Pendaratan Darurat
Moderator: NF
- Syafik
- Major General

- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Riawan
- Posts: 1
- Joined: 19 Aug 2008, 16:58
- Location: Jakarta
Kan saya udah bilang ama om Abi di edisi lalu"TANDA TANDA KERACUNAN " artinya Si Pilot sedang kena Racun Aeromodelling, begitu lihat sawah / jalan tol yang terbayang di benaknya Si Pilot lagi pegang RC latihan TUCH and GO !!!! di RUN WAY CIKEAS dan !!!!!!!!
nah...... baru sadar setelah lending koq banyak roda empat lewat Ya'''??????? 
nah...... baru sadar setelah lending koq banyak roda empat lewat Ya'''??????? 
- flytosky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Laporan.... mendarat darurat!
Tadi pagi sekitar jam 8-an saya latihan terbang di lapangan Rembiga AURI, pesawat TWM Super Sport 40s...
Begitu mengudara langsung tancep abis... ngga sampe 3 menit... raungan mesin pesawat ngga kedengaran... mati total... jarak pesawat sudah cukup jauh dari saya..
Saat itu ketinggian sekitar 150meter lebih.. Akhirnya dengan jantung dag-dig-dug pesawat berputar-putar dan berhasil landing dengan selamat..
.. walaupun mendaratnya nyaris menyantap atap rumah dan pohon... heheh...
Dengan agak bumpie pesawat akhirnya bisa landing dgn selamat tanpa kerusakan apapun.. untung aja.. my luck is still on me.. Thanks God..
Seperti diketahui, lap AURI Rembiga sekitarnya adalah kawasan padat pemukiman dan trafic light di sekeliling lapangan...
Terbang di Rembiga memang harus xtra hati2 dan safety, saat rauangan mesin tiba-tiba tidak terdengar *alias mesin mati.. Pikiran harus tenang, ngga boleh panik... dan jempol harus siap siaga....
Salah perhitungan sedikit aja pesawat bakal cari urusan dengan property orang lain...
Om Abi Ghifa (yg udah ngicipin lap Rembiga) pasti paham dan bisa merasakan kejadian ini...
Tadi pagi sekitar jam 8-an saya latihan terbang di lapangan Rembiga AURI, pesawat TWM Super Sport 40s...
Begitu mengudara langsung tancep abis... ngga sampe 3 menit... raungan mesin pesawat ngga kedengaran... mati total... jarak pesawat sudah cukup jauh dari saya..
Saat itu ketinggian sekitar 150meter lebih.. Akhirnya dengan jantung dag-dig-dug pesawat berputar-putar dan berhasil landing dengan selamat..
.. walaupun mendaratnya nyaris menyantap atap rumah dan pohon... heheh...
Dengan agak bumpie pesawat akhirnya bisa landing dgn selamat tanpa kerusakan apapun.. untung aja.. my luck is still on me.. Thanks God..
Seperti diketahui, lap AURI Rembiga sekitarnya adalah kawasan padat pemukiman dan trafic light di sekeliling lapangan...
Terbang di Rembiga memang harus xtra hati2 dan safety, saat rauangan mesin tiba-tiba tidak terdengar *alias mesin mati.. Pikiran harus tenang, ngga boleh panik... dan jempol harus siap siaga....
Salah perhitungan sedikit aja pesawat bakal cari urusan dengan property orang lain...
Om Abi Ghifa (yg udah ngicipin lap Rembiga) pasti paham dan bisa merasakan kejadian ini...
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
.......bravo2......emang kalo dead stick bukan hanya dibutuhkan jempol yang mahir, tapi juga ketenangan dari jiwa yg pede.........
Oom Augustinus menarik sekali bahasannya, saya sepertinya belum pernah baca thread ttg trick2 bagaimana menangani pesawat mati Engine.......... apakah harus up wind, down wind........??
kalo pesawat nya glide ratio rendah apa harus dive dulu baru glide belakangan.....atau harus bagaimana??..........mohon masukannnya Para Suhu dan Senior nih...

- Syafik
- Major General

- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
@Om P1... Menurut senior saya sbb...
Cara terbang yg aman.. bila pesawat semakin menjauhi posisi pilot, pesawat harus semakin tinggi.. Apalagi pswt yg punya capability glidenya rendah..
Hal ini berguna utk antisipasi bila terjadi mesin mati diatas..
Posisi ideal utk emergency landing yaa tetap head wind om... Cuman kalo arah/posisi pesawat ke landing zonenya pas anginnya down wind..yaa apa boleh buat...?
Tadi saya juga landing dalam posisi down wind.. makanya pesawat rada nyelonong dan ngepret-ngepret terbangnya, apalagi saat airspeednya udah mulai rendah..wah rasanya darah berdesir-desir..
Untung aja tadi selamat.... Sering kali kejadian berujung korban.... kalo ngga atap rumah ancur, mobil dsb... *
* Tempo hari rekan seperjuanan saya ( mas Jerry-Fasi lombok) TWM LA Racernya hancur mengantam atap dapur dagang soto dekat bandara Selaparang (kira-kira 300meter dari Lap Rembiga)...
Belum lama berselang dari kejadian itu, mas Leo (salah satu rekan FASI Lombok juga) pswt Jet Mig 21 nya menyatap kaca depan suzuki katana yg diparkir di depan lapangan Rembiga... hingga hancur berantakan, palang besi tempat kaca depan mobil sampai bengkok... Udah pesawat hancur lebur, masih harus ganti rugi property orang lagi...

Cara terbang yg aman.. bila pesawat semakin menjauhi posisi pilot, pesawat harus semakin tinggi.. Apalagi pswt yg punya capability glidenya rendah..
Hal ini berguna utk antisipasi bila terjadi mesin mati diatas..
Posisi ideal utk emergency landing yaa tetap head wind om... Cuman kalo arah/posisi pesawat ke landing zonenya pas anginnya down wind..yaa apa boleh buat...?
Tadi saya juga landing dalam posisi down wind.. makanya pesawat rada nyelonong dan ngepret-ngepret terbangnya, apalagi saat airspeednya udah mulai rendah..wah rasanya darah berdesir-desir..
Untung aja tadi selamat.... Sering kali kejadian berujung korban.... kalo ngga atap rumah ancur, mobil dsb... *
* Tempo hari rekan seperjuanan saya ( mas Jerry-Fasi lombok) TWM LA Racernya hancur mengantam atap dapur dagang soto dekat bandara Selaparang (kira-kira 300meter dari Lap Rembiga)...
Belum lama berselang dari kejadian itu, mas Leo (salah satu rekan FASI Lombok juga) pswt Jet Mig 21 nya menyatap kaca depan suzuki katana yg diparkir di depan lapangan Rembiga... hingga hancur berantakan, palang besi tempat kaca depan mobil sampai bengkok... Udah pesawat hancur lebur, masih harus ganti rugi property orang lagi...

- NF
- Administrator

- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- Kang Dadan
- Senior Airman

- Posts: 197
- Joined: 24 Oct 2008, 16:29
- Location: BANDUNG
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Kang Dadan wrote:wah,,jadi klo mau terbang mndingan baca do'a dulu
![]()
![]()
Berdoa (dalam hati) sebelum terbang... itu HARUS! It's GOOD HABIT...
Sharing dikit... Sejak kejadiaan naas yg menimpa saya tahun lalu hingga saya cacat permanen... Saya (hampir) tidak lupa utk berdoa sebelum terbang....
Check dan recheck sudah pasti harus... hanya saja faktor "X" (baca: error/unlucky) tetap saja ada... kalo ngga error pesawat/helinya, yaa error pilotnya...
Hobby ini sangat penuh resiko... Saya sadar banget hal itu...
Semoga saya selalu ingat, eling dan tidak takabur...
jangan sampai muncul sifat "sok jago".. karena yg jagoan aja bisa jatuh... apalagi yg belum jago..
