christoffel wrote:sama om Budi, cuman capasitas nya kecil saja, cuman sekedar cukup untuk nge-landingin dg nyaman ... paling2 30 detik saja ... masalahnya mindahin hubungan batt nya ini pake switch. itu yg di video kan pesawatnya sekelas WD, jadi oke2 saja. Kalau om Budi pake electric kelas 50cc, switch nya mesti yg segede gajah, lha ampere nya aja sudah sampe 200 an ... hehehe ... belum lagi waktu di switch kan powernya sempat hilang sejenak, kalau capasitor nya nggak gede, itu esc bisa nge reset trus langsung masuk mode programming ... lagi2 yg di video itu karena pesawat nya kecil, ya oke2 saja ...
Salam suhu christoffel... Menurut saya,apa bisa di akalin pakai capasitor/C di posisi batt utama,tapi salah satu kutub C di pasang di output saklar yg menuju ke esc (kalau negatif batt yg di cut,berarti kutub negatif Capasitor yg terpasang di output saklar). Maksudnya biar pada saat saklar di swicth ke batt backup belum sempat mereset Rx.Tinggal mencari saja nilai C yg sesuai dengan jumlah cell batt yg di gunakan.Misalnya 16v sekian mikro farad hanya bisa buat batt maksimal 3s,jadi kalau batt utamanya lebih dr 3s artinya harus cari yg volt nya lebih besar. Maaf kalau salah atw tdk bisa di terapkan.Karena saya juga kurang paham tentang elektronik. Mohon dibantu suhu.....
normalnya pada esc sudah ada capasitor yg cukup besar untuk menangkap dan meredam ggl induksi balik dari motor. semakin besar esc nya, semakin besar juga capasitornya. ini mestinya sudah cukup. karena itu mesti dicoba dulu, kalau memang nggak cukup baru di tambahin capasitor. penambahan capasitor cukup dipasang di dekat esc/BEC/RX saja. jangan di dekat batt, nggak ada gunanya. ada banyak yg jual di LHS, malah ada yg tinggal di pasang ke salah satu channel RX.
AgoesAurelz wrote:Saya berapa kali hard landing gara-gara battery habis dan cut off kurang effektif sekalipun program di ESC sudah saya set di Hard Cut off... Pasalnya saya sering keasyikan terbang dan kadang (iseng) coba menawar timer (padahal uda jelas2 berbunyi tanda pswt harus landing)...
....sepertinya yang dibutuhkan om Agus A itu bukan battery switch dech, tapi cukup satu servo 15Kg/cm yang dihubungkan dengan remote control. adapun pemasangan servo itu sendiri diletakkan dikepala dan push rod-nya terhubung ke telinga. jadi nanti bila timer alarm berbunyi, kasih delay 1 menit, jika masih maksain terbang, servo langsung aktif, alias njeweeerrrrr............
AgoesAurelz wrote:Saya berapa kali hard landing gara-gara battery habis dan cut off kurang effektif sekalipun program di ESC sudah saya set di Hard Cut off... Pasalnya saya sering keasyikan terbang dan kadang (iseng) coba menawar timer (padahal uda jelas2 berbunyi tanda pswt harus landing)...
....sepertinya yang dibutuhkan om Agus A itu bukan battery switch dech, tapi cukup satu servo 15Kg/cm yang dihubungkan dengan remote control. adapun pemasangan servo itu sendiri diletakkan dikepala dan push rod-nya terhubung ke telinga. jadi nanti bila timer alarm berbunyi, kasih delay 1 menit, jika masih maksain terbang, servo langsung aktif, alias njeweeerrrrr............
ampun om Agus A.....
udah dicoba (lha bo'ong kalo ini)..... tapi tetep aja ga mempan om.... pilotnya ndableg.....
AgoesAurelz wrote:Saya berapa kali hard landing gara-gara battery habis dan cut off kurang effektif sekalipun program di ESC sudah saya set di Hard Cut off... Pasalnya saya sering keasyikan terbang dan kadang (iseng) coba menawar timer (padahal uda jelas2 berbunyi tanda pswt harus landing)...
Tadi saya iseng2 cari reverensi di internet, ternyata ada alat khusus buat emergency landing... tergantung seberapa besar batt backup yg kita pakai, lumayan kan bila bisa menambah 1-2 menit aja buat landing... (1 menit kalo dalam kondisi emergency sudah sangat sangat berpengaruh (menyelamatkan)...
ini dia videonya:
Saya ingin tanya, apakah ada yang jual alat ini di indonesia ya? atau mungkin rekan2 ada yg bisa buat?
Kalau ada rekan2 yg mau buat saya titip bikin 2unit ya... biaya berapa nanti saya ganti... thanks
Masalah keasyikan terbang ampe cutoff memang menjengkelkan...tapi semenjak saya pake Hitec Aurora 9 dimana ada telemetry build in di rx dan tx...masalah cutoff karena terbang batt kandas gak pernah sy alami lagi...krn klo kita terbang apabila batt mencapai volts yg kita set pada tx , maka tx akan berbunyi menandakan kita udah harus landing...jadi gak sampe cutoff dan landing darurat.
Suhu Jenny..... apakah bisa buat yg versi automaticnya? bila habis batt 1 langsung switch ke batt 2... saya rasa dengan alat ini penerbangan dgn electric akan terasa maximal tanpa dihantui cut off.. battery cadangan cukup ber kapasitas kecil saja, cukup buat emergency landing saja.....
atau kalo ada suhu2 yg lain yg bisa mohon bantuannya.... thanks a lot
Dulu saya sering mengalami hard landing karena batere habis, sehingga sempat terpikir juga utk mencari backup power untuk emergency. Namun akhirnya saya atasi dengan memasang Low Voltage Alarm pada batere. Alat kecil dan murah serta mudah dipasang itu, berhasil mengatasi problem saya tsb. Saat alarm berbunyi sampai dengan batere benar2 habis kira2 sekitar 30 - 60 detik (tergantung besar kecilnya batere) lebih dari cukup untuk mendarat aman.