Page 1 of 3
MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????
Posted: 26 Sep 2008, 15:23
by nopi budi prasetyo
Re: MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA????
Posted: 26 Sep 2008, 15:53
by yagus
Posted: 26 Sep 2008, 20:35
by haacer07
tuh nop dah dibantu om yagus...! kurang nya apa, tanyakan aja lagi
Posted: 27 Sep 2008, 03:44
by Adrian
Iya, dah di kasi tahu om Yagus tuh.....
Gampanganya, kalo dehideral itu, kalo pesawat miring nanti mbalik lurus sendiri, jadi stabil. Semakin besar sudut dehideral semakin stabil pesawatnya....
Posted: 07 Oct 2008, 16:20
by nopi budi prasetyo
Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????
Posted: 07 Oct 2008, 17:24
by Syafik
bisa langsung aja ditanyakan di thread yang sudah diulas biar tidak kebanyakan thread sama topiknya...
Moggo
Posted: 29 Oct 2008, 13:01
by NGL
nopi budi prasetyo wrote:Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????
Tentu saja kebalikkannya dihedral.
Kalau dihedral supaya stabil, unhedral supaya kurang/tidak stabil. Tujuannya supaya manuvernya jadi lincah.
Biasanya diterapkan dipesawat tempur.
Salam,
NGL
Posted: 29 Oct 2008, 14:09
by Charles
NGL wrote:nopi budi prasetyo wrote:Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????
Tentu saja kebalikkannya dihedral.
Kalau dihedral supaya stabil, unhedral supaya kurang/tidak stabil. Tujuannya supaya manuvernya jadi lincah.
Biasanya diterapkan dipesawat tempur.
Salam,
NGL
Kaya'nya kurang tepat om. Coba perhatikan yang ini
Ini pesawat cargo yang juga butuh stabilitas yang tinggi dan bukan untuk bermanuver, tetapi menggunakan sayap unhedral. Tapi saya sendiri kurang mengerti fungsi sayap unhedral ini. Mungkin perlu eksperimen dengan sayap model ini di pesawat homemade kita.
Posted: 29 Oct 2008, 17:16
by AgoesAurelz
itulah uniknya aeromodelling....
Belum lagi model saya seperti ini:
http://www.airliners.net/open.file/0957554/M/
itu dihederal unhederal or... opo maneh iku... aku juga ngga ngerti...
Dunia Aeromodelling dari lahirnya hingga kiamat nanti akan terus berkembang, dan bakal muncul bentuk-bentuk pesawat yg aneh-aneh..
Posted: 30 Oct 2008, 08:33
by justinus
Charles wrote:Kaya'nya kurang tepat om. Coba perhatikan yang ini

Pak Charles. Disini kasusnya berbeda.
Kita sering membahas meletakkan CG (titik berat) pesawat adalah sepanjang 25~30 MAC (Mean Aerodynamic Chord), yaitu 25~30 persen lebar sayap. Tapi kita jarang berbicara tentang tinggi titik berat dipesawat. Tinggi titik berat juga berpengaruh terhadap kestabilan pesawat. Semakin rendah ketinggian titik berat terhadap sayap, maka akan semakin stabil pesawatnya.
Kalau kita lihat pesawat diatas, titik berat pesawat sudah lebih rendah daripada sayapnya, karena sayap ada diatas badannya. Jadi pesawat sudah stabil. Mungkin kalau sayapnya dibuat dihedral, malah susah belok karena terlalalu stabil.
Design yang sama juga bisa kita lihat pada pesawat angkut raksasa C-17 Globemaster III.