justinus wrote: Kemarin, 26 April 2009, setelah diperbolehkan dokter, Shogun telah mengudara kembali.
Akhirnya Shogun kembali mengudara, sukses pa'de ya, ini cuman saran kalo bisa hovernya jangan tinggi-tinggi kasian sama yang motrek kemeng lehernya sama kalo rendah kan lebih bagus ada backgoundnya dedaunan ... he he he ... pokoknya sukses dan semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul potrek si shogun rudder nya sedang nyapu lapangan ...........
justinus wrote:Dalam keadaan stahl, satu2nya kontrol yang bisa dikendalikan cuma throttle. Oleh pilotnya di gas poll, waktu hidung menghadap kebawah. Akibatnya pesawat menghunjam bumi dengan derasnya.
Kata instrukturnya (bapaknya) yang ga jago dan ga pengalaman (cuma ngerti teori), seharusnya pesawatnya biarkan jatuh aja. Jangan di gas poll. (Ngomong setelah kejadian).
Ngerti ga p de?
Jangan Gas Poll, Rem Poll
ooo gitu.., klasik. itu yg suka kita bicaraken/bahas di Cibinong.., bail-out when panic. Cuma masalahnya itu kan keputusan split-second. Posisi nanggung atau tidak..., judgementnya gimana. Kalo masih tinggi, ya keputusan buka throttle bener juga toh... Kalo rendah banget.., ya iya, cut sekalian. Kalo nanggung..., naaah suka bingung.
...ya pilotnya disemangatin lagi, jangan malah dimarah. Ayo pakDe, dah ditunggu di Cibinong nih !
sebenarnya ada yang saya pelajari di Cibinong dari Suhu E7J, yaitu preventive act!
supaya nggak perlu bail out/panic, urutannya ialah throttle management temukan titik(throttle) untuk hanging setelah itu mata melototin lurus nya fuselage.....
kalau pesawat bolak balik cenderung oleng kekanan kekiri berarti rudder kurang aktif, kalo nunduk /ndangak, berarti elev, kalo cenderung torque roll/muter berarti aileron yg harus aktif........
dari beberapa temen yg suka prop hanging, pasti ada salah satunya yg menonjol(juga karena karakter pesawtnya)..........
toto wrote:Akhirnya Shogun kembali mengudara, sukses pa'de ya, ini cuman saran kalo bisa hovernya jangan tinggi-tinggi kasian sama yang motrek kemeng lehernya sama kalo rendah kan lebih bagus ada backgoundnya dedaunan ... he he he ... pokoknya sukses dan semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul potrek si shogun rudder nya sedang nyapu lapangan ...........
Tulang2nya kan belum sembuh betul. Itu aja baru belajar jalan.
Budi wrote: sebenarnya ada yang saya pelajari di Cibinong dari Suhu E7J, yaitu preventive act!
supaya nggak perlu bail out/panic, urutannya ialah throttle management temukan titik(throttle) untuk hanging setelah itu mata melototin lurus nya fuselage.....
kalau pesawat bolak balik cenderung oleng kekanan kekiri berarti rudder kurang aktif, kalo nunduk /ndangak, berarti elev, kalo cenderung torque roll/muter berarti aileron yg harus aktif........
dari beberapa temen yg suka prop hanging, pasti ada salah satunya yg menonjol(juga karena karakter pesawtnya)..........
Terima kasih tips nya. Moga2 bisa bedili seperti om Budi...