Page 1 of 4

flap

Posted: 06 Feb 2009, 14:40
by teddy
Buat temen2 yang punya pengalaman memakai Flap pada saat landing atau take off ada yang mau saya tanyakan nih :
- Pada saat landing dengan memakai flap pesawat akan cenderung naik ( karena lift bertambah ) , apakah perlu di mix dengan elevator ( down ) supaya pesawat tidak cenderung naik ? ( level )
- Disudut berapa derajat kira2 flap yang ideal untuk take off dan landing ?
- Apakah ada perbandingan yang ideal untuk panjang antara flap dengan aileron..( sama panjang / lebih panjang aileron )

terimakasih atas penjelasannya.....

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 15:25
by rudyWing
salam kenal Om Teddy Kalo di simulator elevator juga di adjust sekitar 10 drajat down position... supaya pesawat tidak cenderung naik. Utk realnya belum pernah pake.. mungkin suhu² GRAGE yg lain bisa membantu.

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 16:53
by setyo antarikso
kl saya buat take off, flap aja yg aktif. Cepet ngangkat..

kl landing flap dan elevator mix skt 1:5...ini setelah nanya2 pilot pesawat beneran..hasilnya pas banget, pesawat tetep level..tapi gas kurang dari seperempat..kl gas kebanyakan pesawatnya ngampul....

begitu landing, flap buka bawah 100%, aileron dua2nya buka atas 100%.....cakep euy....jadi pingin terbang nih..

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 16:58
by sony
setyo antarikso wrote:kl saya buat take off, flap aja yg aktif. Cepet ngangkat..

kl landing flap dan elevator mix skt 1:5...ini setelah nanya2 pilot pesawat beneran..hasilnya pas banget, pesawat tetep level..tapi gas kurang dari seperempat..kl gas kebanyakan pesawatnya ngampul....

begitu landing, flap buka bawah 100%, aileron dua2nya buka atas 100%.....cakep euy....jadi pingin terbang nih..



harus donk segera terbang ...........btw ngampul itu apa ya?

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 17:45
by davidsgrt
@oom sony

saya coba jawab ya oom ngampulnya dari oom setyo

ngampul = aanculan (tambaha ga ngerti juga ya...hihihi 8-[ 8) JKD oom...
aanculan = ngajleng... (tambah ga ngerti lagi ya oom... 8-[ :D )
ngajleng = loncat/kaya per lho oom.....
Peace...

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 20:21
by christoffel
yg saya alami selama ini, flap (non slotted) saat diturunkan, memang lift bertambah, tapi pesawat malah cenderung down/menukik.
ini karena airfoil sayap berubah jadi mendekati under-chambered dan menimbulkan tambahan momen putar pada sayap (seolah-olah kita pake elevon). jadi, saya malah harus pasang mixing untuk elevator up ... persentasenya, sangat tergantung pada karakter elevator, pada magic saya (flaperon), cuman sekitar 5%

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 20:47
by flytosky
dalam dunia penerbangan sebenarnya, elevator itu bisa di ubah sudut kemiringannya (keseluruhan elevator lho ya). perhatikan foto dibawah ini :
Image

nah, inilah alasan kenapa pesawat sebenarnya walau dihajar full flaps, AoA (angle of Attack / Sudut serang) pesawat tidak berubah. Flaps increasing = sudut Elevator menyesuaikan.

sekarang bisa ga di terapkan di aeromodelling? hm...kayaknya ini pe-er buat suhu suhu disini nih. hehehe

ohya, settingan take off pesawat itu tergantung berat pesawat dan panjang landasannya (sy berbicara soal pesawat dalam kenyataan ya). kalau landasan panjang dan berat pesawat ringan, ya kadang ga pake flap atau 5'. take off flaps itu mulai 5', 10' sampai 15'. kalau landing, mulai dari 15' sampai maksimal 45'

semoga bermanfaat

Re: flap

Posted: 06 Feb 2009, 22:45
by AgoesAurelz
Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..

Re: flap

Posted: 07 Feb 2009, 02:02
by fajar
Augustinus Aurelius wrote:Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..

[-X [-X [-X [-X EIT EIT EIT...OM AA jangan bilang aneh dooonk,btw WD ma Bronco-ku pake flap semua lhooo walaupun cuma kelas electric,,,,gabus pula hehehehehe

Re: flap

Posted: 07 Feb 2009, 05:47
by teddy
Augustinus Aurelius wrote:Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..


ok..makasih rekan2 atas masukannya...amat sangat bermanfaat buat saya...