salam
os 55 ax ku????????
Moderator: sudjai sarmo
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: os 55 ax ku????????
tidak tertutup terjadi kebocoran di fuel plug yg di fuel tank atau baut pengunci dudukan carburatornya kendor halus atau karet nya sobek .... ini cuman berangkali aza loh ya ....
salam
salam
- RENGAT
- trainee

- Posts: 18
- Joined: 18 May 2011, 19:08
Re: os 55 ax ku????????
om wibawana,om janto ,om beta dan pakde toto terimakasih atas bantuanya.....semua petunjuk akn saya coba hari ni mudah-mudahan engin kembali keseperti semula.........

- Janto_JAC
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 02 Jul 2013, 19:38
Re: os 55 ax ku????????
Sama-sama, semoga berhasil, pastikan gunakan fuel dengan merk yang sama pada saat sebelum dan sesudah ngadat.
Menunggu kabar selanjutnya.
Salam aeromodelling,
Janto
Menunggu kabar selanjutnya.
Salam aeromodelling,
Janto
- Janto_JAC
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 02 Jul 2013, 19:38
Re: os 55 ax ku????????
Oom Rengat,
Apa sudah ketemu masalahnya dan sudah bisa disolusikan?
Terima kasih,
Janto
Apa sudah ketemu masalahnya dan sudah bisa disolusikan?
Terima kasih,
Janto
- RENGAT
- trainee

- Posts: 18
- Joined: 18 May 2011, 19:08
Re: os 55 ax ku????????
om janto......sudah om
tangki dan selang udah saya ganti baru serta enginnya udah sya bersihkan alhamdullilah engin kembali seperti semula
,terima kasih atas bantuannya om janto ...... 
tangki dan selang udah saya ganti baru serta enginnya udah sya bersihkan alhamdullilah engin kembali seperti semula
- Janto_JAC
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 02 Jul 2013, 19:38
Re: os 55 ax ku????????
Sama-sama, syukur, jadi permasalahannya sepertinya di saluran bahan bakar mulai dari tanki sampai dengan karburator ada partikel-partikel atau selang yang bocor halus yang mengganggu jalannya bahan bakar, solusinya: saluran bahan bakar tersebut dibikin bersih dan diganti dengan selang-selang baru.
Pengalaman saya, hal ini sering terjadi kalau pesawat sudah lama diam lebih dari 6 bulan.
Selamat terbang, salam
Pengalaman saya, hal ini sering terjadi kalau pesawat sudah lama diam lebih dari 6 bulan.
Selamat terbang, salam
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: os 55 ax ku????????
Alhamdulillah ... Happy flying .....
Salam
Salam
- beta_james
- Chief Master Sergeant

- Posts: 798
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
Re: os 55 ax ku????????
RENGAT wrote:om janto......sudah om
tangki dan selang udah saya ganti baru serta enginnya udah sya bersihkan alhamdullilah engin kembali seperti semula,terima kasih atas bantuannya om janto ......
- wibawana
- Senior Airman

- Posts: 127
- Joined: 04 Jun 2009, 07:26
- Location: Bali
- Contact:
Re: os 55 ax ku????????
- Janto_JAC
- Master Sergeant

- Posts: 403
- Joined: 02 Jul 2013, 19:38
Re: os 55 ax ku????????
2 minggu lalu mengalami kejadian yang sama dengan OS46AX, sampai ngabisin 3 busi OS8, masih ngadat juga.
Begitu full throttle, mesin mati.
Setelah itu di-start lagi, cabut busi, mesin mati.
Dibikin bersih semuanya, masih sama.
Permasalahannya teryata di fuel, mesin tersebut selalu terbang dengan fuel Cool Power 15%. Karena persediaan Cool Power habis dan mau beli lagi mahal, pakai yang ada saja Byron 20/20 untuk mesin 4 stroke. Ternyata tidak cocok, mungkin terlalu banyak oli, jadi busi OS8 nggak bisa bakar olinya.
Ganti lagi dengan Cool Power 15%, lancar lagi tanpa kendala sedikitpun, nyalakan mesin juga cukup pakai cara chicken stick alias putar pakai kayu dilapis selang air
Untuk sementara ini, kesimpulannya, Byron 20/20 untuk 4 stroke tidak bisa dipakai untuk mesin OS 2 stroke, yang saya pikir harusnya nggak kenapa-kenapa.
Mungkin ada suhu-suhu ada yang lebih paham, saya penasaran saja dengan fuel 4 stroke koq nggak bisa dipakai untuk 2 stroke.
Salam
Begitu full throttle, mesin mati.
Setelah itu di-start lagi, cabut busi, mesin mati.
Dibikin bersih semuanya, masih sama.
Permasalahannya teryata di fuel, mesin tersebut selalu terbang dengan fuel Cool Power 15%. Karena persediaan Cool Power habis dan mau beli lagi mahal, pakai yang ada saja Byron 20/20 untuk mesin 4 stroke. Ternyata tidak cocok, mungkin terlalu banyak oli, jadi busi OS8 nggak bisa bakar olinya.
Ganti lagi dengan Cool Power 15%, lancar lagi tanpa kendala sedikitpun, nyalakan mesin juga cukup pakai cara chicken stick alias putar pakai kayu dilapis selang air
Untuk sementara ini, kesimpulannya, Byron 20/20 untuk 4 stroke tidak bisa dipakai untuk mesin OS 2 stroke, yang saya pikir harusnya nggak kenapa-kenapa.
Mungkin ada suhu-suhu ada yang lebih paham, saya penasaran saja dengan fuel 4 stroke koq nggak bisa dipakai untuk 2 stroke.
Salam