Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
- andreas13
- Chief Master Sergeant

- Posts: 816
- Joined: 12 Oct 2010, 01:22
- Location: ((..(ungaran)..))
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
Beginilah hasilnya setelah body mencium bumi pertiwi......

Untung saja bahan EPO, sehingga cukup mudah utk di repair kembali....

Untung saja bahan EPO, sehingga cukup mudah utk di repair kembali....
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
After Crash......
Kerjaan sesorean tadi... Body Repaired!!! Done!!!

bahan repair cukup lem G / Alteco dan Araldite aja...
setelah kering di cat semprot sedikit bagian-bagian yg terkelupas...
Yg tidak terselamatkan:
1. Cowling pecah/hancur
2. Motor brushless penyok dan patah dudukan besinya
3. Salah satu servo jebol
Sepertinya pesawat ini akan menemukan tempat barunya.... yaitu digantung di plafond......
dan mau saya kasi label... "you are not tough enough for me......"
[case closed.......]
Kerjaan sesorean tadi... Body Repaired!!! Done!!!

bahan repair cukup lem G / Alteco dan Araldite aja...
setelah kering di cat semprot sedikit bagian-bagian yg terkelupas...
Yg tidak terselamatkan:
1. Cowling pecah/hancur
2. Motor brushless penyok dan patah dudukan besinya
3. Salah satu servo jebol
Sepertinya pesawat ini akan menemukan tempat barunya.... yaitu digantung di plafond......
dan mau saya kasi label... "you are not tough enough for me......"
[case closed.......]
- KBSantoso
- First Lieutenant

- Posts: 1441
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
Mungkin airframenya memang dirancang untuk terbang slow sesuai powernya yg pas-pasan.
Jadi inget WD teman yg diupgrade motornya, saking kencengnya sampai sayap tepuk tangan.
BTW, sudah berapa pesawat jadi korban "kenakalan" om AA?
Salam
KBS
Jadi inget WD teman yg diupgrade motornya, saking kencengnya sampai sayap tepuk tangan.
BTW, sudah berapa pesawat jadi korban "kenakalan" om AA?
Salam
KBS
- hidayat07
- Chief Master Sergeant

- Posts: 944
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
yah......turut berduka Om AA.padahal sy sdh bbrapa hari tungguin videonya lho.....tiba2 lihat foto2 yg sdh crash...

- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
Saat ini sudah mulus kembali... untunglah ini EPO....
sebenarnya pesawat AT-6 ini bisa kok buat ngebut om... manuvernya enak juga....
Saya rasa memang pake lipo 4s termasuk ideal (tidak berlebihan).... karena kalo 3s masih under powered...
cuman spar dan lem harus di banyakin lagi... supaya waktu terkena flutter ngga sampe lepas sayapnya...
Bahan EPO termasuk tahan terhadap flutter asalkan di lem yg bagus terutama di bagian rawan (sambungan-sambungannya).... agaknya ini yg kurang saya perhatikan...
sebenarnya pesawat AT-6 ini bisa kok buat ngebut om... manuvernya enak juga....
Saya rasa memang pake lipo 4s termasuk ideal (tidak berlebihan).... karena kalo 3s masih under powered...
cuman spar dan lem harus di banyakin lagi... supaya waktu terkena flutter ngga sampe lepas sayapnya...
Bahan EPO termasuk tahan terhadap flutter asalkan di lem yg bagus terutama di bagian rawan (sambungan-sambungannya).... agaknya ini yg kurang saya perhatikan...
- AgoesAurelz
- First Lieutenant

- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
Inilah kondisi AT-6 Texan saya, sampai saat ini.....
Pasca Crash... (sayap flutter dan lepas di udara)

Finally.... Repaired done 100% (walaupun mudah tapi cukup lama karena agak males ngerjainnya...hahaha)

Now...Even better powered! New Motor installed: Hirobo Lepton EX (Ini ibarat mesin bebek dikasi Turbo)

Saya sangat bersyukur pesawat ini terbuat dari bahan EPO, sangat mudah merepairnya!
Seluruh bagian fuselage hingga sayap saya perbaiki ulang dan di-reinforced bagian-bagian yg rawan..
Saya pake lem G dan di cover dgn lem Araldite ... sekarang rasanya sudah cukup kuat...
Bahan cowling saya buat dari toples makanan... dipotong dan di cat saja...
Akhirnya rencana Texan "digantung" tidak jadi.... karena saya tergoda utk menerbangkannya lagi....
Re-Maiden!..... Kemaren sore sudah saya test dengan motor baru ini...
Saya cuman bisa bilang... Wowww!!! kali ini AT-6 Texan malah lebih enak, jauh lebih kencang dan powerfull dari sebelumnya!!
Flutter agaknya tidak masalah karena bagian sayap saat ini cukup kuat saat bergetar hebat...
Tapi saya tetap ngga mau cari masalah dengan geber full sambil diving (menukik)... bagaimanapun Flutter itu seperti "hantu"... bisa mengancam kestabilan dan keselamatan pesawat...
Saya pake ex motor helicopter Hirobo Lepton Ex (Setara Heli T-Rex 500)... Powernya Rrruar binasaaa, sangat besar utk pesawat sekecil ini... dengan lipo 4s saja sudah sangat-sangat cukup buat melesat vertikal ke udara!!
Kadang muncul pertanyaan kecil yg selalu menggoda hati saya..... Kenapa ngga diperkuat fuselage dan sayap dari dulu-dulu....? Kenapa ngga ganti motor dari dulu...... Apakah harus pake acara crash/jatuh dulu baru pesawat bisa enak ??

Pasca Crash... (sayap flutter dan lepas di udara)

Finally.... Repaired done 100% (walaupun mudah tapi cukup lama karena agak males ngerjainnya...hahaha)

Now...Even better powered! New Motor installed: Hirobo Lepton EX (Ini ibarat mesin bebek dikasi Turbo)

Saya sangat bersyukur pesawat ini terbuat dari bahan EPO, sangat mudah merepairnya!
Seluruh bagian fuselage hingga sayap saya perbaiki ulang dan di-reinforced bagian-bagian yg rawan..
Saya pake lem G dan di cover dgn lem Araldite ... sekarang rasanya sudah cukup kuat...
Bahan cowling saya buat dari toples makanan... dipotong dan di cat saja...
Akhirnya rencana Texan "digantung" tidak jadi.... karena saya tergoda utk menerbangkannya lagi....
Re-Maiden!..... Kemaren sore sudah saya test dengan motor baru ini...
Saya cuman bisa bilang... Wowww!!! kali ini AT-6 Texan malah lebih enak, jauh lebih kencang dan powerfull dari sebelumnya!!
Flutter agaknya tidak masalah karena bagian sayap saat ini cukup kuat saat bergetar hebat...
Tapi saya tetap ngga mau cari masalah dengan geber full sambil diving (menukik)... bagaimanapun Flutter itu seperti "hantu"... bisa mengancam kestabilan dan keselamatan pesawat...
Saya pake ex motor helicopter Hirobo Lepton Ex (Setara Heli T-Rex 500)... Powernya Rrruar binasaaa, sangat besar utk pesawat sekecil ini... dengan lipo 4s saja sudah sangat-sangat cukup buat melesat vertikal ke udara!!
Kadang muncul pertanyaan kecil yg selalu menggoda hati saya..... Kenapa ngga diperkuat fuselage dan sayap dari dulu-dulu....? Kenapa ngga ganti motor dari dulu...... Apakah harus pake acara crash/jatuh dulu baru pesawat bisa enak ??

- justinus
- Second Lieutenant

- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Reviews and Upgrade Art-Tech AT-6 Texan (500 class)
AgoesAurelz wrote:Kadang muncul pertanyaan kecil yg selalu menggoda hati saya..... Kenapa ngga diperkuat fuselage dan sayap dari dulu-dulu....? Kenapa ngga ganti motor dari dulu...... Apakah harus pake acara crash/jatuh dulu baru pesawat bisa enak ??![]()