Page 1 of 4

Tangki Bahan Bakar

Posted: 07 Jun 2007, 16:18
by paskal
Rekan2 semuanya saya butuh bantuannya
saya ada masalah pada tangki bahan bakar pesawat eng
saya sudah pasang pipa aluminium standar pabrik dan sudah mengikuti
prosedure dari mereka. antara lain :
Pipa 1. utk tekanan angin dari knalpot.
Pipa didalam tangki dibengkokkan sedikit kearah atas dan
diberi selang
Pipa 2. Utk bahan bakar dari tangki kearah eng
Pipa 3. Utk menyalurkan bahan bakar dari luar masuk kedalam tangki
Pipa diluar tangki dibengkokkan kearah atas
Pipa di dalam tangki dibengkokkan kearah bawah
Pertanyaan :
1. Apakah urutannya sudah benar ?
2. Saya ingin menutup rapat 2 tangkai dengan kepala karetnya beserta
pipa nya kok keras amat ya.....
Saya sudah coba minyakin atara karet penutup dengan mulut tangki
tetap tidak bisa masuk..... ](*,)
Bagaimana cara memasukkan kepala karet penutup tangki agar
tertutup rapat tanpa merusak karet tersebut ?
Terima kasih

Posted: 07 Jun 2007, 17:17
by sudjai sarmo
Itu urutan sudah benar, kalau tutup karetnya susah masuk saya biasanya akan mengorek untuk memperbesar lubang yang ditangki sampai karetnya masuk dan span.

Posted: 07 Jun 2007, 18:05
by sudjai sarmo
Hati2 kalau terlalu span malah tangkinya bisa robek pada sambungan cetakanya.

Posted: 07 Jun 2007, 18:16
by Franky
Wuih udah jelas bgt tuh penjelasan dari om Vian,
saya cuma mau nambahin sedikit.
Pada pipa 3 (utk isi fuel) pipa didalam sebaiknya dibengkokkan sampai ke dasar (kebalikan dari pipa 1 yg menyentuh dinding atas) ini gunanya untuk menyedot fuel sampai kosong setelah selesai main.

Sebagai alternatif, pipa 3 bisa ditutup (ujung mulut pipanya dijepit menggunakan tang di sisi dalam dan luar tangki) kemudian untuk mengisi dan membuang fuel dari tangki, bisa langsung cabut pasang selang yg ke engine, atau menggunakan T konektor dari pipa 2.

Posted: 08 Jun 2007, 07:14
by sudjai sarmo
Saya setiap memasang pipa tangki selalu saya pasang hanya dua pipa, satu ke engine dan satunya ke muffler, kalau mau mengisi fuel cabut slang yang ke engine, praktis.

Posted: 08 Jun 2007, 07:59
by paskal
Terima kasih atas saran2 rekan semua nya .
Utk Om Vian
- selang dan Pemberat didalam utk PIpa 2 sudah saya pasang susuai prosedur di buku
- Jadi sekrup yang ditengah karet dilonggarkan dulu ya ?
Saya sekrupnya udah dikencengkan. Coba nanti dirumah saya coba dikendorkan dulu pas sudah
\masuk baru dikencengkan...

Om Ja'i
- Utk mengorek lobang tangki bahan bakar aku sedikit ngeri, karena jika kegedean malah nanti terlalu
longgar. kan tutup tangki harus rapat banget. jika tidak maka akan merembes dan tekanan udara
nya bocor.
- Span itu apa Ya ?
- Selang ke eng dicabutin terus utk isi bahan bakar egk apa2 Om ? Bukannya secara teori jangan
dicabut2. Utk menghindari selang longgar ?
- Atau ada saran dari om Ja'i utk mengorek lubang tangki dengan aman ?

Om Frangky
- Nyedot bahan bakar sisa pakai apa ? Pakai mulut or pakai Fuel Pump yang manual ?

Posted: 08 Jun 2007, 08:48
by Franky
paskal wrote:Om Frangky
- Nyedot bahan bakar sisa pakai apa ? Pakai mulut or pakai Fuel Pump yang manual ?


Nyedotnya pake Fuel pump donk om... fuel pump itu ada yg manual ada juga yg electric, jgn pernah coba-coba pake mulut ya om...
duh kalo pake mulut sih ntar lama2 ntar om paskal bisa terbang lho... hehehe kiddin'

Idealnya setelah kita selesai main, tangki harus dikosongkan supaya engine lebih awet, dulu saya dapet ilmu tsb di forum ini, katanya fuel itu terdiri dari methanol dan oli, kalau ditinggal kelamaan, methanol akan menguap sedangkan olinya tetap, jadi kandungannya sudah tidak seimbang lg, dan itu bisa menimbulkan kerak di mesin, selain itu kalau fuel disedot jadi lebih bersih, soalnya paling repot kalau fuel dari muffler berceceran netes2 didalam mobil atau di rumah...

Posted: 08 Jun 2007, 08:58
by paskal
Hehehe maklum blm pernah pake eng...

Jarak selang tangki ke eng ada patokannya berpa cm egk ? Kalo egk salah jgn terlulu panjang ya ?
Utk eng 25 dengan tangkai standar, saya lupa berapa cc. Bisa utk terbang berapa lama ?

Alat penghubung fuel Pump dgn lobang botol bahan bakar nama nya apa ?

Om Frangky waktu mau tutup karet dengan lubang tangkai apakah keras juga ?
Caranya gimana Om ? Apakah sama dengan Om Vian ?

Posted: 08 Jun 2007, 10:26
by sudjai sarmo
Span itu artinya terlalu sesak atau terlalu rapat, nanti pada saat baut pengencang diputar karetnya akan menekan lubang tanki, kalau tangkinya nggak kuat dia akan pecah persis disambungan cetakan. Hal itu pernah terjadi di pesawat Mr. Tono sehingga bila pesawatnya didongakkan keatas enginenya pasti mati karena pressure fuel yang hilang.