PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
- pamuncak
- Senior Airman

- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
- kula
- Senior Master Sergeant

- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW
- DIMAS
- Senior Master Sergeant

- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
kula wrote:pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW
Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.
Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,
Salam...
- hulmannapit
- Senior Master Sergeant

- Posts: 714
- Joined: 31 Dec 2009, 11:35
- Location: Ambon&Bandung
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.
Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,
Tapi Om Dimas, salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pemula seperti saya ini, adalah engine stop pada saat baru take off/ mau airborne.. dan untuk jenis elektrik hal itu tidak terjadi.. Apakah untuk engine dgn gasoline hal itu juga masih rentan terjadi..?
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.
Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
saya pernah menyaksikan sekali pesawat besar dengan power elektrik begitu takeoff mengeluarkan asap setelah di cek ternyata esc nya kebakar sedangkan dengan gasoline baru liat engine nya mati di udara saat high speed dan ada sesaat setelah selesai high speed rolling belum pernah saya lihat kejadiannya engine mati pada saat take off, hasil analisis kematian engine di udara tersebut dimuka yang pertama karena over heat dan yang kedua ada masalah pada fuel line system nya
eh saya sendiri pernah ding waktu take off electric motornya mati dan setelah di runut ketemu safety fuse nya putus ........... ini karena keteledoran saya pengen terbang fuse gede nya ketinggalan terus dipasang ala kadarnya ya gitulah langsung pet tapi alhamdulillah pesawat menclok dengan selamat
nah kira2 gitu deh selama ini yang saya lihat langsung sendiri
salam
eh saya sendiri pernah ding waktu take off electric motornya mati dan setelah di runut ketemu safety fuse nya putus ........... ini karena keteledoran saya pengen terbang fuse gede nya ketinggalan terus dipasang ala kadarnya ya gitulah langsung pet tapi alhamdulillah pesawat menclok dengan selamat
nah kira2 gitu deh selama ini yang saya lihat langsung sendiri
salam
- hulmannapit
- Senior Master Sergeant

- Posts: 714
- Joined: 31 Dec 2009, 11:35
- Location: Ambon&Bandung
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Oh gitu toh pakde...?
Mohon maaf sebelumnya.
Habis pengelaman saya dengan pesawat nitro sih sering waktu mau take off engine tiba2 mati..
Kalau dengan engine gasoline karena belum punya, ya hanya sekedar reka2 saja......
Kirain karena sama2 enjin, jadi sifat2nya serupa.......hi hi hiks....
Mohon maaf sebelumnya.
Habis pengelaman saya dengan pesawat nitro sih sering waktu mau take off engine tiba2 mati..
Kalau dengan engine gasoline karena belum punya, ya hanya sekedar reka2 saja......
Kirain karena sama2 enjin, jadi sifat2nya serupa.......hi hi hiks....
- kula
- Senior Master Sergeant

- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
engine gasolin sich lebih tahan Om.. soalnya kan pake CDI, tdk hanya mengandalkan kompresi saja utk menyalakan busi spt di Glow engine (nitro)
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
om hulmannapit enggak perlu pake maaf lah la wong disini tempat berdiskusi dan menggali pengetahuan kok, saya sendiri juga masih terus belajar loh ada aja yang kelewatan kok ................. abis itu juga bagaimana om hulmannapit bisa menuntut saya memberikan maaf la wong sudah di bolak balik itu enggak ada pasal-pasal kuhap yang bisa dijadikan landasan hukum nya ......................
nah contohnya kaya om suhu kula itu memberikan informasi sekalian dalam rangka persiapan menuju membangun yang kelas 50cc cuman masih dipersimpangan kalan mau yang scale atau 3D sedangkan pernak pernik nya itu sudah dikantongin ...................
nah contohnya kaya om suhu kula itu memberikan informasi sekalian dalam rangka persiapan menuju membangun yang kelas 50cc cuman masih dipersimpangan kalan mau yang scale atau 3D sedangkan pernak pernik nya itu sudah dikantongin ...................
- kula
- Senior Master Sergeant

- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
- doditsky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 612
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
1. Untuk Engine sekarang tersedia yang 20 cc....mending ambil yang 30 atau 20 untu pemula
2. pesawat incaran...edge 540, trainer gasoline, piper j....untuk lapangan kelas kampung ( karena tanahnya banyak yang nggak rata)...pesawat manakah yang direkomendasikan.....(yang landing gearnya ampuh saat landing) ..pake Groovy 50 jebol landing gearnya....

2. pesawat incaran...edge 540, trainer gasoline, piper j....untuk lapangan kelas kampung ( karena tanahnya banyak yang nggak rata)...pesawat manakah yang direkomendasikan.....(yang landing gearnya ampuh saat landing) ..pake Groovy 50 jebol landing gearnya....