
Rudder : 1/3 sampai 1/2 ( 33,3 % - 50 % ) dari luas total fin.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Motor thrust biasanya di set 0° - 3° ke bawah dan 0° - 3° ke kanan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Landing gear bisa dibikin sesuai selera . Lebar main gear : 25 % dari panjang sayap ( wingspan ).

Landing gear konvensional umumnya dibuat rata/ segaris dengan leading edge sayap.
Dibagian ekor dikasih tail dragger / tail skid .

Landing gear model tricycle ; landing gear utama diletakkan pada 1,5 inci di belakang titik berat ( cg ).
Roda depan di taruh di bagian depan / hidung pesawat .


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
These design parameters were originally collected by Romney Bukolt and published in "Marcs Sparks" in about 1975
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Berdasarkan parameter yang sederhana ini Anda bisa membuat pesawat trainer , atau kalau mau yang lebih gampang bikinnya , ya, Stick Flyer

KAMI TUNGGU KARYA ANDA DI FORUM INI

Posted: 08 May 2008, 22:18
by limsiahiang
suhu Wind Raider...... maaf topik lama tapi bagi saya sepertinya sangat berguna , maklum pemula ...... #-o #-o #-o
suhu .....parameter diatas apa sama untuk jenis pesawat pusher atau pesawat jenis lainnya .
terima kasih suhu

salam

Posted: 28 May 2008, 12:46
by Wind Raider
Berlaku juga utk pusher .
Cuman pada pusher , biasanya thrust motor diarahkan ke atas bbrp derajat . Jika tidak pesawat akan cenderung nyungsep .

Posted: 28 May 2008, 18:24
by limsiahiang
terima kasih suhu atas penjelasan .

salam

Posted: 29 Aug 2008, 17:57
by xvrastax
kulonuwun....
om, mo tanya mengenai istilah2 yang ada di atas kaya span, chord ma fuselage.
pengen tau juga sh, istilah2 lain yang ada di aeromodeling.
mungkin om2 yang dh lebih tau mengenai dunia aeromodeling bisa kasih pencerahan.

makasih sebelumnya.

-totally_newbie-

Posted: 29 Aug 2008, 18:26
by jedx
xvrastax wrote:kulonuwun....
om, mo tanya mengenai istilah2 yang ada di atas kaya span, chord ma fuselage.
pengen tau juga sh, istilah2 lain yang ada di aeromodeling.
mungkin om2 yang dh lebih tau mengenai dunia aeromodeling bisa kasih pencerahan.

makasih sebelumnya.

-totally_newbie-


Span : Bentang sayap ( kalau dilihat dari depan/belakang, panjang sayap dari kiri kekanan atau sebaliknya )
Chord : Lebar sayap , jarak dari mulai sisi depan sayap ( biasa disebut leading edge / LE )... sampai dengan
sisi belakang ( biasa disebut trailing edge / TE )
Fuselage : Badan pesawat dimana Wing / Sayap , Stabilizer ( sayap ekor horizontal ) dan Fin ( sayap ekor tegak / vertikal )
bergabung

Informasi lainya, silahkan search di postingn forum gaero ini.... atau gunakan fasilitas ini nih....

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 29 Aug 2008, 21:58
by atari7up
Wind Raider wrote:Ini adalah parameter dasar untuk membuat pesawat tanpa harus menggunakan rumus2 yang rumit bikin kepala mumet .
Parameter ini banyak dipakai aeromodeller di manca negara dan terbukti berhasil .

Image

Luas stabilizer: 20% - 22% dari luas sayap
Aspect ratio untuk stabilizer adalah 3:1.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Luas fin : 1/3 dari luas stabilizer
Rudder : 1/3 sampai 1/2 ( 33,3 % - 50 % ) dari luas total fin.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Motor thrust biasanya di set 0° - 3° ke bawah dan 0° - 3° ke kanan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Landing gear bisa dibikin sesuai selera . Lebar main gear : 25 % dari panjang sayap ( wingspan ).

Landing gear konvensional umumnya dibuat rata/ segaris dengan leading edge sayap.
Dibagian ekor dikasih tail dragger / tail skid .

Landing gear model tricycle ; landing gear utama diletakkan pada 1,5 inci di belakang titik berat ( cg ).
Roda depan di taruh di bagian depan / hidung pesawat .


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
These design parameters were originally collected by Romney Bukolt and published in "Marcs Sparks" in about 1975
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Berdasarkan parameter yang sederhana ini Anda bisa membuat pesawat trainer , atau kalau mau yang lebih gampang bikinnya , ya, Stick Flyer

KAMI TUNGGU KARYA ANDA DI FORUM INI




Thanks Om W.R,

Sungguh sangat berguna dan praktis sekali...sudah saya praktek kan di semua pesawat homemade saya...all is good take off in maiden.. :bow:

Posted: 15 Oct 2008, 12:12
by Endless
Info yg sangat bermanfaat secara sy lg ada rencana bangun pesawat coro...tks

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 09 Dec 2009, 16:34
by cikarang
salam kenal Om Admin ak mau nanya.. mengenai perhitungan stabilisernya... jk gak salah luasnya di hitung dari luas sayap... apa gak terlalu besar... ya..
ap utk penggerak stabliser dan rudder utk lebarnya sama gak dg aeloron...? makasih ya om admin

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 09 Dec 2009, 18:23
by Wind Raider
Dari pengalaman saya ndak masalah tuh pak .

related link :
http://www.indiarc.com/modeldesign.htm