Salam
bisa ngirit lipo ?
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: bisa ngirit lipo ?
Eh ho oh tadi maksudnya mau nulis heli kok jadi pesawat ..... Tapi ya gimana lagi sudah kadung di tulis dan sudah banyak yg jawab jadi sekarang enggak tegang lagi nunggu jawaban yg paling ces pleng, tapi kalau bisa saya simpulkan nanti kalau mau nerbangin heli kalau setting dan ratio gear dan blade udah paling ocay tinggal terbang dilarang keras apa itu nganu tapi yg sopan2 aja dan lakukan hover nya split second aja .... Jadi kunci terakhir ya tetap gaya menerbangkannya ... Kira2 gitu enggak ya para suhu heli .....
Salam
Salam
- ayung_bjm
- Senior Master Sergeant

- Posts: 641
- Joined: 25 Jan 2007, 00:17
- Location: banjarmasin
- Contact:
Re: bisa ngirit lipo ?
Kalo menurut pengertian saya, hemat lipo = waktu terbang lebih panjang. Kalo gampang nya, saya menaikkan kapasitas lipo nya om. Misal di T500 saya semula pakai lipo 6cell 2600mah, menjadi 3300mah (dengan sedikit modifikasi frame) waktu terbang jadi lebih lama. Karena lipo yg ada dipasaran bermacam2 kapasitas (mah) dan daya sembur (C). Saya bisa memilih untuk heli patroli, saya akan menggunakan lipo dengan mah tinggi tapi C lebih rendah. Kalo heli 3D, saya akan memilih C besar dengan mah secukupnya spt rekomendasi pabrik.
Dan penggunaan governor sepertinya membantu mengefisiensikan daya lipo.
Mudahan benar dan bisa membantu om
Dan penggunaan governor sepertinya membantu mengefisiensikan daya lipo.
Mudahan benar dan bisa membantu om
- panjitohaga
- Staff Sergeant

- Posts: 265
- Joined: 14 Aug 2011, 06:23
- Location: Melbourne, AUS
Re: bisa ngirit lipo ?
bonojoker wrote:Begitu ya Om...![]()
Untuk mengecilkan RPM, gear pinion nya harus lebih banyak kah
misalnya dari 11 di naik kan menjadi 13
kemudian untuk celah antara pinion dan gear berapaan ya Om ?
lebih rapet atau renggang
ideal ny brp![]()
jika diperlakukan untuk heli 450
dengan motor dan nilai throttle yg sama, kalo pinion lebih besar berarti RPM lebih tinggi. Nurunin RPM kan bisa dari setingan throttle, jadi banyak orang yg pengen low headspeed (tanpa governor) dengan ngeset nilai throttle yg rendah tapi nilai throttle yg rendah malah bisa ngga efficient karena bisa menyebabkan ESC dan motor gampang panas.
Motor dan ESC biasanya lebih efficient di angka mendekati 100% throttle, coba kita ambil contoh heli kelas 450 kaya punya om bonojoker, untuk mendapatkan headspeed sekitar 3000rpm:
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 11t = angka throttle diset disekitar 95%
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 14t = angka throttle diset disekitar 74%
(biar gampang pakai HS calculator di http://www.readyheli.com/headspeed-calculator.html)
kalo saya cara ngeset celah pinion + main gear (gear mesh): ketika pinion sudah di tempelkan ke main gear, putar main gear nya sampai nemu posisi gigi main gear yg paling rapat dengan pinion ini dilakukan karena biasanya main gear tidak 100% sempurna bundar jadi setiap posisi bisa berbeda kerapatannya .
Posisi ini dijadikan referensi (tandain pakai spidol) dan diposisi itu di set celahnya dengan merubah posisi pinion/motor sampai cuma ada sedikit sekali celah (di tes dgn di pegang motornya trus putar main gear nya ke depan belakang).
Beberapa orang ada yg pakai secarik kertas trus di masukin di antara celahnya itu untuk ngecek segimana rapat/renggang celahnya - untuk ini bisa coba cari di youtube karena biasanya lebih jelas kalo dilihat langsung om.
semoga membantu om dan silahkan di koreksi
- andryan pratama
- Staff Sergeant

- Posts: 283
- Joined: 11 Jul 2012, 20:55
- Location: Purwakarta
Re: bisa ngirit lipo ?
KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
ikutan nangkring juga aahhh

- doditsky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 612
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: bisa ngirit lipo ?
panjitohaga wrote:Heli nya apa om?
Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.
Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.
Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:
1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang
dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)
Om Panji....ini yang sejak dulu saya bingung ( hehehe sampai sekarang belum terjawab...karena nggak nanya kali ya )...gimana caranya mengetahui rpm buat hely...kalo dipesawat saya pakai rpm meter yang biasa saya hadapkan di depan propeler...kalo hely saya bingung nih....masak dari atas ...hehehe ....gimana suhu caranya
- andreas13
- Chief Master Sergeant

- Posts: 816
- Joined: 12 Oct 2010, 01:22
- Location: ((..(ungaran)..))
Re: bisa ngirit lipo ?
panjitohaga wrote:
dengan motor dan nilai throttle yg sama, kalo pinion lebih besar berarti RPM lebih tinggi. Nurunin RPM kan bisa dari setingan throttle, jadi banyak orang yg pengen low headspeed (tanpa governor) dengan ngeset nilai throttle yg rendah tapi nilai throttle yg rendah malah bisa ngga efficient karena bisa menyebabkan ESC dan motor gampang panas.
Motor dan ESC biasanya lebih efficient di angka mendekati 100% throttle, coba kita ambil contoh heli kelas 450 kaya punya om bonojoker, untuk mendapatkan headspeed sekitar 3000rpm:
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 11t = angka throttle diset disekitar 95%
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 14t = angka throttle diset disekitar 74%
(biar gampang pakai HS calculator di http://www.readyheli.com/headspeed-calculator.html)
kalo saya cara ngeset celah pinion + main gear (gear mesh): ketika pinion sudah di tempelkan ke main gear, putar main gear nya sampai nemu posisi gigi main gear yg paling rapat dengan pinion ini dilakukan karena biasanya main gear tidak 100% sempurna bundar jadi setiap posisi bisa berbeda kerapatannya .
Posisi ini dijadikan referensi (tandain pakai spidol) dan diposisi itu di set celahnya dengan merubah posisi pinion/motor sampai cuma ada sedikit sekali celah (di tes dgn di pegang motornya trus putar main gear nya ke depan belakang).
Beberapa orang ada yg pakai secarik kertas trus di masukin di antara celahnya itu untuk ngecek segimana rapat/renggang celahnya - untuk ini bisa coba cari di youtube karena biasanya lebih jelas kalo dilihat langsung om.
semoga membantu om dan silahkan di koreksi
mau ikutan bertanya kalau buat terbang heli scale misalkan untuk kelas 450 bagusnya diset disekitaran berapa RPM agar terbangnya bisa dapat waktu maximal mengingat dengan penambahan fuselage maka akan tambah berat...
satu lagi di ESC saat pakai program card biasanya ada menu governor pengaruhnya apa kalau di off dan di on?
Last edited by andreas13 on 22 Feb 2013, 07:56, edited 1 time in total.
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: bisa ngirit lipo ?
andryan pratama wrote:KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
ikutan nangkring juga aahhh
- anelah
- Senior Master Sergeant

- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: bisa ngirit lipo ?
tidak ada penambahan atau penggantian komponen, sebab disini yang dicari adalah settingan maksimal dengan apa yang sudah ada.
kalau throttle kurve dibatasai misalnya sampai maksimal 80% dan pitch disetting masih tetap pada range -11deg s/d +11deg, apakah disini ada yang salah? tentu saja disini heli harus masih bisa terbang normal, nggak pakai ngangguk2 dan atau geleng2 (bukan heli dugem)...
kalau throttle kurve dibatasai misalnya sampai maksimal 80% dan pitch disetting masih tetap pada range -11deg s/d +11deg, apakah disini ada yang salah? tentu saja disini heli harus masih bisa terbang normal, nggak pakai ngangguk2 dan atau geleng2 (bukan heli dugem)...
- anelah
- Senior Master Sergeant

- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: bisa ngirit lipo ?
Maria Nindhya wrote:andryan pratama wrote:KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
ikutan nangkring juga aahhh
ikut nangkring juga sambil menyimak.. eh, ada gorengan.. mau ?.. he.. he.. he..
banyak yang nangkring... ada singkong goreng. mau dung....
- sahid
- Lieutenant Colonel

- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: bisa ngirit lipo ?
anelah wrote:
maksudku...
putaran motor berbanding dengan throttle, sesuai throttle curvenya. kalau rpmnya sudah tinggi (artinya boros di lipo) tapi sudut pitch belum tepat, sesuai pitch curve, heli tidak akan naik bukan. pitch curve mengikuti manual. nah kalau rpm nya sudah tinggi (dari suaranya lho, nggak pakai alat ukur) dan pitch masih dibawah 0deg, suaranya melengking (boros di lipo kan?) gimana cara settingnya.
kalo ini yg dimaksud...tinggal naikkan pitch aja pak dg setting pitch di tx, shg ketika suara sudah melengking spt yg bapak maksud heli sudah bisa hover hover ( tidak sia-sia melengking tapi helinya masih di tanah
mungkin ini maksud pak ane ya...mhn maaf kalo tdk pas dugaan saya..