
menyandingkan antara gyro n servo rudder
Moderators: Budiman, irsansaputra
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
menyandingkan antara gyro n servo rudder
siang om semua sy mo nanya nih apakah benar kalo mo pake servo rudder harus cocok dg gyronya ,oh ya gyro kds 800 cocok ga ya ruddernya pake servo power pro mg 90 trima kasih mohon petunjuknya 

- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
Rekomended pabrik emg bgt mas...ada pasangan serasi spt 401+9254/9257, 611+9256/bls251,gp750+620/650/520/420. tapi sy jg pernah nyoba gp 750+9254 hasilnya jg ok. nah utk merk kds ini belum pernah makai termasuk servo towerpro mg 90. saran saya kalo ada manual ikuti aja manual nya...kds itu serasinya dg servo apa. ntar kalo mau gonta-ganti pasangan tinggal lihat sper servonya.....umumnya utk servo rudder yg dipentingkan speednya...dan sinyal suport dr gyronya.


- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
setelah ngintip manual KDS 800, koq mirip dg gyro ftb 401 ya.....potensio trimer utk limit,delay, microswitc untuk DS servo dan dir gyro.bahkan rekomended servo ruddernya pun pakai ftb ...9257/9250 ( asumsi u heli elektrick 450 ) 

- yafet07
- Airman First Class
- Posts: 92
- Joined: 13 Jan 2009, 10:07
- Location: Surabaya
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
sebenernya gak masalah pake servo apa aja... yg penting kalo servo analog ya switch gyro ke analog... kalo digital ya switch ke digital...
"bedanya" cuman servo ekor biasanya "jauh lebih cepet" dari servo cyclic... cuman kalo buat terbang manis dan loop ama roll doang gak usah ribet... yg penting servonya emang didesain / bisa utk dipake di ekor dan torsinya cukup ya udah... pake aja... yg penting maburnya masi oke...
liat aja heli e-sky belt cp... semua servonya sama... dan itu udah bisa dibalik... ( cuman balikinnya lagi kadang kasus... hehehe)
kalo maen keras ya mending pake gyro servo set yg didesain khusus utk itu...
budayakan mabur heli utk menikmati... bukan reparasi...


"bedanya" cuman servo ekor biasanya "jauh lebih cepet" dari servo cyclic... cuman kalo buat terbang manis dan loop ama roll doang gak usah ribet... yg penting servonya emang didesain / bisa utk dipake di ekor dan torsinya cukup ya udah... pake aja... yg penting maburnya masi oke...

liat aja heli e-sky belt cp... semua servonya sama... dan itu udah bisa dibalik... ( cuman balikinnya lagi kadang kasus... hehehe)

kalo maen keras ya mending pake gyro servo set yg didesain khusus utk itu...

budayakan mabur heli utk menikmati... bukan reparasi...



- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
makasih ya om sahid n om yafet atas saran nya karena sy sudah berapa kali gonta ganti rudder servo hasilnya kebakar terus om bener kata om yafet bukan menikmati malah reparasi
n u om sahid makasih sy mo coba saran nya mudah2an langgeng mas 


- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
Menurut opini pribadi saya..
Pada R/C Helicopter..antara men-setting, menikmati dan mereparasi adalah ketiga hal yg berjalan bersama..tidak bisa dipisahkan..menentukan servo rudder yg cocok untuk gyro yang akan kita gunakan ..buat saya masuk dalam kategori setting-up..bukan reparasi...hendaknya mesti dibedakan pengertian tsb
Aplikasi kontrol rudder...menurut sepanjanng yang saya tau , tidak bole diremehkan begitu saja...karena kontrol rudder berfungsi sebagai auto pilot bagi rudder heli...maka dari itu..penentuan servo rudder pun harus memenuhi kriteria yg cocok ...salah satunya adalah kecepatan command signal dr gyro kepada servo rudder..spt yg telah disebukan oleh Pak Sahid..
kemudian ditinjau dari speed dr servo itu sendiri..bukan torque...
Kesalahan dalam menentukan dua kriteria servo rudder(sepanjang yg saya tau ini)...berakibat tidak maksimalnya fungsi kontrol rudder...yaitu :
1. servo rudder terbakar..hal yg saya tau adalah disebabkan servo tidak mampu utk secara terus2 menerus menerima bombardir command signal dr gyro...perlu diingat..gyro pada aplikasi kontrol rudder secara terus-menerus mengirimkan command signal kepada servo rudder, krn gyro selalu mendeteksi adanya gangguan pada tail heli..misalnya angin,perubahan torque yg diakibatkan oleh pitch main blade..dan sebagainya..sehingga gyro selalu memberikan koreksi melalui command signal nya kepada servo rudder..shingga posisi tail tetap pada point yg kita inginkan. Kecepatan signal dr gyro, sepanjang yg saya tau menggunakan satuan micro-second...jadi silahkan dibayangkan betapa cepatnya signal tsb, jika servo yg dipilih tidak mampu menerima ini..maka yg terjadi selanjutnya adalah terbakarnya servo...
2. Tail heli berayun..yg saya tau selama ini adalah disebabkan speed dr servo rudder tidak mumpuni..artinya saat gyro mengirimkan command signalnya..servo bergerak lemot..tidak sesuai dg hukum aksi-reaksi...pada hal yg kita inginkan pada kontrol rudder ini adalah saat gyro mendeteksi adanya gangguan pada tail,maka gyro mengirim signal kepada servo rudder untuk segera melakukan koreksi posisi tail..dan sekali lagi perlu kita ingat ,proses ini berlangsung secara terus-menerus dan sangat cepat...
Demikian pendapat pribadi saya mengenai gyro dan servo rudder.
salam,
Budiman
Pada R/C Helicopter..antara men-setting, menikmati dan mereparasi adalah ketiga hal yg berjalan bersama..tidak bisa dipisahkan..menentukan servo rudder yg cocok untuk gyro yang akan kita gunakan ..buat saya masuk dalam kategori setting-up..bukan reparasi...hendaknya mesti dibedakan pengertian tsb
Aplikasi kontrol rudder...menurut sepanjanng yang saya tau , tidak bole diremehkan begitu saja...karena kontrol rudder berfungsi sebagai auto pilot bagi rudder heli...maka dari itu..penentuan servo rudder pun harus memenuhi kriteria yg cocok ...salah satunya adalah kecepatan command signal dr gyro kepada servo rudder..spt yg telah disebukan oleh Pak Sahid..
kemudian ditinjau dari speed dr servo itu sendiri..bukan torque...
Kesalahan dalam menentukan dua kriteria servo rudder(sepanjang yg saya tau ini)...berakibat tidak maksimalnya fungsi kontrol rudder...yaitu :
1. servo rudder terbakar..hal yg saya tau adalah disebabkan servo tidak mampu utk secara terus2 menerus menerima bombardir command signal dr gyro...perlu diingat..gyro pada aplikasi kontrol rudder secara terus-menerus mengirimkan command signal kepada servo rudder, krn gyro selalu mendeteksi adanya gangguan pada tail heli..misalnya angin,perubahan torque yg diakibatkan oleh pitch main blade..dan sebagainya..sehingga gyro selalu memberikan koreksi melalui command signal nya kepada servo rudder..shingga posisi tail tetap pada point yg kita inginkan. Kecepatan signal dr gyro, sepanjang yg saya tau menggunakan satuan micro-second...jadi silahkan dibayangkan betapa cepatnya signal tsb, jika servo yg dipilih tidak mampu menerima ini..maka yg terjadi selanjutnya adalah terbakarnya servo...
2. Tail heli berayun..yg saya tau selama ini adalah disebabkan speed dr servo rudder tidak mumpuni..artinya saat gyro mengirimkan command signalnya..servo bergerak lemot..tidak sesuai dg hukum aksi-reaksi...pada hal yg kita inginkan pada kontrol rudder ini adalah saat gyro mendeteksi adanya gangguan pada tail,maka gyro mengirim signal kepada servo rudder untuk segera melakukan koreksi posisi tail..dan sekali lagi perlu kita ingat ,proses ini berlangsung secara terus-menerus dan sangat cepat...
Demikian pendapat pribadi saya mengenai gyro dan servo rudder.
salam,
Budiman
- Abdinik
- Chief Master Sergeant
- Posts: 786
- Joined: 08 Jul 2010, 10:05
- Location: Mojokerto-Jombang
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
suhu budiman sudah menjelaskan dengan sangat jelas dan gamblang. mungkin pada intinya untuk pemilihan servo rudder yang perlu di perhatikan adalah speed yang lebih utama di banding dengan torque.newbie terus ikut menyimak dan belajar dari senior.
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
makasi pa budiman penjelasan yg bijaksana dan lengkap bagi kami yg pemula 

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
Saya bukan suhu,Bapak2...saya hanya sekedar berbagi saja kepada Anda semua...
salam,
Budiman
salam,
Budiman
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: menyandingkan antara gyro n servo rudder
ini ciri suhu nya gaero....... semakin berisi semakin merunduk...h.e..h.e.
om Budiman ini mengutip maha guru WR.


