Cibereum 02/06/2013

Moderators: newfly, SUPRI

User avatar
Kresna88
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 160
Joined: 31 Oct 2012, 18:06

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by Kresna88 »

iwan21 wrote:
Image



Waah... Ini Decathlonnya om Supri ya..

Kenapa bisa kayak gini Pakde..? :kgt
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by iwan21 »

Kresna88 wrote:

Waah... Ini Decathlonnya om Supri ya..

Kenapa bisa kayak gini Pakde..? :kgt


Pak Supri aja ya yg ceritain, saya pas kejadian cuman bisa teriak2 panik doang
User avatar
ekoagung
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 51
Joined: 01 Sep 2010, 02:53

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by ekoagung »

Iya Oom, pengen tahu review kejadian crash'nya.
Saya mengalami hal yang sama.
Pesawat tiba2 menukik muntir2 nggak bisa dikendalikan, dan menhujam tanah, hidung duluan.
Kenapa ya? Apakah itu karakteristik Decathlon?
(Saya pakai engine OS 55AX)
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by iwan21 »

ekoagung wrote:Iya Oom, pengen tahu review kejadian crash'nya.
Saya mengalami hal yang sama.
Pesawat tiba2 menukik muntir2 nggak bisa dikendalikan, dan menhujam tanah, hidung duluan.
Kenapa ya? Apakah itu karakteristik Decathlon?
(Saya pakai engine OS 55AX)


Sama om kejadiannya kalo saya liat, rasanya spek engine juga sama
User avatar
Kresna88
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 160
Joined: 31 Oct 2012, 18:06

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by Kresna88 »

iwan21 wrote:
ekoagung wrote:Iya Oom, pengen tahu review kejadian crash'nya.
Saya mengalami hal yang sama.
Pesawat tiba2 menukik muntir2 nggak bisa dikendalikan, dan menhujam tanah, hidung duluan.
Kenapa ya? Apakah itu karakteristik Decathlon?
(Saya pakai engine OS 55AX)


Sama om kejadiannya kalo saya liat, rasanya spek engine juga sama



Kalau karakteristik decathlon sih saya rasa nggak ya, mungkin mslh di elektriknya (tx, rx, servo) soalnya saya punya decathlon WS 2M engine cut off aja masih bisa diselamatkan krn msh bs melayang layang spt glider..
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by iwan21 »

Kresna88 wrote:Kalau karakteristik decathlon sih saya rasa nggak ya, mungkin mslh di elektriknya (tx, rx, servo) soalnya saya punya decathlon WS 2M engine cut off aja masih bisa diselamatkan krn msh bs melayang layang spt glider..


pas nukik gak bisa diangkat lagi om, kondisi stall
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by Maria Nindhya »

iwan21 wrote:
Kresna88 wrote:Kalau karakteristik decathlon sih saya rasa nggak ya, mungkin mslh di elektriknya (tx, rx, servo) soalnya saya punya decathlon WS 2M engine cut off aja masih bisa diselamatkan krn msh bs melayang layang spt glider..


pas nukik gak bisa diangkat lagi om, kondisi stall

:hmm gimana klu di tambah parasut.. jadi klu ada kejadian serupa tinggal cut-off mesin dan "klik" parasut ngembang dan aman deh... tapi ini ide aja loh.. :hi3
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by iwan21 »

Maria Nindhya wrote:
:hmm gimana klu di tambah parasut.. jadi klu ada kejadian serupa tinggal cut-off mesin dan "klik" parasut ngembang dan aman deh... tapi ini ide aja loh.. :hi3


kemarin kasusnya di ketinggian +/- 10 meter, kalo pake parasut, belum sempet ngembang pesawatnya udah gedabruk duluan,,, :hi3

menurut pak Supri, kalo kejadiannya lebih tinggi, masih bisa recover, karena udah rendah ya begitu deh jadinya
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by BZ123456 »

Gak cuma decathlon kok....skywalker aku juga bisa kaya gitu....spiral death....untung ketinggian masih cukup.....lepas semua kontrol....gain air speed baru recover sendiri....Itu dulu saya alami karena bank yang tiba2 dengan full up elevator wakakaka....critanya mau nyobain evasive manuver yang sebelumnya dilihat di history chanel, eh malah spiral death...
User avatar
arrivan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 150
Joined: 23 Jun 2011, 21:41
Location: VGH BEKASI UTARA

Re: Cibereum 02/06/2013

Post by arrivan »

iwan21 wrote:
Kresna88 wrote:Kalau karakteristik decathlon sih saya rasa nggak ya, mungkin mslh di elektriknya (tx, rx, servo) soalnya saya punya decathlon WS 2M engine cut off aja masih bisa diselamatkan krn msh bs melayang layang spt glider..


pas nukik gak bisa diangkat lagi om, kondisi stall



Kejadian ini sama kayak si Piper koneng saya, kalo sdh dalam posisi stall memang agak sulit utk recover apalagi
saat terbang rendah, alhasil rib LE sayap kanan patah, tapi msh di recover dgn CA & lakban akhirnya bisa terbang lagi.

Setelah di cek ternyata posisi CG berubah dan cenderung tail heavy.
Post Reply