Page 1 of 6

Jet Trainer v1

Posted: 19 Nov 2010, 17:39
by redsky767
Dear Gragerian,

Sorry kalo re-posting, soalnya data kemaren ilang setelah di hack.

karena masih mau belajar landing dengan baik, setelah menghayal trus oret2 di word dibikinlah jet trainer sebagai pesawat latih. kali ini gak pake EDF, karena pengen terbang lama :mwr :mwr :mwr

ini gambarnya :
Image
ini jadinya (gak mirip malah) :wek :
Image
sorry gambarnya buram, karena motonya pake BB :pis



nah kemaren sempat dapat arahan dari suhu iwan21 mengenai wing loading dan air foilnya.
Lapor suhu, gak jadi pake simetris airfoil buat wing nya, jadinya pake flat bottom aja :thx

untuk motornya saya pake
Image
datanya :
Speed: 2700kv
ESC Required: 25A
Voltage Range: 6~12v
No Load Curr: 1.2A
Max Load: 35A

propelernya sy pake punya wilga yg dipotong menjadi 5 X 6

trus buat ESCnya saya pake : TowerPro H40A Brushless Speed Controller

suhu dan para master Gaero sy mo nanya :

1. kalo pake rumus yg suhu iwan21 berikan maka : motor ini wattnya adalah 291 watt
(35 A X 11.1 v X 0.75) = 291 watt
2. karenanya power loading motor ini adalah 1,714 gram. Hitungannya
(291 / 0.17) = 1,714 gram

berarti motor ini bisa ngangkut beban hingga lebih kurang 1,700 gram ya suhu ??? :hah :hah :hah . nah kalo target AUW nya adalah 950 gram, berarti ini pesawat bisa terbang kencang ya ???? :hah

3. pada spec motor tsb disebutkan Max Load 35 A . ini maksudnya adalah daya maksimum yg dibutuhkan motor tersebut ya suhu? dan kalo sy pake ESC 40 A gak masalah kan ?


mohon bimbingannya :thx :thx :thx

Salam Hangat.

Re: Jet Trainer v1

Posted: 19 Nov 2010, 19:15
by iwan21
redsky767 wrote:Dear Gragerian,

Sorry kalo re-posting, soalnya data kemaren ilang setelah di hack.

karena masih mau belajar landing dengan baik, setelah menghayal trus oret2 di word dibikinlah jet trainer sebagai pesawat latih. kali ini gak pake EDF, karena pengen terbang lama :mwr :mwr :mwr



nah kemaren sempat dapat arahan dari suhu iwan21 mengenai wing loading dan air foilnya.
Lapor suhu, gak jadi pake simetris airfoil buat wing nya, jadinya pake flat bottom aja :thx

untuk motornya saya pake

datanya :
Speed: 2700kv
ESC Required: 25A
Voltage Range: 6~12v
No Load Curr: 1.2A
Max Load: 35A

propelernya sy pake punya wilga yg dipotong menjadi 5 X 6

trus buat ESCnya saya pake : TowerPro H40A Brushless Speed Controller

suhu dan para master Gaero sy mo nanya :

1. kalo pake rumus yg suhu iwan21 berikan maka : motor ini wattnya adalah 291 watt
(35 A X 11.1 v X 0.75) = 291 watt


tegangan kerja untuk perhitungan bukan di 11,1 Volt, tapi 10 Volt, jadi powernya 35x10x0,75 = 262 Watt

cuman perhattin lagi deh keterangan ini : ESC Required: 25A
artinya disini sebenernya itu motor bekerja maksimal di 25 amper, bukan di 35 amper.
jadi hitungan diatas kita revisi jadi : 25x10x0.75 = 187 watt

redsky767 wrote: 2. karenanya power loading motor ini adalah 1,714 gram. Hitungannya
(291 / 0.17) = 1,714 gram

berarti motor ini bisa ngangkut beban hingga lebih kurang 1,700 gram ya suhu ??? :hah :hah :hah . nah kalo target AUW nya adalah 950 gram, berarti ini pesawat bisa terbang kencang ya ???? :hah


revisi lagi, karena powernya 187 watt, maka dg powerloading 0.17 watt/gr, berat total yg bisa dibawa motor ini adalah = 1102 gr.
kalau kencang, kaitannya terkait dg rpm ( kv motor) dan pitch, nanti saya jelasin belakangan yg ini

redsky767 wrote:3. pada spec motor tsb disebutkan Max Load 35 A . ini maksudnya adalah daya maksimum yg dibutuhkan motor tersebut ya suhu? dan kalo sy pake ESC 40 A gak masalah kan ?


lihat keterangan saya pada nomer 1 diatas.

redsky767 wrote:mohon bimbingannya :thx :thx :thx

Salam Hangat.



saya bantu yg saya tau aja, yg saya gak tau kudu minta bantuan yg lebih tau :ha3

Re: Jet Trainer v1

Posted: 19 Nov 2010, 19:49
by iwan21
Nah sekarang kita coba urai maksud " kenceng" apa enggak.

Motor diketahui berkv 2700, kalo diambil efisiensi 75%, maka rpmnya pada 3 sel =
2700 x 10 x 0,75 = 20250.

kalo propeller yg dipake 6x5 ( pitchnya = 5 inch), maka setiap satu putaran, prop akan maju sejauh 5 inch.

Karena motor berputar 20250/menit, maka dalam satu menit si propeler akan maju sejauh :
= 20250 x 5
= 101250 inch ( atau 101250 inch/menit)

1 inch = 2.54 cm
1 jam = 60 menit
maka laju yg dihasilan oleh si motor dg prop ber picth 5 inch adalah :
= 101250 x 2.54 x 60
= 15430500 cm/jam
= 154.305 km/jam..

itu secara teori ya, pada kenyataannya hambatan udara, efisiensi propeller, hambatan dari badan pesawat sendiri juga berpengaruh, anggap saja semua itu bernilai 40 %, maka speed yg kita dapet tinggal :
(100-40) x 154.305 km/jam
= 92.583 km/jam

masih tetep kenceng.

Re: Jet Trainer v1

Posted: 20 Nov 2010, 23:39
by redsky767
@ suhu iwan21 :thx :thx :thx :thx :thx

makasih banyak racunnya eh elmunya suhu :pis :ha3 :ha3 . Gak tau bilang apa dah... suhu emang T.O.B. sekali nanya langsung dikasih elmu tingkat tinggi... :ha3

oke suhu, segera diamalkan elmunya. jadi sekarang sy pake ESC 25 A yg rencananya buat proyek A400M. malah jadi ringan 100 gram... :thx

Karena di Banda Aceh hujan terus sejak 3 hari ini...maka tadi saya kerjain lagi jet Trainernya...

wingnya model tapered dengan flat bottom air foil....
Image
Landing gear pake suspensi dan steering wheel
Image

tadi sempat ditimbang semuanya (dengan batre Turnigy Nanotech 2650 mAh) AUWnya 960 gram :wek

besok kalo ujan lagi, ngerjain lagi... :mwr , mau masang horisontal dan vertical stabilizernya

ini dulu laporannya.

salam

Re: Jet Trainer v1

Posted: 21 Nov 2010, 13:23
by maamaan
iwan21 wrote:Nah sekarang kita coba urai maksud " kenceng" apa enggak.

Motor diketahui berkv 2700, kalo diambil efisiensi 75%, maka rpmnya pada 3 sel =
2700 x 10 x 0,75 = 20250.

kalo propeller yg dipake 6x5 ( pitchnya = 5 inch), maka setiap satu putaran, prop akan maju sejauh 5 inch.

Karena motor berputar 20250/menit, maka dalam satu menit si propeler akan maju sejauh :
= 20250 x 5
= 101250 inch ( atau 101250 inch/menit)

1 inch = 2.54 cm
1 jam = 60 menit
maka laju yg dihasilan oleh si motor dg prop ber picth 5 inch adalah :
= 101250 x 2.54 x 60
= 15430500 cm/jam
= 154.305 km/jam..

itu secara teori ya, pada kenyataannya hambatan udara, efisiensi propeller, hambatan dari badan pesawat sendiri juga berpengaruh, anggap saja semua itu bernilai 40 %, maka speed yg kita dapet tinggal :
(100-40) x 154.305 km/jam
= 92.583 km/jam

masih tetep kenceng.


suhu klo diameter prop "6" nya itu pengaruh pada top speednya jga kah.?

Re: Jet Trainer v1

Posted: 21 Nov 2010, 18:35
by iwan21
maamaan wrote:suhu klo diameter prop "6" nya itu pengaruh pada top speednya jga kah.?



utk hitungan speed, kita cuman pake pitch speed alias cuman ngeliat ukuran pitchnya aja
nah hubungan dg diameter, makin gede diameter tentu beban motor makin berat dan rpm nya tentu akan turun juga

Re: Jet Trainer v1

Posted: 21 Nov 2010, 18:54
by maamaan
ouh,.. bgicu toh,...
tengkyu suhu,... :thx

Re: Jet Trainer v1

Posted: 21 Nov 2010, 21:19
by NF
dihedralnya besar juga tuh..,atau sweep back ?
yang pastinya mantaff........lanjut...

Re: Jet Trainer v1

Posted: 21 Nov 2010, 21:52
by mandiridjaya
waoow mantabs Om... keren banget deh pesawatnya ditunggu maidenya yaa... semoga sukses bravoo

Re: Jet Trainer v1

Posted: 22 Nov 2010, 00:22
by Dianug
mantafffffff bgt deh . . . . . :tlt :tlt