Om iwan..nanya nih..kebetulan dapat wd cuci gudang pas mudik..lagi kepikir mengenai sudut mounting motor..untuk wd ketika dipegang di fuse pada posisi cg di titik 1/3 sayap dorongan cenderung maju..ketika di coba pegang mundur dari posisi cg dorongan cenderung menukik..apakah metode tersebu bisa dijadikan referensi untuk meng adjust sudut mounting motor untuk pesawat homemade.
wisnumurti wrote:Om iwan..nanya nih..kebetulan dapat wd cuci gudang pas mudik..lagi kepikir mengenai sudut mounting motor..untuk wd ketika dipegang di fuse pada posisi cg di titik 1/3 sayap dorongan cenderung maju..ketika di coba pegang mundur dari posisi cg dorongan cenderung menukik..apakah metode tersebu bisa dijadikan referensi untuk meng adjust sudut mounting motor untuk pesawat homemade.
Pastiin dulu pegangnya dititik CG yg pas om, baru test , kalo cenderung up dikit aja sih ok aja, yg perlu dikoreksi itu kalo mendadak ngedangak atau mendadak nukik ekstrim
cg WD , cari di sekitaran wing strut/joiner/spar.............. .....eh ini WD asli to? bukan homed kan ? kalo pakai motor brushed , langsung saja disekrup ditempatnya , kalo pakai brushless , ada part plastik WD mounting , kalo buat sendiri , posisi motor rada 'ndangak' keatas dan arah buangan angin kekiri
Om NF Iya ini wd asli cuci gudang..cuma digantung sama yang punya lapak..motor masih brushed..wd oranye art tech punya..sementara pake brushed dulu..blm berani ganti.. Om iwan Iya ini wd saya pegang di fuselage pada posisi cg tanpa pasang sayap cuma pengen mengetahui orientasi thrust motor..dipegang pada posisi cg cenderung maju..kalo dipegang dibelakang cg cenderung menukik..
wisnumurti wrote:Om NF Iya ini wd asli cuci gudang..cuma digantung sama yang punya lapak..motor masih brushed..wd oranye art tech punya..sementara pake brushed dulu..blm berani ganti.. Om iwan Iya ini wd saya pegang di fuselage pada posisi cg tanpa pasang sayap cuma pengen mengetahui orientasi thrust motor..dipegang pada posisi cg cenderung maju..kalo dipegang dibelakang cg cenderung menukik..
waduh om?, CG itu pada sayap dan sayap terpasang,kalo dopisisi CG tapi nggak ada sayap ya kurang mewakili titik CGnya
Hehe tak pikir dengan cara membuat titik pada fuselage dengan acuan CG tetep pada sayap juga mewakili untuk perkiraan orientasi thrust motor om..karena hanya mempertimbangan titik gaya..oke om teima kasih atas koreksinya..