Page 1 of 5
CDR brushless
Posted: 18 Jan 2007, 16:40
by iwan21
Tue Aug 09, 2005 11:35 am
Saat ini lagi pengen coba modif CDR b/l nih, lagi nyari2 CDR yg ko'it buat diambil motornya.
Kalo baca di RCgroups, pake magnet aslinya lumayan juga .
Entar kalo udah ada progress saya posting deh step2 bongkar ama gulung ulang statornya.
Kan lumayan bisa dapet b/l motor mur-mer..
Posted: 18 Jan 2007, 21:10
by markaban
pak iwan, makasih magnet gituannya, udah tak cuba di cdr ku, lumayan, tapi kalo pake baterei lipo 3 sel kok saat saya full trotel kok malah mandek ya ?, tapi kalo pake baterei wd lebih mantap, mohon di kasih ngilmunya pak, makaci
Posted: 18 Jan 2007, 21:17
by Wind Raider
Mungkin propnya kebesaran kali pak . Coba ganti dengan yang lebih kecil .
Posted: 18 Jan 2007, 21:25
by markaban
mungkin bener kegedean kali ya, lawong tak coba tanpa propeler gak mandek, info propeler untuk ngetes pake punya wd, makasih ya nti tak coba cari propeler yang agak kecil
Posted: 19 Jan 2007, 10:33
by iwan21
markaban wrote:pak iwan, makasih magnet gituannya, udah tak cuba di cdr ku, lumayan, tapi kalo pake baterei lipo 3 sel kok saat saya full trotel kok malah mandek ya ?, tapi kalo pake baterei wd lebih mantap, mohon di kasih ngilmunya pak, makaci
Hik hik hik,,,,magnet gituan ???

, pak dokter ini ada2 aja istilahnya, bikin saya sakit perut ketawa dari tadi bacanya....
Oh iya, seperti kata suhu Darwin, prop mandek saat full throttle bisa jadi karena over prop, jadi beban di motor gede dan arusnya gede, motor panas langsung stop..
Posted: 20 Jan 2007, 23:17
by markaban
Posted: 21 Jan 2007, 11:00
by Wind Raider
Coba kontak pilot oyon dari Bogor
Posted: 20 Feb 2007, 16:00
by joko
P Iwan, sy baru mau coba bikin motor CDR, langsung aja pertanyaannya...
1. kalau gulungin kawatnya beda satu lilitan aja, untuk salah satu pole, apakah cdr motor masih bisa berputar?
2. U, V, atau W, yang bakalan dihubungkan dg kabel putih di ESC?
Trims sebelumnya atas pencerahannya...
mohon maaf kalau pertanyaannya terlalu mendasar,....
Posted: 21 Feb 2007, 08:40
by iwan21
1. untuk konfigurasi "Y", beda satu gulungan enggak terlalu masalah, tapi kalo "Delta" baiknya sih persis sama (satu gulungan itu di itung kalu posisi kawat sudah saling bersilang) sebab kalo enggak motornya muter kurang smooth .
2. Koneksi ke ESC bebas yg mana aja, mau U,V, maupun W, karena ini dasarnya motor 3 fasa, paling2 nanti arah putaran kebalik dari yg diinginkan, tinggal balik aja posisi 2 kawat maka arah putaran akan sesuai.
Kalo ada yg masih perlu ditanya silahkan aja, jangan ragu2 dan selama saya pernah tau akan saya bantu. kalo saya enggak tau akan saya cariin jawabannya...
Posted: 21 Feb 2007, 08:59
by joko
trims P Iwan, boleh nanya lagi khan?
1. Bagusan mana, konfigurasi Y atau Delta ?
2. Saya selama ini gulung konfigurasi Delta, tapi udah beberapa kali gulung, sedikitpun motor CDR gak bergerak, kira-kira faktor apaan yah?
makasih...P Iwan.