dari pengalaman pasang engine DLE 30cc saya gak ada masalah pokoknya tinggal pasang dan gak ada yang perlu di ubah2.. dari pariknya sudah pasti ada right trust sama down trustnya..
Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc Gas
- JessyP51D
- Senior Airman

- Posts: 132
- Joined: 26 Apr 2011, 16:06
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Om Andri..
dari pengalaman pasang engine DLE 30cc saya gak ada masalah pokoknya tinggal pasang dan gak ada yang perlu di ubah2.. dari pariknya sudah pasti ada right trust sama down trustnya..
dari pengalaman pasang engine DLE 30cc saya gak ada masalah pokoknya tinggal pasang dan gak ada yang perlu di ubah2.. dari pariknya sudah pasti ada right trust sama down trustnya..
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant

- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Andri_Adr wrote:barubisaterbang wrote: permisi om,..numpang tanya,.. apakah pump ini aman untuk dilewati fuel gasoline?
Sebenernya saya belum nyoba om..
Tapi di salah satu HS,pompa ini dipake untuk smoke pump..
Kalo untuk gasoline mungkin bisa sih..
Kalo boleh tau, om mau pake untuk apa?
Biar nanti klo dah nyampe, saya cobain dan infoin sama om..
Salam
saya mau untuk smoke juga om...
tapi untuk di engine 20cc...
ada yang bilang engine 20cc ga bisa pakai smoke, apa benar ya suhu??
- Andri_Adr
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
JessyP51D wrote:Om Andri..
dari pengalaman pasang engine DLE 30cc saya gak ada masalah pokoknya tinggal pasang dan gak ada yang perlu di ubah2.. dari pariknya sudah pasti ada right trust sama down trustnya..
terima kasih infonya om Jessi..
berarti posisi cowl aja yang belum pas..
- Andri_Adr
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
barubisaterbang wrote:Andri_Adr wrote:barubisaterbang wrote: permisi om,..numpang tanya,.. apakah pump ini aman untuk dilewati fuel gasoline?
Sebenernya saya belum nyoba om..
Tapi di salah satu HS,pompa ini dipake untuk smoke pump..
Kalo untuk gasoline mungkin bisa sih..
Kalo boleh tau, om mau pake untuk apa?
Biar nanti klo dah nyampe, saya cobain dan infoin sama om..
Salam
saya mau untuk smoke juga om...![]()
tapi untuk di engine 20cc...
ada yang bilang engine 20cc ga bisa pakai smoke, apa benar ya suhu??
kalo untuk smoke saya yakin bisa sih..karena smoke kan ga pake bensin..
nah kalo masalah engine 20cc, bisa ga bisa nya pake smoke saya kurang tau..
mungkin suhu-suhu bisa share ke kita..
- flylow
- Senior Master Sergeant

- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
kalo kami break in di pesawat aja, 1 tangki di darat. tangki kedua langsung terbang, tapi terbang cantik saja.
di cowlingnya disiapin bolongan untuk akses obeng ke hi-lo needle. jadi kalo mau trim needle gak usah repot2 buka cowling.
di cowlingnya disiapin bolongan untuk akses obeng ke hi-lo needle. jadi kalo mau trim needle gak usah repot2 buka cowling.
- Andri_Adr
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
flylow wrote:kalo kami break in di pesawat aja, 1 tangki di darat. tangki kedua langsung terbang, tapi terbang cantik saja.
di cowlingnya disiapin bolongan untuk akses obeng ke hi-lo needle. jadi kalo mau trim needle gak usah repot2 buka cowling.
Makasih om masukkannya..
Saya udah slese break in 6liter bensin di stand..
Hasilnya cukup memuaskan dengan asap di knalpot sudah tipis tidak ada bercak2 hitam..
Skr warna buangan knalpotnya abu2 tipis..
Saya ga berani ambil resiko break in di atas dengan 1 tangki di darat mengingat vibrasi engine gasoline cukup tinggi..
Rpm yang sudah tercatat, iddle 1650rpm dan high 7500rpm dengan propeller 18x10.
Itu pakai premium dan oli top 1..
Untuk selanjutnya saya akan pake pertamax plus dan oli bm1 the best synthetic 2t oil..
Setelah selesai semua, saya memutuskan untuk memakai tangki bawaan 800cc walopun org lain biasanya ganti dengan 380cc saja..
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Om Andri ... Ini sekedar saran saja dan apalagi mau dipasangin smoke system maka sebaiknya volume fuel tank dikecilin saja agar pada saat semua tank fully loaded AUW tidak melewati batas rekomendasi dan syukur2 masih dibawah rekomendasi kan prinsipnya makin ringan tuh pesawat makin enak nanti dipenerbangannya ...
Yang terang dengan dipasangin smoke system beban akan bertambah tidak hanya karena minyak smoke aja kan ada fuel pump kabel pipa smoke dan baterai terus swicth pumpnya juga yang kalau ditotal lumayan juga loh nambahnya
Nah Ini sekedar saran saja loh ya keputusan ada di tangan om Andri
Salam
Yang terang dengan dipasangin smoke system beban akan bertambah tidak hanya karena minyak smoke aja kan ada fuel pump kabel pipa smoke dan baterai terus swicth pumpnya juga yang kalau ditotal lumayan juga loh nambahnya
Nah Ini sekedar saran saja loh ya keputusan ada di tangan om Andri
Salam
- Andri_Adr
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Makasih om toto,
Masukkannya saya terima dengan baik..
Tapi karena saya tidak punya stock fuel tank 380cc..jadi saya pasang aja originalnya tp diisi setengah..
Update terakhir setelah perjalanan panjang proses assembly, berikut spesifikasi mustang ini
Engine DLE 30cc
Prop 18x10 hawk wood
Fuel tank, stock 800cc (diisi setengah saja)
Servo aileron, rudder, elevator spektrum 7kg torque
Servo flap towerpro 10kg torque
Servo thottle std
Servoless retract metal trunion for giant scale
Batt receiver 3s2200mah 5A regulator 6V out,
Batt cdi lifepo4 2s 1100mah direct tanpa regulator
Optical kill switch at ch 7
Manual push and pull choke
CG 170mm from LE (dibuat nose weight, original CG 175mm from LE)
Fuel 30:1 (30 pertamax plus : 1 BM1 synthetic 2T oil)
Smoke system tidak dipasang, mau maiden dulu aja..
AUW not define yet.
Mohon pencerahan dari para suhu..
Terima kasih
Masukkannya saya terima dengan baik..
Tapi karena saya tidak punya stock fuel tank 380cc..jadi saya pasang aja originalnya tp diisi setengah..
Update terakhir setelah perjalanan panjang proses assembly, berikut spesifikasi mustang ini
Engine DLE 30cc
Prop 18x10 hawk wood
Fuel tank, stock 800cc (diisi setengah saja)
Servo aileron, rudder, elevator spektrum 7kg torque
Servo flap towerpro 10kg torque
Servo thottle std
Servoless retract metal trunion for giant scale
Batt receiver 3s2200mah 5A regulator 6V out,
Batt cdi lifepo4 2s 1100mah direct tanpa regulator
Optical kill switch at ch 7
Manual push and pull choke
CG 170mm from LE (dibuat nose weight, original CG 175mm from LE)
Fuel 30:1 (30 pertamax plus : 1 BM1 synthetic 2T oil)
Smoke system tidak dipasang, mau maiden dulu aja..
AUW not define yet.
Mohon pencerahan dari para suhu..
Terima kasih
- Andri_Adr
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Untuk pesawat kecil biasanya saya timbang pake timbangan dapur..
Kalo sebesar ini nimbangnya gmn om?
Timbangan dapur cuma bisa ampe 5kg
Kalo sebesar ini nimbangnya gmn om?
Timbangan dapur cuma bisa ampe 5kg
- JessyP51D
- Senior Airman

- Posts: 132
- Joined: 26 Apr 2011, 16:06
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Giant Scale Mustang P-51 G-S by TWM, powered by DLE 30cc
Andri_Adr wrote:Update terakhir setelah perjalanan panjang proses assembly, berikut spesifikasi mustang ini
Engine DLE 30cc
Prop 18x10 hawk wood
Fuel tank, stock 800cc (diisi setengah saja)
Servo aileron, rudder, elevator spektrum 7kg torque
Servo flap towerpro 10kg torque
Servo thottle std
Servoless retract metal trunion for giant scale
Batt receiver 3s2200mah 5A regulator 6V out,
Batt cdi lifepo4 2s 1100mah direct tanpa regulator
Optical kill switch at ch 7
Manual push and pull choke
CG 170mm from LE (dibuat nose weight, original CG 175mm from LE)
Fuel 30:1 (30 pertamax plus : 1 BM1 synthetic 2T oil)
Smoke system tidak dipasang, mau maiden dulu aja..
AUW not define yet.
Mohon pencerahan dari para suhu..
Terima kasih
Mantaaab..
Kalo saran saya gak usah ada yang di Ubah2 lagi Om.. pengalaman saya dengan pesawat ini dengan penempatan 2 lipo di depan saja masih Tail heavy dengan CG recomend pabrik 175mm fromm leading edge. jadi jangan di utak-atik lagi tangki bawaanya dan gak ada perubahan CG yang signifikan kalo di isi penuh 800cc pada waktu terbang. kalo saya lebih baik Nose heavy sedikit dari pada tail heavy.. So langsung terbangin saja pesawatnya Jangan lupa laporanya maiden flight nya kalo bisa ada videonya!