Page 1 of 3
Mohon saran dalam tahap ahir membangun heli, help me...
Posted: 20 Mar 2007, 16:32
by Prabowo
Salam..
Saya sedang membangun heli TZ 50, dan sudah masuk tahap ahir, tinggal mencari servo2. di bagian ini saya mulai kesulitan. kalau sebenarnya saya merencanakan untuk set up first flight ke semarang minta bantuan beberapa aeromodeller seperti pak agung yagee atau ke hobby Q.
Tapi saya penasaran untuk bisa mensetting sendiri seperti yang bang reva pernah lakukan, saya jujur tertantang. semoga om om semua berkenan memandu saya...
ini spek heli saya
- Tz 50 kit standar dengan optional metal rotor hub dan metal blade holder dan blade masih standar.
- Engine TT 46 sudah terpasang (dengan penyesuaian pada pada pemasangan clutch, karena pertama pasang ada friksi) solusi menaikkan "rumah" clutch dengan menaikkan spacernya 1 mm
- Auto start untuk sudah terpasang dengan beberapa penyesuaiaan pada dudukan switch autostart di starter drive.
- Gyro dengan piezo gyro jr g 450
- Rx futaba T6XH
nah yang belum saya dapatkan adalah servo2, apakah servo lebih baik dari futaba atau jr, karena gyro saya JR sedangkan Tx dan Rx saya dari futaba? mohon saran dan bimbingan....

Posted: 20 Mar 2007, 20:02
by andre77
Untuk sevo gak masalah JR atau Futaba tapi futaba 3001 kayanya cukup murah dan handal
Posted: 20 Mar 2007, 20:12
by aria
wah keduluan nih sama om bowo.....
Jadi numpang tanya ya om.
kalo di lihat dr model , TZ50 udah oke ya om?
untuk linkage linkagenya gimana om ada slope nya gak?
Pitch main and rotor bladenya berapa derajat dapetnya om?
Boleh ya om minta review terbangnya nanti.....
Posted: 20 Mar 2007, 20:27
by andre77
TZ untuk rotor head menurut saya bagian rotor head ada sedikit slop walaupun udah metal pitch sama dgn raptor 10 s/d -10
Posted: 20 Mar 2007, 20:35
by sudjai sarmo
Saya pertama kali belajar setting Heli di Simulator, kebetulan simulator yang saya pakai Reflex XTR yang bisa disetting dari Radio, dari setting pitch curva, throttle curva, gyro sensitifitas, exponetial dan lainya bisa diatur di radio.
Setelah punya Heli Raptor50 SE saya tak perlu lagi bingung untuk setting heli tersebut. Logika saya pada saat seting flybar pedal mesin saya hidupkan dengan tanpa memasang main rotor, setelah throttle diangkat flybar berputar kira2 1500rpm baru kita lihat dari depan flybar harus tegak lurus terhadap main shaft lalu kita bergeser melihat dari samping dari situ flybar harus juga terlihat tegak lurus terhadap main shaft, bila dari depan maupun dari samping belum terlihat tegak lurus terhadap main shaft maka bisa kita trim diradio. Bila sudah tepat setinganya maka kita bisa merasakan dengan menengadahkan telapak tangan kita diatas dan dibawah flybar disana tidak akan terasa ada hembusan angin tetapi hati2 tangan kena flybar, kalau sudah oke kita pasang main bladenya dan coba kita hoverkan sambil dirasakan kekurangan setingan untuk dikoreksi lagi. Selamat terbang.
Posted: 21 Mar 2007, 00:32
by Prabowo
om andre makasih, 3001 yah..?? otre mulai hunting nich...
om aria, saya baru mulai nyari servo dulu lho om, jadi belum sampe cari pitch nya yg paling sesuai..
eh kalau keren sih sebenarnya relatif om, daku milih tz karena alasan kit tz ekonomis. (kantong mhsiswa he,he,,)
di canopy bahannya nggak nguatin om, 3 kali gagal ngecat karena cat ga mau nempel pake cara apapun.
n kemarin ada masalah dengan pemasangan clutch-nya,selain itu saya belum bisa bilang banyak ttg tz ini.
nah kalau slope om andre lebih tepat buat njawab hal itu, he,he,
wah.... pak jai, saya ga bisa ngomong banyak nih. terimakasih banyak buat sharing pengalamannnya. nanti pasti saya coba pak,

Posted: 21 Mar 2007, 10:48
by Tralala
andre77 wrote:TZ untuk rotor head menurut saya bagian rotor head ada sedikit slop walaupun udah metal pitch sama dgn raptor 10 s/d -10
saya punya titan dapet +11 dan -11....
Posted: 21 Mar 2007, 11:13
by andre77
maaf saya lupa menjelaskan,maksud saya 10 0 -10 udah cukup malah ada yang cuma 9 0 -9 kaya om Reva dan teman saya di sini pak Nanang.Tapi klo TZ kemungkinan bisa dapat lebih dari 11 dgre malah karena konstruksi fly bar padle berada di bawah blade.
Posted: 21 Mar 2007, 11:31
by Prabowo
Wah...
saya di bagian ini mulai ga mudeng nih om tralala dan om andre, soalnya tahap saya baru pertama kali membangun heli dan semua yang "saya pegang" baru perangkat mekanis yang saya selesaikan, dan belum sampe servo bahkan set up pitch. maksud saya di bagian slope dengan hitungan derajat yang didapatkan saya minta penjelasan lebih....
biar saya ngerti dari "akarnya" (maksud saya perbedaan mendasar kerja mekanisms fly bar padle di bawah blade dan diatas blade dan kenapa dapet derajatnya nya beda).
Maklumlah, sangat pemula langsung pegang heli, tapi saya senang, karena diskusi ini langsung membuka ruang baru buat saya belajar banyak, semoga om om berkenan kasih penjelasan lebih... i'm waiting..
Posted: 21 Mar 2007, 12:59
by andre77
dalam merakit heli peralatan yang harus kita miliki adalah pitch gauge(alat untuk mengukur sudut pitch) jadi dgn pitch gauge tadi kita bisa steting heli sesuai petunjuk di buku manual.misal saat stik throttle di posisi UP mau di buat 9,10,atau 11 dgre,saat posisi stik throttle di tengah kita bisa seting pitch 5/6 dgre, saat stik posisi bawah kita bisa seting pitch heli -3 atau -4 itu tergantung selera.Jadi dgn pitch gauge kita bisa lihat sudut pitch blade heli kita.
mungkin para senior bisa menambahkan karena saya sendiri juga masi tahap belajar