Page 1 of 2

STS ku yang mati muda

Posted: 30 Apr 2007, 11:43
by ajo.naim
Setelah melihat-lihat suhu Roji dengan batalyon foammies nya, saya juga tertarik untuk membuat sendiri. Cari2 di ww.rcgroups.com ada 2 pilihan plan yang cukup detail dan lengkap dengan building guide yaitu STC dan STS.

Saya putuskan untuk membuat STS karena sudah full fuselage.
Asalnya STS pakai wing under chambered, karena terinspirasi KF wing, Fuselage dimodif dikit untuk KF Wing

Image
note: sebelum banyak yang bertanya, STS nya di foto diatas coran beton tiang parabola [bukan septic tank]. :-s

Image

Image


Kemaren pagi sudah di test, terbang solo tanpa ada supporter dan assisten.
Prop 9x3.8 SF APC
Lipo 2s 1200 mAH
JR Tx dan RX

KF Wing memang luar biasa, nggak sampai 3 meter dah up dengan mulus. Tapi lagi2 problem ada di pilot, asli tangan saya gemetar melihat prakarya saya bisa airbone.

Sepuluh detik ( 10 second) di udara STS nya melayang, tiba2 saya kehilangan kontrol elevator, pesawat menukik ke tanah keras. Hasilnya propeler patah, BP-21 bengkok, Wing KF pecah.

Pesawat saya yang saya bangun hampir dalam 2 minggu hanya bertahan 10 detik. Apakah harus selalu begini ?

Image
Image
Image

KF wing yang fenomenal ternyata tidak cukup kuat jika pilot OON
Image

Biaya kursus untuk pelatihan terbang solo dengan durasi 10 detik :

- Shaft BP-21 -> ± 50.000,-
- Prop 9x3.8SF -> 30.000,-
- Disposable Fuselage and Wing -> ± 100.000,-

Total sekitar 180.000,- , artinya satu detik biayanya Rp. 18.000,-

Posted: 30 Apr 2007, 11:55
by Wind Raider
Hmmmm ...
Pak Ajo Anda harus pasang airelon kayaknya . KF Wing memang bagus liftnya ; sehingga waktu throttle di full ; langsung ngangkat dengan sudut serang yg tinggi > 60 derajat . Akibatnya pesawat jadi stall dan menukik .

Posted: 30 Apr 2007, 12:00
by ajo.naim
Foto2 waktu STS airbone dan mencium bumi sama sekali nggak sempat diambil, cuman 10 detik.

Setelah saya analisa sepertinya problem loss control elevator ada di dudukan servo yg saya buat pakai potongan coro. Potongan coro yang dibentuk jadi profil U ini dilem ke fuselage pakai lem UHU Spor, namapaknya memang tidak cukup kuat, setelah jatuh profil U coro ini bergeser jauh dari posisi semula.

Berat total termasuk battery = 420 gram, mungkin 50 gram disumbang cat semprot PILOX. :-k

Posted: 30 Apr 2007, 12:11
by Wind Raider
Iya dengan adanya dihedral sebenarnya pesawat sudah cukup stabil .
Kayaknya persoalan memang di elevator ( atau servonya ).

Posted: 02 May 2007, 08:29
by NF
ma..ju tak gentar....po...tong ..poly lagi.... s'ma..ngat jangan pupus , temen support smua...

Posted: 02 May 2007, 09:45
by iwan21
Lem lagi, terbang lagi....jato lagi...lem lagi terbang lagi.....terbang lagi...terbang lagi...horeeee pesawatku terbang ke bulan...horeeee....

Posted: 02 May 2007, 10:52
by ajo.naim
Proses lem nya sih gampang. Yang susah mengganti shaft BP-21 nya, kok nggak bisa-bisa ya?
MOhon untuk Suhu2 bisa dibantu untuk memposting "Howto step by step" mengganti shaft BP-21nya

Posted: 02 May 2007, 18:57
by coyo
sekedar saran aza, klo model gini mendingan pake prop saver biar prop gak patah klo crash.
trus shaftnya klo bisa jangan panjang2, klo kepanjangan lebih baik dipotong aza.
shaft yg pendek kemungkinan bengkoknya lebih kecil daripada shaft yg panjang.

klo shaftnya diganti pake sliding bar cdrom bisa gak ya?

Posted: 02 May 2007, 23:16
by shaify
maju terus..pantang mundur.....emang pesawat ada yg mundur hehehe...
ayo pak ajo...potong poli...lem lagi..terbang lagi...
PK-JT310 sy udah terbang crash terbang lagi...udah pernah prop patah...stik pegangan motor patah...ganti..terbang lagi...sampe fuse bagian sayap ke depan patah...disambung lagi dan...terbang lagi...kalo diitung udah lebih dari 12 x penerbangan...7 diantaranya terbang lama...
ayo...pak ajo bisa.......

Posted: 03 May 2007, 08:17
by iwan21
Atau bikin dulu versi pusher, dijamin aman dari masalah shaft bengkok he he he he.... (eh enggak juga ding, pak Supri WDnya crash shaft 2408 juga ikut bengkok..padahal udah pusher he hehe )