Syafik wrote:Mohon saran para suhu... apakah posisi motor perlu diberi down/up thrust ya? secara itu motor hampir sejajar dengan sayap dan elevator
Kalau posisi motor diatas sayap harusnya dikasih up thrust om. Kalau sejajar sih gak perlu, seperti di WD. itu dari pengalaman saya om. Tks.
sejajar itu bisa diatas bisa dibawah , nah saya rasa yg dimaksud om Charles itu segaris ya? kalo pusher dg motor didepan atau dibelakang CG : 1. diatas sayap, motor mendangak (gak berlaku buat motor dihidung yg tetep kudu nunduk) 2. segaris sayap, motor lurus 3. dibawah sayap, motor nunduk
Kalo saya ngetes nya gini 1. pegang motor pada posisi CG 2. naikin throttle dikit2 3. liat kecenderungannya, negdangak apa nukik pesawatnya 4. tinggal koreksi dikit2 dudukan motornya
Motor madep atas di pusher itu sebenernya down thrsut lho, bukan up thrust
Kalo saya pernah coba2 rubah posisi motor di bixler saya,... saya buat agak datar gak dongak kaya aslinya,... maksud hati biar bsa tambah ngebut,gak tau nya malah nose bixler saya slalu pengen mencium tanah air...
ahmadbenny wrote:Kalo saya pernah coba2 rubah posisi motor di bixler saya,... saya buat agak datar gak dongak kaya aslinya,... maksud hati biar bsa tambah ngebut,gak tau nya malah nose bixler saya slalu pengen mencium tanah air...
adityabizz wrote:kesimpulannya berlawanan ama motor yg ada di hidung ya?? pusher posisi motor dibikin lurus/nunduk bikin nukik. mksih info2nya
liat arah anginya om, sama, gak berlawanan posisi didepan/traktor, motor nunduk, angin ke arah atas posisi dibelakang atas sayap/pusher, motor mendangak, angin kearah atas