


iwan21 wrote:Ada om, banyak :
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=606703
salah satu rumus online ini :
http://www.motocalc.com/
cuman kalo saya liat2 jadi rada ribet sebab kita mesti tau parameter motornya semua
paling aman ikut rekomendasi pabrikan motornya aja, atau kalo ada waktu ya bikin thrust stand ( suhu bli Ary pernah buat), dg menggunakan :
1. timbangan digital yg di bongkar dan sesnornya dipasang vertikal
2. watt meter
nanti bisa dicoba berbagai jenis prop sesuai data power dari motor ( ini yg jadi patoka awal, gak boleh melebih power maksimum motor) dan hasil thrust maksimal ( jadi kombinasi antara power dan thrust yg optimal, gak boleh timpang disatu sisi)
Budi wrote:cara paling cepat ialah:........... maap ..... tanya suhu Roji,![]()
![]()
![]()
kabuuuurrrr..........
btw, pemilihan propeller sangat terkait dengan pemilihan motor, dimana pemilihan motor sangat terkait dengan pemilihan pesawat, disamping itu pemilihan pesawat sangat terkait dengan pemilihan gaya terbang yang tentunya pemilihan gaya terbang sangat terkait dengan pemilihan karakter..........
jadi kesimpulannnya???????
(tetap tanya suhu Roji......)![]()
![]()
ampuuuunnnnnn![]()
![]()
![]()
iwan21 wrote:Budi wrote:cara paling cepat ialah:........... maap ..... tanya suhu Roji,![]()
![]()
![]()
kabuuuurrrr..........
btw, pemilihan propeller sangat terkait dengan pemilihan motor, dimana pemilihan motor sangat terkait dengan pemilihan pesawat, disamping itu pemilihan pesawat sangat terkait dengan pemilihan gaya terbang yang tentunya pemilihan gaya terbang sangat terkait dengan pemilihan karakter..........
jadi kesimpulannnya???????
(tetap tanya suhu Roji......)![]()
![]()
ampuuuunnnnnn![]()
![]()
![]()
terjadi disinformasi disini..![]()
lah saya juga selalu tanya ke suhu Budi, kok malah jadi kebalik ? hihihihihihhihiihii
Syafik wrote:suhu pada merendah... tapi setuju dg om christo... punya stok prop yg banyak dan variasi tinggal coba satu2 hehehe..