PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
pamuncak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 164
Joined: 24 Nov 2010, 12:22
Location: Surabaya-kediri

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by pamuncak »

trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by kula »

pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi


wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by DIMAS »

kula wrote:
pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi


wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW


Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.

Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,

Salam...
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 714
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by hulmannapit »

Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.

Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,


:ok Tapi Om Dimas, salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pemula seperti saya ini, adalah engine stop pada saat baru take off/ mau airborne.. dan untuk jenis elektrik hal itu tidak terjadi.. Apakah untuk engine dgn gasoline hal itu juga masih rentan terjadi..?
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by toto »

saya pernah menyaksikan sekali pesawat besar dengan power elektrik begitu takeoff mengeluarkan asap setelah di cek ternyata esc nya kebakar sedangkan dengan gasoline baru liat engine nya mati di udara saat high speed dan ada sesaat setelah selesai high speed rolling belum pernah saya lihat kejadiannya engine mati pada saat take off, hasil analisis kematian engine di udara tersebut dimuka yang pertama karena over heat dan yang kedua ada masalah pada fuel line system nya

eh saya sendiri pernah ding waktu take off electric motornya mati dan setelah di runut ketemu safety fuse nya putus ........... ini karena keteledoran saya pengen terbang fuse gede nya ketinggalan terus dipasang ala kadarnya ya gitulah langsung pet tapi alhamdulillah pesawat menclok dengan selamat

nah kira2 gitu deh selama ini yang saya lihat langsung sendiri

salam
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 714
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by hulmannapit »

Oh gitu toh pakde...?
Mohon maaf sebelumnya.
Habis pengelaman saya dengan pesawat nitro sih sering waktu mau take off engine tiba2 mati.. :pyg
Kalau dengan engine gasoline karena belum punya, ya hanya sekedar reka2 saja......
Kirain karena sama2 enjin, jadi sifat2nya serupa.......hi hi hiks.... :shy
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by kula »

engine gasolin sich lebih tahan Om.. soalnya kan pake CDI, tdk hanya mengandalkan kompresi saja utk menyalakan busi spt di Glow engine (nitro)
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by toto »

om hulmannapit enggak perlu pake maaf lah la wong disini tempat berdiskusi dan menggali pengetahuan kok, saya sendiri juga masih terus belajar loh ada aja yang kelewatan kok ................. abis itu juga bagaimana om hulmannapit bisa menuntut saya memberikan maaf la wong sudah di bolak balik itu enggak ada pasal-pasal kuhap yang bisa dijadikan landasan hukum nya ...................... :pis

nah contohnya kaya om suhu kula itu memberikan informasi sekalian dalam rangka persiapan menuju membangun yang kelas 50cc cuman masih dipersimpangan kalan mau yang scale atau 3D sedangkan pernak pernik nya itu sudah dikantongin ................... :ok
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by kula »

:wk3 :wk3 trauma kantong bolong gara2 elevator blm hilang :whoaa
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 612
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Post by doditsky »

1. Untuk Engine sekarang tersedia yang 20 cc....mending ambil yang 30 atau 20 untu pemula

2. pesawat incaran...edge 540, trainer gasoline, piper j....untuk lapangan kelas kampung ( karena tanahnya banyak yang nggak rata)...pesawat manakah yang direkomendasikan.....(yang landing gearnya ampuh saat landing) ..pake Groovy 50 jebol landing gearnya.... :whoaa :whoaa :whoaa
Post Reply