Permisi Suhu Suhu Aero di Seluruh Indonesia tercinta,
mohon bantuannya untuk menganalisa Flying wing Om Hutomo di bawah kenapa ya tidak mau airborne dengan mulus. Setiap mau take off cuma bertahan sebentar di udara (hanya ketika elevator ditahan saat airborne dan langsung nyungsep vertical kayak keberatan depan gitu). berikut ini penampakan mahluk supernya dan berikut ini plannya
Terima kasih atas bantuan dan pencerahan dari Suhu Suhu semua
Divideo om topan...kadang2 persepsi kita berbeda...kata sebentar itu mungkin bisa lama buat yang lain...eh.. auw dan spek kalo disertakan mungkin bisa dianalisa suhu suhu di gaero.....mode ingin lihat videonya :ON....
melu ndodok ah... kalo saya trawang dari sini spt nya CG nya belum tepat alias sangat berat depan..coba ukuran batt nya di kurangi dan posisinya di mundurkan tepat di belakang motor...kalo bisa rodanya dilepas saja
andreas13 wrote:kalau menurut saya CG yang 22 cm itu terlalu kebelakang jadi terlalu tail heavy ... dari perhitungan cg antar 17-18cm dari depan .....
jadi sepertinya batre atau depan harus lebih berat ... atau motor dimajuin lagi ...
mohon koreksi kalau salah
kurang om, root chord nya tambah 6 cm lagi, kan itu ada elevon yg lebarnya 6cm, jadi root chordnya 38,5 , bukan 32,5 cm
siap suhu hehehehehehe... karena dari pengalaman awalnya lebih baik nose heavy dulu daripada tail heavy ... mungkin kalau 17cm terlalu berat depan bisa di mundurkan beban untuk dapat yang PAS sampai ke 19cm...
@ andreas ...Lah...katanya dia begitu mencapai V1 ( lepas landas ) harus nahan elevator terus ( up ) artinya pesawat itu terpelanting karena pilot kesulitan mengendalikan unit karena beban yg tidak rata dan hambatan aliran udara karena elevator terus terangkat... analisa saya nose heavy alias berat depan...dari pengalaman saya jarang di temui jenis flywing itu tail heavy..
om..FW Beda 1 cm aja cg nya rasa nerbanginnya antara langit ama bumi.. awal2..test lempar glide aja dulu om..tanpa power.. trus siap2 ada copilot buat ngetrim secara ekstreem..kalo gaya FW pas diudara kaya pesawat ngamuk.. umumnya FW tail heavy karna utk menyesuaikan cg batre harus bener2 mojok kedepan / menggunakan batra yg ekstra besar/ berpenumpang besar..