Page 1 of 2
Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 19 Sep 2010, 21:17
by AgoesAurelz
Mungkin para suhu engine bisa sharing ttg hal ini....
Bagaimana ya cara membuat mesin (khususnya nitro) supaya tidak gampang mati....
Bagi yang bermain di lapangan luas (yang sekelilingnya tidak tertutup bangunan) mungkin hal ini ngga terlalu menjadi momok..
Tapi "dead stick" akan terasa menakutkan manakala terbang di lapangan sempit yang cukup padat pemukiman penduduk....
Kalo crash/pesawat sampai ancur lebur sih ngga terlalu dikuatirkan... tapi kalo crash-nya sampai kena property orang (atau bahkan melukai orang) pasti akan sangat menguatirkan dan menakutkan.....
saya sendiri sudah ngga terhitung mengalami "dead stick" diatas.... sebagian sih selamat dengan tanpa cacat.... tapi sering juga sampai berakhir menyedihkan, terutama saat altitude dan arah angin kurang mendukung utk pswt balik ke runaway...
Ada ngga sih cara baru bikin mesin supaya stabil dan ngga gampang mati...?
Saya berharap ada system baru yg bisa menanggulangi masalah ini... maksud saya selain masalah classic spt: setelan mesin, kualitas nitro, hingga kondisi busi, selang bbm dll.... Anggaplah hal-hal tsb sudah tersetting dengan baik...
Tolong (kalo bisa) diulas teknik/system baru... (kalo ada)....
Misalnya: membuat back up power dgn motor/dynamo....? Ide ini pasti bagus... tapi jelas ngga gampang diterapkan....

Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 08:40
by toto
om suhu AA nih sing mboten2 aja deh membuat soal ujiannya tapi saya sebagai murid suhu coba menjawab soal ujian tersebut untuk mendapatkan pengarahan selanjutnya dari om suhu AA ya, nah gini nih kiat2 yang saya lakukan selama ini tanpa menambah AUW yang berlebihan dari si pesawat itu sendiri dengan asumsi
sumber kematian engine saat penerbangan dan solusinya setidak-tidaknya antara lain :
1. overheat akibat flow udara yang tidak optimal dalam pendingan mesin biasanya terjadi
a. pada engine yg didalam cowling maka untuk itu perlu dibuatkan baffle dan penyesuaian kembali lubang untuk
pembuangan udaranya
b. flow fuel sedemikian rupa di setting guna mencari rpm tinggi dengan di cekek abis itu nerbangingannya
enggak kira2
c. pemilihan propeller yang tidak tepat jadi membebani si engine dan sama juga cara nerbanginnya kaya di b.
2. overtime akibat fuel habis makanya jangan lupa setting timer yang moderate berdasarkan gaya terbang masing2
karena soal lama terbang sangat erat kaitannya dengan emosi si pilot alias throttle management
3. aliran fuel tersendat, nah untuk ini sebetulnya sederhana saja sih karena intinya cuman bagaimana apiknya si
perakit pesawat waktu pasang fuel line system dimulai dari
a. pemasangan fuel clung, fuel filter terus sampai masuk carburator dan seberapa apik kita bermain dan
membersihkan si engine agar tidak ada kotoran masuk
b. posisi outlet fuel line pada fuel tank dengan posisi carburator si engine
4. terbang idle terlalu lama kemudian tiba2 throttle dibuka keselek deh tuh jadi bisa mengakibatkan mesin
mati maka untuk ini sebagai penangkalnya saya pasangan SMART GLOW PLUG HEATER yang bekerja
bukan karena besar kecilnya bukaan valve tapi karena temperature dissipation
5. dan yang terakhir kualitas engine tidak lepas dari ketekunan kita waktu melakukan break'in engine
CATATAN: dari itu semua makanya kalau saya rakit pesawat enggak pernah lebih cepet dari 1 minggu untuk pesawat dengan power glow engine kalau gasoline engine bisa beres 1 bulan aja udah untuk deh dan kalau di inget2 belum pernah tuh siap terbang kurang dari 2 bulan, nah disini lah sebetulnya kesabaran kita di uji
Nah kira2 gitu deh pak cik gu AA jawabannya yg saya sudah lakukan mohon di ponten dan sekalian dikoreksi kalau pontenannya kurang ya suhu
salam
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 11:06
by joko
Mantap kali ulasan pak Toto, membuat saya termenung akan apa yang telah saya perbuat selama ini....(terhadap engine)..

Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 11:53
by MrDoms
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 12:09
by yoyokTR3
suhu Toto : lengkap sekali bimbingannya, membuat saya termenung dan introspeksi diri, dan ternyata selama ini saya terlalu banyak ngutak-atik sendiri dan berteori tanpa dasar pengetahuan yang cukup.
Ampun..ampun...ampuuunnnn....suhu.
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 15:52
by AgoesAurelz
mantaap pakde Toto, thanks buat masukannya...
udah sebulan ini saya ngga nyentuh nitro.... lagi maless.... hehe mungkin sementara saya ikut saran om Doms.... saya mau maen electric aja sekarang....
Utk di engine, saya lagi pesan Gruphon Autobooster (semacam auto glowheater yg digerakan dari Tx) utk menanggulangi pembakaran yg kurang sempurna di mesin glow engine... Siapa tahu ada effeknya....
Om yoyok, ente cukup lama ngga terbang di selagalas.... kapan nih kita joged di udara lagi...
Minggu-minggu ini saya cuma berdua aja sama si Hendra, kita ber-electric ria... kebut-kebutan pake Funjet tepatnya...

Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 20 Sep 2010, 23:04
by yoyokTR3
iya nih mas AA, saya lebih banyak waktu buat terbang di Batu Hijau - Sumbawa Barat, skalian nemenin temen2 newbie biar lebih semangat.
kapan nerbangin Cessna Buldognya, kayaknya cuman digantung melulu ...? supaya semakin banyak gasser yang terbang di Lombok, lapangan Selagalas kan udah cukup luas...
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 21 Sep 2010, 07:44
by AgoesAurelz
yoyokTR3 wrote:iya nih mas AA, saya lebih banyak waktu buat terbang di Batu Hijau - Sumbawa Barat, skalian nemenin temen2 newbie biar lebih semangat.
kapan nerbangin Cessna Buldognya, kayaknya cuman digantung melulu ...? supaya semakin banyak gasser yang terbang di Lombok, lapangan Selagalas kan udah cukup luas...
Saya malah ada rencana lagi mau beli big scale Gasser.... bukan utk diterbangin..... tapi untuk digantung lagi.... alias buat hiasan plafond om....
Supaya bisa terlihat terbang "Harrier" dan "High alpha".... tanpa crash....!!

Utk sementara ini biar yg Small - Mid scale aja yg ku pake utk jibakutai dan kamikaze di lapangan om..... resikonya lebih ringan...
Lap seperti Selagalaspun sekarang terasa kurang ideal buat large/giant scale om.... Misal, kalo arah angin memaksa kita harus landing dari arah pemukiman penduduk tentu potensi bahayanya cukup besar...
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 21 Sep 2010, 10:51
by Dianug
Re: Gimana supaya mesin ngga gampang mati di atas.... ???
Posted: 21 Sep 2010, 10:59
by toto
para senior dan suhu joko, yoyoktr3, AA dan Doms ............. saya tuh hanya menulis ulang catatan selama saya belajar dari para sesepuh khususnya dari eyang su-31 a.k.a e7j a.k.a wisnu ........... jadi saya itu tetap murid lah cuman agak rajin membuiat catatan saja kok jadi mohon maaf saya masih jaaauuuuuuuh dari gelar suhu persisnya masih berstatus juru tulis
om suhu AA, saya pakai smart glow plug heater puas loh dan alat ini tersedia untuk single maupun dual engine
asyiknya si alat ini bukannya mengikuti gerakan stick tapi dia mendeteksi temperature ruang bakar, jadi pada saat idle kan temperatur turun maka dia akan on jadi prinsipnya akan menjaga suhu optimal ruang bakar
untuk memasang nya perlu semacam ritual setting dulu om abis itu selesai deh enggak perlu di utak atik dan sekedar info saya dapatkan dari singahobby terus barang itu laku keras jadi kalau mau kesana saya biasanya email dulu karena jhonny singa enggak pernah stock banyak