Re: Potong Gabus dimusim hujan
Posted: 09 Jan 2013, 02:16
ini mah "sudah Pabrik buatannya Suhu" sisa buat cetakannya jadideh produk massal.......cek cek cek.....Mantap MentonGGG......!!!!!
Komunitas Aeromodelling Nusantara
http://www.gaero.org/


iwan21 wrote::mtp![]()
![]()
![]()
Gulungan kelas berat
sentuhan akhir kelas berat

anelah wrote:Aha, akhirnya ada yang berbicara tentang momen dan efek down trust
unding wrote:anelah wrote:Aha, akhirnya ada yang berbicara tentang momen dan efek down trust
apa masalahnya om?
zaki wrote:efek down / up trust TERUTAMA pd motor yg di letakan di belakang
pesawat seperti ini otomatis BERAT belakang.... jika dari disain pesawat, untuk dapet CG HIDUNG pesawat mesti panjang ( akhirnya dari sisi bentuk kurang cakep) .... atau alternatif nya bikin up trust ... apakah memng mesti up trust ?apa kasih aja beban yg berat di hidung tanpa membuat panjang hidup pesawat ... makasih pak
kebeneran seumur2 saya baru 1 kali ini bikin pesawat bentuk FPV an otomatis motor di belakang
dan hidung saya panjangin ( sudah mengudara ) ..cuma ya itu karna motor saya bikin datar tidak ada trust ( sayap agak berdekatan dgn tail )
unding wrote:zaki wrote:efek down / up trust TERUTAMA pd motor yg di letakan di belakang
pesawat seperti ini otomatis BERAT belakang.... jika dari disain pesawat, untuk dapet CG HIDUNG pesawat mesti panjang ( akhirnya dari sisi bentuk kurang cakep) .... atau alternatif nya bikin up trust ... apakah memng mesti up trust ?apa kasih aja beban yg berat di hidung tanpa membuat panjang hidup pesawat ... makasih pak
kebeneran seumur2 saya baru 1 kali ini bikin pesawat bentuk FPV an otomatis motor di belakang
dan hidung saya panjangin ( sudah mengudara ) ..cuma ya itu karna motor saya bikin datar tidak ada trust ( sayap agak berdekatan dgn tail )
Sebelum pesawat diterbangkan CG harus tepat, apakah hidung dipanjangkan atau pakai pemberat dan pada kondisi ini pesawat sudah mampu gliding sempurna (tanpa dorongan power). Efek up/down trust akan tampak ketika power/motor sudah bekerja, trust/gaya dorong motor yg timbul arahnya kemana, apakah arah gayanya mengakibatkan pesawat cendrung naik atau turun, maka perlu penyetelan sudut motor (up/down) hingga pesawatnya mampu terbang level. Jadi up/down trust bukan untuk mengkompensasi titik CG, akan tetapi tujuannya untuk menyeimbangkan besar gaya lift (vertical)yg terjadi akibat adanya kecepatan.