mohon bantuan HK Piper J3 cub

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah... :whoaa :whoaa
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini
:thx :thx
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by iwan21 »

adityabizz wrote:
om iwan, ini pesawat nya kan pke aileron, mungkin ga ya kalo pas berusaha untuk terbang lebih tinggi ga sengaja nggerakin aileron nya, jadinya guling kanan / kiri...?? nebak" aja sih.. :pis



kalo terbang lebih tinggi kan asumsinya pake elevator om
User avatar
adityabizz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 216
Joined: 01 May 2012, 22:39
Location: purworejo-Jateng

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by adityabizz »

0ooooo.....yayaya hehehehe
om abdinik coba pke pesawat yg kecil2an dl ukuranya macam keluaran nine eagle , kl jatuh ga parah2 amat rusaknya :pis
User avatar
fadliray
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 759
Joined: 09 Jun 2011, 20:22
Location: CIKEAS-CIBEUREUM / PP

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by fadliray »

Abdinik wrote:kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah... :whoaa :whoaa
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini
:thx :thx


jgn2 kena cross wind ga om??
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

fadliray wrote:
Abdinik wrote:kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah... :whoaa :whoaa
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini
:thx :thx


jgn2 kena cross wind ga om??

perkiraan awal saya seperti itu om, cross wind
tapi di bawah saya rasa angin tidak begitu kencang, tapi di atas mungkin juga...tapi ketinggian baru +/-4m
terima kasih suhu atas masukannya...
:thx
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by ipin17 »

Rasanya pesawat ini karakternya mirip dengan fms big cessna, high wing tanpa dihedral, bedanya hanya piper j3 adalah tail dragger, benar gak?.

Seperti big cessna, pesawat ini float nya bagus, namun hati2 saat take off, jangan angkat elevator terlalu cepat walaupun sudah full throttle, apabila daya angkat msh belum cukup namun sudah dipaksa naik, memang dia akan naik, namun cenderung akan stall ke kiri atau ke kanan, untuk pilot yang mahir dengan koreksi aileron masih bisa naik walaupun sempoyongan, namun untuk pilot yang belum pengalaman hanya satu hasilnya, crash...

Solusinya cuman satu, biarkan dia rogging dulu dengan kecepatan full sampai kira2 cukup gaya angkat lalu naikkan elevator secukupnya sudah itu aja, bisa juga dilempar dengan kekuatan sedang dalam keadaan full throttle dengan sudut agak mendongak keatas sedikit saja, sisanya fun....fun....fun...
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by topankaltim »

:deal

Betul Suhu...itu tipikal banyak pesawat take off yang kurang daya angkat (lift) dipaksakan airborne akan berakhir wing tip stall walaupun power sudah digeber full, tapi kalo speed belum dapat pasti akan terjadi juga. TB 20 pun pernah saya uji coba dengan trotel kurang, saya paksa airborne akan cenderung mlintir kanan atau kiri, itu pun berlaku ketika landing flare speed..kalo dipaksa naik lagi...pasti akan terjadi mlintir juga..kayaknya memang sudah hukum alam :shy

semoga tidak salah he..he...
salam
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by topankaltim »

nah ..sekarang yang menjadi pertanyaan....
gimana ya tahu kecepatan berapa itu pesawat udah bisa airborne atau belum?udah siap bisa di pencet itu gimbal elevator atau belum?

kalo saya.. ini kalo saya loh ya...newbie forever...jika memang belum tahu sama sekali karakter pesawat dan power yang di miliki...biasanya saya trim sedikit elevatornya agak mendongak sedikit(ilmu kira kira :shy ) dan saya rogging full...selanjutnya saya biarkan itu pesawat airnborne sendiri...didapat kira kira berapa meter ngabisin lapangan ketika roda pesawat udah tinggal landas...sebelum lokasi itu yang saya tandai sebagai awal pencet gimbal elevator...yah..selisihnya gak jauh jauh amat biasanya..he...he...maklum ilmu sotoy..tapi yang penting tip stall yang bikin puyeng tidak terjadi..deket ground gicu loh....susah recoverynya..he..he...
salam
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by ipin17 »

Menurut pengalaman saya sih, setelah beberapa detik rogging dengan kecepatan penuh, dengan bantuan elevator up sedikit saja, itu pesawat sudah naik, biarkan naik terus dalam keadaan full speed dengan menambah elevator sedikit, insya allah gak akan tip stall. Stall terjadi kalau baru saja pesawat lari full speed trus elevator up terlalu besar atau bahkan gimbal elevator di tarik full, yang lebih parah baru aja lari sudah full up elevator, pasti naik, tapi ..... :pyg
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by toto »

selamat siang .... pemula ingin bagi pengalaman nih mohon maaf kalau tidak tepat apalagi salah .... ini juga saya loh yg masih pemula untuk memperhatikan apakah pesawat sudah mendapatkan lift yg cukup kalau diperhatikan keliatan dari pesawat gerakannya lebih enteng dengan diwakili akselerasinya yang nambah dengan posisi throttle yang sama .... kira2 gitu deh bener enggak sih ya. ...... :shy ..... mohon koreksinya para suhu nih




salam
Post Reply