Page 1 of 3

beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 18:16
by anelah
Image

apa perbedaan propeller pada gambar dilihat dari bentuk ulirnya...
a. kiri ada tulisan GWS PE-7035
b. tengah ada tulisan PE-7060
c. kanan saya lupa dapat dari mana
ketiga propeller tsb memiliki ukuran panjang hampir sama.

ketiga propeller tersebut saya coba pada mini pesawat wayang. coba terbang berdiri 1 menit : menggunakan propeller b motor terasa paling panas dibanding dengan menggunakan propeller lainnya (a,c), pada ketiganya komponen lainnya tidak hangat sedikitpun.

Apakah harus menggunakan propeller yang lebih besar?

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 19:33
by toto
kenapa prop yg b) motor jadi panas jawabannya kalau enggak salah pitch nya kebesaran (6 derajad) sehingga membebani motor sedangkan prop a) pitch nya 3.5 derajad ada kemungkinan prop c) pitch nya bisa jadi lebih kecil dari 6 derajad juga om

kira2 begitulah deh yang kemungkinan bisa terjadi

salam

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 19:54
by ariebudi
toto wrote:..........kalau enggak salah pitch nya kebesaran (6 derajad) sehingga membebani motor ...................



maaf eyang suhu toto...6 derajat ato 6 inch/rotation... :? :? :?

salam
:thx :thx

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 20:26
by NF
:tlt ......
....yang " B " adalah propeller untuk 'slow flyer' yang menggunakan geared motor (motor dgn gigi reduksi) sedangkan "a" dan "C" adalah type DD atau Direct Drive (motor langsung memutar propeler) dan type "C" lebih cenderung ke 'scale'.

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 21:16
by phyque
NF wrote::tlt ......
....yang " B " adalah propeller untuk 'slow flyer' yang menggunakan geared motor (motor dgn gigi reduksi) sedangkan "a" dan "C" adalah type DD atau Direct Drive (motor langsung memutar propeler) dan type "C" lebih cenderung ke 'scale'.


pakdhe suhu NF, apakah prop slow flyer harus dengan gigi reduksi? soalnya saya langsung pasang aja ke shaft motor low kv. so far baik2 aja..
makasih

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 14 Sep 2011, 21:44
by toto
ariebudi wrote:
toto wrote:..........kalau enggak salah pitch nya kebesaran (6 derajad) sehingga membebani motor ...................



maaf eyang suhu toto...6 derajat ato 6 inch/rotation... :? :? :?

salam
:thx :thx


Itu terjemahan lanjutannya kalau si prop diputar 360 derajad, ini juga kalau enggak salah loh ..... :shy


Salam

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 15 Sep 2011, 05:26
by anelah
menurut info dari luar mengenai motor tsb dengan propeler 7035, salah satunya berbunyi: 'These are great for a 7 to 8oz 3D Plane'. Sedangkan berat pesawat wayang total saya tidak sampai 140 gram. Tapi memang motor tsb panas malah bau sangit (test terbang 1menit)

Small brushless outrunner.
Kv: 1700rpm/v
Weight: 16g
Voltage: 7.4v (2 cell Lipo)
Current: 6A
Suggested Propeller: 8x3.8
Thrust: 300g+

Bagaimana kalau menggunakan propeller 8038 seperti pada data diatas, apakah motor akan menjadi semakin cepat panas? :pyg

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 15 Sep 2011, 08:08
by iwan21
anelah wrote:menurut info dari luar mengenai motor tsb dengan propeler 7035, salah satunya berbunyi: 'These are great for a 7 to 8oz 3D Plane'. Sedangkan berat pesawat wayang total saya tidak sampai 140 gram. Tapi memang motor tsb panas malah bau sangit (test terbang 1menit)

Small brushless outrunner.
Kv: 1700rpm/v
Weight: 16g
Voltage: 7.4v (2 cell Lipo)
Current: 6A
Suggested Propeller: 8x3.8
Thrust: 300g+

Bagaimana kalau menggunakan propeller 8038 seperti pada data diatas, apakah motor akan menjadi semakin cepat panas? :pyg


pada saat kejadian bau sangit, pake batere liponya yg 2 sel apa 3sel?

ujung2nya kalo mau tau prop mana yg cocok buat motor mana, ya kudu punya Wattmeter juga

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 15 Sep 2011, 08:09
by toto
kalau informasi tersebut merupakan rekomendasi pabrik umumnya ya tidak menjadikan motor jadi panas om .............. :ide ...... nah kalau mau gaya terbang 3D umumnya memang menggunakan propeller dengan pitch kecil terus tambahan dikit ini yang saya perhatikan lagi kalau pakai prop dengan bilah lebar umumnya dipasangkan dengan motor ber KV rendah terus kalau KV nya tinggi bilahnya rada sempitan atau kecilan ................. kalau propeller untuk engine yang pernah saya lihat di buntut serinya ada tulisan misalnya 13x4W (wide) atau propeller dengan kode B kalau enggak salah (A untuk sport, B untuk 3D dan C untuk scale), kembali para suhu mohon koreksinya ya

salam

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Posted: 15 Sep 2011, 08:14
by anelah
iwan21 wrote:
anelah wrote:menurut info dari luar mengenai motor tsb dengan propeler 7035, salah satunya berbunyi: 'These are great for a 7 to 8oz 3D Plane'. Sedangkan berat pesawat wayang total saya tidak sampai 140 gram. Tapi memang motor tsb panas malah bau sangit (test terbang 1menit)

Small brushless outrunner.
Kv: 1700rpm/v
Weight: 16g
Voltage: 7.4v (2 cell Lipo)
Current: 6A
Suggested Propeller: 8x3.8
Thrust: 300g+

Bagaimana kalau menggunakan propeller 8038 seperti pada data diatas, apakah motor akan menjadi semakin cepat panas? :pyg


pada saat kejadian bau sangit, pake batere liponya yg 2 sel apa 3sel?

ujung2nya kalo mau tau prop mana yg cocok buat motor mana, ya kudu punya Wattmeter juga


pakai lipo 2cell 450mAh.
wattmeter? wah ini baru neh, coba plajarin dulu... tks.