sprajarta wrote:Waduh cepat sekali ada respon...
Selamat berpuasa jg yha pak suhu... mohon maaf lahir & bathin...
Ditunggu Minggu pagi ya Suhu , nganu takut salah masang talinya yang dimaksud suhu . . .

sprajarta wrote:Waduh cepat sekali ada respon...
Selamat berpuasa jg yha pak suhu... mohon maaf lahir & bathin...

BZ123456 wrote:saya pagi...

SUPRI wrote:
![]()
![]()
yang lagi jadi "pilot of the month", harap bersabar diri dan tabah hati...


BZ123456 wrote:Kalo menurut peta google, jarak terpanjang lapangan adalah north-south karena merupakan panjang lapangan bola. Tapi saran saya ini hanya dipakai take off saja ke heading 180 atau kalau mau miring ke 210. Sedangkan untuk landing bisa pake landasan 090 atau270, untuk menghindari gagal landing supaya gak ngarah ke penonton.

iwan21 wrote:Biasanya yg udah2 puasa terbang sore ( Sabtu sore) cuman saya, pak Supri dan pak Aris aja, di MGT, kadang pak GM juga hadir


SUPRI wrote:iwan21 wrote:Biasanya yg udah2 puasa terbang sore ( Sabtu sore) cuman saya, pak Supri dan pak Aris aja, di MGT, kadang pak GM juga hadir
sip, sabtu sore terbang di mgt2 ya...,

sprajarta wrote:jakatawakalna wrote:iwan21 wrote:InsyaAllah mulain minggu besok di Cibeureum, kita akan adain semacem briefing dulu deh sebelum terbang , kira2 menurut saya intinya yg ini:
1. Pemahaman keselamatan, baik pilot, penonton , property dan juga lingkungan
2. Pemahaman Pre flight check
3. Arah take-off, landing, daerah terbang
4. Tatacara terbang bersama, mana yg mesti didahuluin, mana yg gak boleh diganggu
Mohon para suhu ditambahkan mana2 yg penting kita perhatikan bersama, demi keselamatan dan keamana bersama
Setuja Suhu....![]()
Selama sy terbang di Cibereum rulenya belum pernah didiskusikan, terutama safety. Sy dan Pak Supri pernah brol obrol, memang sebaiknya segera untuk didiskusikan.
Lapangan Cibereum merupakan ruang terbuka, dgn lalulintas pelintas yg bisa datang dari segala arah, terutama pd hari minggu dipenuhi pelintas bersepeda.
Karena tdk ada runway yg menjadi tempat takeoff dan landing, maka perlu dibuat line imaginer yg disepakati bersama untuk arah takeoff dan landing, posisi pilot dan penonton.
Tidak peduli model elektrik atau engine, baik kecil atau besar, semua tetap berpeluang kecelakaan, terutama saat hilang kendali akibat kerusakan sistim kontrol.
Safety First, RC not Toys, Preflight Check before Take Off, donot flying alone, dan kalimat2 lainnya yg sering disebut di forum tercinta ini yg ditujukan untuk keselamatan, namun kadang kita msh menyepelekan kalimat tersebut.
Semoga kedepannya kita semua terhindar dari kecelakaan dan dapat menikmati hobi ini dgn aman dan nyaman.
Selamat berpuasa...mhn maaf lahir dan batin..
Selamat berpuasa juga Suhu, mohon maaf lahir & bathin....
Menambahkan sedikit sj yg saya cetak tebal merupakan kunci juga untuk keselamatan karena pesawat pada saat take off & landing bisa terarah dan otomatis meminimkan terjadinya kecelakaan.
Disamping itu juga kalau kita terb di tempat lain yg sdh ada runwaynya tidak akan kagok lg krn sdh terbiasa mengarahkan pesawatnya pada line yg sdh ditentukan.
Dulu sblm VMG dibuatkan runway (RUNWAY KAPAL INDUK)kita jg biasa tarik tali ravia utk patokan meluruskan pesawat pada saat akan take off & landing.
Salam....


SUPRI wrote:iwan21 wrote:Biasanya yg udah2 puasa terbang sore ( Sabtu sore) cuman saya, pak Supri dan pak Aris aja, di MGT, kadang pak GM juga hadir
sip, sabtu sore terbang di mgt2 ya...,