THR dan PIT Curve

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

pak kresna...klo ketimika bawa Trexnya nanti saya coba bantu permasalahan yang anda alami.
udah lama nich nggak ke timika...!!!!???
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

Reva wrote:
ubah nilai swashmix AFR, sbb:
AIL +40
ELE -40
picth tetep, kecuali picth max/min gak sampe...


Om Reva, Thanks. sudah saya rubah sesuai petujuk dan sekarang sudah lumayan sesuai harapan .... tinggal penyesuaian saja...... dan yg lebih penting jadi tambah ilmu Swash AFR .... :bow:

Settingan swash AFR menjadi :
AIL +35
ELE -35
PIT -60
THR Curva = 0, 40, 50, 75, 90
PIT Curva = 55, 65, 75, 85, 95
PIT Angle = ... ? (sepertinya sih standar pemula, di SE ngak ada petunjuk angka seperti di XL)

Khusus PIT (Swash AFR) maksimal bisa sampai berapa% (plus/minus) :
- PIT -50% ngak ngangkat,
- PIT -60% ngangkat tapi kurang rasanya (perbandingan dg Trex XL saya) dan helinya gampang naik turun sendiri, dalam posisi THR ± 75% yg berarti PIT = 85 .... tapi heli bisa naik turun sendiri bahkan sampai menyentuh landasan, padahal powernya stabil/normal :-k


Kira2 PIT (Swash AFR) masih bisa ditambah lagi sampai berapa % ... supaya daya angkat heli menjadi lebih baik dan stabil (ngak naik turun sendiri) .... :-k
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

untuk heli naik turun sendiri berarti PITCH curve kurang benar
coba periksa lagi dengan pitch gauge, low posision stick trottle, mid dan full trottle-->dapet berapa sudutnya.
coba pake
LOW = -3 / -4
MID = +4 / +5
FULL =+9 / +10

point 1= low
ponit 2= low + mid : 2
point 3= mid
point 4= mid + full : 2
point 5= full

ato bikin pitch curva menjadi huruf V
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

Tralala wrote:

point 1= low
ponit 2= low + mid : 2
point 3= mid
point 4= mid + full : 2
point 5= full

ato bikin pitch curva menjadi huruf V


yang dimaksud point 1 s/d 5 itu THR curva .... ?

Bikin PIT Curva huruf "V" ........ ? :-k :-k
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

kresna wrote: Om Reva, Thanks. sudah saya rubah sesuai petujuk dan sekarang sudah lumayan sesuai harapan .... tinggal penyesuaian saja...... dan yg lebih penting jadi tambah ilmu Swash AFR .... :bow:

Settingan swash AFR menjadi :
AIL +35
ELE -35
PIT -60

THR Curva = 0, 40, 50, 75, 90
PIT Curva = 55, 65, 75, 85, 95
PIT Angle = ... ? (sepertinya sih standar pemula, di SE ngak ada petunjuk angka seperti di XL)

Khusus PIT (Swash AFR) maksimal bisa sampai berapa% (plus/minus) :
- PIT -50% ngak ngangkat,
- PIT -60% ngangkat tapi kurang rasanya (perbandingan dg Trex XL saya) dan helinya gampang naik turun sendiri, dalam posisi THR ± 75% yg berarti PIT = 85 .... tapi heli bisa naik turun sendiri bahkan sampai menyentuh landasan, padahal powernya stabil/normal :-k


Kira2 PIT (Swash AFR) masih bisa ditambah lagi sampai berapa % ... supaya daya angkat heli menjadi lebih baik dan stabil (ngak naik turun sendiri) .... :-k


Om kresna kalo boleh koreksi setting swash AFR spt diatas adalah salah +/- disitu = kalo kita operasikan reverse/normal servo......sedangkan nilainya sendiri harus sama satu dgn lainnya......ingat bung ini heli CCPM(cyclic collective pitch mixing)......jd gerak ketiga servo harus selalu serentak utk urusan pitch (+/-)......kalo anda berikan nilai swash AFR berbeda saya ragu heli akan terbang bener.....coba anda gerakkan throttle stick full position pasti swashplate akan menceng......tempo hari waktu ada event di Bandung saya coba intip settingan Nigel brown untuk urusan AFR ini ternyata settingan dia utk Trex 600nya +/- 68%.....sdgkan settingan utk trexku sendiri +65% (all AIL,ELE,PIT = +65% tergantung cara mounting servo di framenya).....utk throttle curve saya kira sdh bener.....ok mudah2 bisa sedikit membantu......saat ini sdh keluar produk trex 450SE v2
Last edited by ferry on 04 Mar 2007, 05:22, edited 1 time in total.
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

kresna wrote:
yang dimaksud point 1 s/d 5 itu THR curva .... ?

Bikin PIT Curva huruf "V" ........ ? :-k :-k


1 s/d 5 itu PIT curve, coba anda buka menu PIT-CURVE
dalam posisi normal atau idle anda akan menemui
POINT 1>
2>
3>
4>
5>
sorry masud saya garis miringn.....
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Post by kresna »

ferry wrote:
Om kresna kalo boleh koreksi setting swash AFR spt diatas adalah salah +/- disitu = kalo kita operasikan reverse/normal servo......sedangkan nilainya sendiri harus sama satu dgn lainnya......ingat bung ini heli CCPM(cyclic collective pitch mixing)......jd gerak ketiga servo harus selalu serentak utk urusan pitch (+/-)......kalo anda berikan nilai swash AFR berbeda saya ragu heli akan terbang bener.....coba anda gerakkan throttle stick full position pasti swashplate akan menceng......tempo hari waktu ada event di Bandung saya coba intip settingan Nigel brown untuk urusan AFR ini ternyata settingan dia utk Trex 600nya +/- 68%.....sdgkan settingan utk trexku sendiri +65% (all AIL,ELE,PIT = +65% tergantung cara mounting servo di framenya).....utk throttle curve saya kira sdh bener.....ok mudah2 bisa sedikit membantu......saat ini sdh keluar produk trex 450SE v2


Aslinya swash AFR saya semua +/- 50% ...... tapi : AIL dan ELE nya terlalu responsif ....... setelah dikurangi menjadi +/- 40% menjadi agak lumayan. Tapi PIT-nya kalo ngikuti ELE dan AIL dikasi 40% maka heli ngak bisa terbang (sampai full THR, heli hanya naik ngak lebih dari 10 cm).

....... kalau semua (AIL, ELE, PIT) disamakan menjadi +/- 60% atau lebih .... saya ngak bisa mbayangin bagaimana cepatnya respos dari AIL/AIL ....... :-k :-k ........ kemampuan saya mengendalikan heli belum sampai dilevel itu .... (mungkin sebenarnya inilah masalah yg paling utama ..... hehehe).

Tapi Biar bagaimanapun juga kayaknya saya harus coba menyamakan nilai ELE, AIL, PIT menjadi diatas 60% ...... mudah2an ngak langsung crash ...... [-o< [-o<

(Heli ini sebelumnya disetting dg Futaba 6 CHP .... normal tapi memang agak resposif........... kemudian saya ganti radio pake Futaba 9 CHP ....... timbul masalah seperti diatas antara ELE/AIL vs PIT ..... #-o #-o )
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Re: ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Post by Tralala »

kresna wrote:Aslinya swash AFR saya semua +/- 50% ...... tapi : AIL dan ELE nya terlalu responsif ....... setelah dikurangi menjadi +/- 40% menjadi agak lumayan. Tapi PIT-nya kalo ngikuti ELE dan AIL dikasi 40% maka heli ngak bisa terbang (sampai full THR, heli hanya naik ngak lebih dari 10 cm).

pak kresna untuk PIT jangan mengikuti AIL dan ELEV
karena PIT adalah yang bikin kemiringan blade + dan -
contoh :
ELE 40%
AIL 40%
PIT tergantung kita mau trotle posisi di mana heli bisa mabur, mungkin 1/4 ato 1/5 trottle itupun harus seimbang dengan THR curve anda....
makanya perlu pitch gauge untk mengukur PIT....
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Post by ferry »

@Bung Kresna......kayaknya kita bicara pada 2 hal yg berbeda walaupun keduanya harus ada untuk setting heli "CCPM".....hal ini jadi rancu kalo disatukan pengertiannya:
1.swash AFR....fitur ini keluar hanya bila anda pilih TX mode SR-3
2.Throttle dan Pitch curve.....fitur ini keluar pd setiap setting heli apapun jenis swahplate yg standart atau 120 deg type


Berbeda bila anda setting raptor krn dgn type swashplate standart maka fitur swash AFR tidak akan muncul krn anda set pada SWH1 .....

Persoalannya bila anda sdh biasa terbang aerobatic atau 3D swash AFR 30~40% amatlah kurang bisa2....waktu anda roll akan menggerakkan stick AIL 2x utk merubah keadaan dari normal ke inverted.....apa gak menyulitkan?.......saran saya kalo ini belum memberikan pencerahan cobalah pahami instruction manualnya dgn paham dan mencoba di heli anda......saya kira akan lebih menyenangkan bisa otak-atik daripada hanya bisa sekedar terbang "believe me!"......setau sy komunitas heli freak di daerah anda sangat sedikit shg sharing pengalaman sangat terbatas......semoga bisa sedikit membantu :-k
Post Reply