Page 1 of 4
Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 10:54
by serlata
permisi om2 moderator beserta suhu2 aeromodelling.
sblumny mohon maap klo dah pernah dibahas..
mhon pncerahanny suhu2, apa efekny bentuk2 psawat dengan karakterny, misal fuselage panjang dn pendek ap beda krkterny, bntuk syap, ukuran syap baik itu lebih lebar dr yg seharusnya ato lbih pnjang dr yg seharusny efekny jd apa
bbrapa bulan ini sy mulai mncoba bkin pswat dngan ilmu seadanya, yang penting bs terbang,,
ada baikny kan pemula seperti saya ini setlah jd pswatny setidakny bs memperkirakan karakterny sperti apa, biar peluang crashny jadi minim..pun jg sy buatny gk pake plan, jd cm modal nekat, biar kedepanny lebih baik,
monggo dishare suhu2,,
oiya yang dibahasny terlepas dari thrust motor, CG, sm kemampuan mtor servo dn elec lainnya ya...
terima kasih..
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:04
by yudhie
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:05
by joko
Maaf OOT yah...
Om Serlata kalau di Tegal, main dimana? boleh kalau lebaran kita terbang bareng dong...
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:06
by iwan21
Ini yg saya tau ( mohon koreksi kalo salah)
Panjang badan :
- makin panjang makin lurus terbangnya, tapi juga gak bisa panjang banget entar malah susah belok , patokan umun sih panjang badan = 75% panjang sayap
Panjang sayap
Makin panjang bentang sayap, makin pelan terbangnya sebab dragnya gede
patokan umum panjang sayap 125% panjang badan ( kesuali glider)
perbandingan panjang dan lebar sayap
kao ini biasa disebut aspect ratio, makin gede rationya makin gede glide rationya
patokan umum utk sayap non delta adalah antara 1:4 sampe 1:10 ( glider)
glide ratio : jarak luncur pesawat dibandingin penurunan ketinggian
misal disebut glide ratio 1: 1, artinya setiap pesawat meluncur (tanpa power) sejauh satu meter, maka penurunan ketinggian yg terjadi juga 1 meter
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:08
by iwan21
Kalo mau baca2, ini SUHU WR udah bikin tutorial praktisnya
viewtopic.php?f=45&t=32
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:13
by joko
Nambahin dikit ya suhu Iwan...
Kalau pesawat trainer yang mengedepankan faktor efisien dalam segi power dan performa, ada poin poin khusus, misalnya, ratio sayap adalah 1 : 6, jadi kalau lebar (chord) sayap 20 cm, idealnya panjang sayap 120 cm.
Yang musti ditentukan dulu, ya itu...sayap....
nantinya panjang/ luas sayap yang akan jd acuan kepada panjang fuselage, luas stabilo, luas fin...dsb.
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:14
by toto
Rumus Mathematik Model Pesawat
(
panjang badan = 75% panjang sayap) + (
panjang sayap 125% x panjang badan) =
panjang total jadi 200% entar kalau badannya terbang sambil narik sayap ya suhu ...............
salam
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:16
by NF
...ga melu melu.............

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:19
by iwan21
Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat
Posted: 12 Jul 2011, 11:22
by serlata
iwan21 wrote:Ini yg saya tau ( mohon koreksi kalo salah)
Panjang badan :
- makin panjang makin lurus terbangnya, tapi juga gak bisa panjang banget entar malah susah belok , patokan umun sih panjang badan = 75% panjang sayap
Panjang sayap
Makin panjang bentang sayap, makin pelan terbangnya sebab dragnya gede
patokan umum panjang sayap 125% panjang badan ( kesuali glider)
perbandingan panjang dan lebar sayap
kao ini biasa disebut aspect ratio, makin gede rationya makin gede glide rationya
patokan umum utk sayap non delta adalah antara 1:4 sampe 1:10 ( glider)
glide ratio : jarak luncur pesawat dibandingin penurunan ketinggian
misal disebut glide ratio 1: 1, artinya setiap pesawat meluncur (tanpa power) sejauh satu meter, maka penurunan ketinggian yg terjadi juga 1 meter
wah lgsg "case closed" nih klo Om Iwan21 dah turun..
diperpanjang deh topiknya ya suhu,, diatas kn cm contoh, maap ya suhu supaya bner2 lengkap.
lowwing, highwing gmn om? sy cm tauny highwing bwaanny keatas trus trbangny klo lowwing mauny dive trus? bner gak tuh om? sekali lg trlepas dr hal2 lain ya..
trus penempatan (aduh gak tau istilahny) syap blkg baik itu sejajar sm syap depan, diatas ato dibwh syap depan efekny apa ya om? dan patokany sejajar syap depan apa sejajar fuselage ato sejajar mtor (thrust 0)
dan lain2 yang bs dishare brkaitan topik monggo suhu, bner2 butuh nih nubi kyk sy..
@om Joko: wah lebaran sya malah pulang ke jakarta om.. hehe, kebalik ya..
sy biasa maen sih di Lapangan depan perum. Taman Sejahtera, Debong Lor Om, kali aj kpan waktu kesini,, butuh panduan nih dr suhu.. hehe
terima kasih..
