Trex 600 Clutch patah
Posted: 09 Apr 2011, 09:01
Selamat pagi suhu-suhu tercinta, saya ada pengalaman yang menarik untuk dishare disini, dan semoga juga bisa mendapatkan pencerahan dari para suhu.
Sore hari... hari Jumat kemarin, punya kesempatan pulang tepat waktu...h.e..he.. biasanya gak pernah bisa.... terus mulai ambil armada, tasi malam sudah dipersiapkan, semua battery sudah di charge, baik tx maupun Rx, sempat juga check dirumah mulai dari connecting linkage dihead assy, terus ke servo, hmmmmm semua normal.
Check putaran blade serrrrrr, wah aman....ok matikan rx, tx kemudian mulai dibereskan dan berangkan ke lapangan terdekat eng...ing eeeeeeengggg.... hati berbunga, bakalan terbanga agak lumayan nich, target untuk Outorotation landing hari ini harus selesai....
10 menit sampailah dilapangan. heli diturunkan fuel dipompa untuk memenuhi tanki di heli... hati bergumam mantap, cuaca juga mendukung banget....... angin bertiup sepoi sepoi ndak tahu kecepatan hembus angi berapa karena belum punya speedometer untuk angin...he..he..he.h.e.... Fuel sudah penuh.... kemudian Tx dinyalakan, Rx dinyalakan, naikkan heli meja, sambil berlari kecil menjauh..... gimbal dimainkan, sampai post diam sejenak (jarak post ini sekitar 100 m), sambil masih memainkan gimbal di Tx ( antenna full colaps) melihat dikejauhan gerakan mulai dari tail rotor, main rotor, hm.hmmmmmm.. smuanya normal OK.
Mulai dech , tangan kanan pegang starter, tangan kiri holding Main rotor, ......eitssssss kok main rotortnya gak mau lancar mundurnya....wah mulai timbul sedikit curiga.... main rotor sekali lagi dicoba putar ccw, kok rada seret ya....kayaknya terbang terakhir hari rabu yang lalu enteng aja tuch..... ach gak apalah, coba di start.... loh kok sedikit terasa di tangan kiri...seperti clutchnya nempel, throttle sedikit dinaikkan, kemudian start..... jreng..... engine bunyi.. tapi benar, rotor terasa langsung nyantol walaupun bisa ditahan, hmmmmmmmm, gak apa lah bawa ketengah.... letakkan dan begitu dilepas rotor langsung berputar, engine lansung naik rpmnya..... siiipppp.
Mulai dech terbang hover beberapa saat sambil observasi.. semua terasa normal.....ceklek idle up dinaikkan dan mulai fast forward.. kekhawatiran tadi langsung terhapus semua ... langsung mencova beberapa kali landing Auto...beberapa loop, kemudian landing auto lagi sampai fuel terlihat mulai menipis, sortie pertama sukses dengan landing yang mulus, diakhiri dengan engine mati normal.
B.e.r.s.a.m.b.u.n.g
Sore hari... hari Jumat kemarin, punya kesempatan pulang tepat waktu...h.e..he.. biasanya gak pernah bisa.... terus mulai ambil armada, tasi malam sudah dipersiapkan, semua battery sudah di charge, baik tx maupun Rx, sempat juga check dirumah mulai dari connecting linkage dihead assy, terus ke servo, hmmmmm semua normal.
Check putaran blade serrrrrr, wah aman....ok matikan rx, tx kemudian mulai dibereskan dan berangkan ke lapangan terdekat eng...ing eeeeeeengggg.... hati berbunga, bakalan terbanga agak lumayan nich, target untuk Outorotation landing hari ini harus selesai....
10 menit sampailah dilapangan. heli diturunkan fuel dipompa untuk memenuhi tanki di heli... hati bergumam mantap, cuaca juga mendukung banget....... angin bertiup sepoi sepoi ndak tahu kecepatan hembus angi berapa karena belum punya speedometer untuk angin...he..he..he.h.e.... Fuel sudah penuh.... kemudian Tx dinyalakan, Rx dinyalakan, naikkan heli meja, sambil berlari kecil menjauh..... gimbal dimainkan, sampai post diam sejenak (jarak post ini sekitar 100 m), sambil masih memainkan gimbal di Tx ( antenna full colaps) melihat dikejauhan gerakan mulai dari tail rotor, main rotor, hm.hmmmmmm.. smuanya normal OK.
Mulai dech , tangan kanan pegang starter, tangan kiri holding Main rotor, ......eitssssss kok main rotortnya gak mau lancar mundurnya....wah mulai timbul sedikit curiga.... main rotor sekali lagi dicoba putar ccw, kok rada seret ya....kayaknya terbang terakhir hari rabu yang lalu enteng aja tuch..... ach gak apalah, coba di start.... loh kok sedikit terasa di tangan kiri...seperti clutchnya nempel, throttle sedikit dinaikkan, kemudian start..... jreng..... engine bunyi.. tapi benar, rotor terasa langsung nyantol walaupun bisa ditahan, hmmmmmmmm, gak apa lah bawa ketengah.... letakkan dan begitu dilepas rotor langsung berputar, engine lansung naik rpmnya..... siiipppp.
Mulai dech terbang hover beberapa saat sambil observasi.. semua terasa normal.....ceklek idle up dinaikkan dan mulai fast forward.. kekhawatiran tadi langsung terhapus semua ... langsung mencova beberapa kali landing Auto...beberapa loop, kemudian landing auto lagi sampai fuel terlihat mulai menipis, sortie pertama sukses dengan landing yang mulus, diakhiri dengan engine mati normal.
B.e.r.s.a.m.b.u.n.g