Setelah melihat,mendengar dan memperhatikan beberapa postingan....kayaknya memang harus ada perubahan ke pesawat gasoline....Mohon saran apa sajakah yang mesti dipersiapan dan konstruksi secara umum mesin gasoline ( penempatan di pesawat )...kalo mungkin dengan foto dudukan engine ... sepertinya lain dengan glow engine ya...spesial buat kami2 yang baru akan mencoba ... kayaknya ada cdi, ada 2 batt, ada kill engine...
Matur Nuwun dan mohon maaf apabila sudah ada di posting sebelumnya
salam dari kota kudus....Fly with heart....
PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
- doditsky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 612
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
om suhu doditsky ................. selamat datang di dunia fantasi gasoline dan ini sedikit dari hasil pemerhatian saya :
1. semua pernik2 khusus yang harus dan wajib di sediakan dibandingkan dengan pesawat nitro yang biasanya adalah mulai kelas 50cc berarti mulai kelas ini cukup banyak modal yang harus dikeluarkan dan biasanya seperti saya cukup mengagetkan atas modal yang harus disiapkan demikian pula dengan mentalnya
2. agar cita2 menerbangkan pesawat dengan power engine berbbm gasoline cepat terealisir dan saat ini sangat mendukung dengan bermunculan engine gasoline dengan cc kecil jadi kita tidak perlu melakukan investasi terlalu banyak terlebih dahulu yaitu dengan memanfaatkan pesawat yang sudah dimiliki yang apabila memungkinkan dengan kelas 60, jadi modalnya tinggal beli: engine (15cc~20cc), fuel line dan fuel tank stoper khusus gasoline, bec dan 1 buah mini servo metal gear untuk menggerakan choke yg berfungsi pada saat priming/memompa bensin agar masuk ke karburator dan juga dapat digunakan untuk mematikan engine nantinya terus nantinya sedikit perlu melakukan penguatan sedikit di firewall nya
yang menariknya produk baru untuk engine kecil sekarang dudukannya sama dengan engine glow/nitro jadi sudah tidak merepotkan lagi dalam ngincer membuat dudukannya abis itu posisi carbunya sudah menghadap kebelakang semuanya, jadi intinya apabila akan mengkonversi dari glow ke gasoline tinggal cabut dan pasang serta ngebolongin firewall agar posisi corong carbu bebas untuk mendapatkan pasokan udara
saat ini khususnya yang saya lihat di cibubur (mustang, super sports senior dan ada beberapa lagi model lainnya) sudah banyak yang mengkonversi dari glow dengan gasoline 20cc dan enaknya kalau takut start pakai tangan masih cukup kuat di start dengan starter electric.
nah kira2 gitu deh saran saya cara tercepat beralih ke gasoline dengan mudah dan relatif murah biar cepat bisa mengenal karakteristik setting dan menerbangkan pesawat dengan power engine gasoline
selamat mencoba dan jangan lupa postingannya ya suhu
salam
1. semua pernik2 khusus yang harus dan wajib di sediakan dibandingkan dengan pesawat nitro yang biasanya adalah mulai kelas 50cc berarti mulai kelas ini cukup banyak modal yang harus dikeluarkan dan biasanya seperti saya cukup mengagetkan atas modal yang harus disiapkan demikian pula dengan mentalnya
2. agar cita2 menerbangkan pesawat dengan power engine berbbm gasoline cepat terealisir dan saat ini sangat mendukung dengan bermunculan engine gasoline dengan cc kecil jadi kita tidak perlu melakukan investasi terlalu banyak terlebih dahulu yaitu dengan memanfaatkan pesawat yang sudah dimiliki yang apabila memungkinkan dengan kelas 60, jadi modalnya tinggal beli: engine (15cc~20cc), fuel line dan fuel tank stoper khusus gasoline, bec dan 1 buah mini servo metal gear untuk menggerakan choke yg berfungsi pada saat priming/memompa bensin agar masuk ke karburator dan juga dapat digunakan untuk mematikan engine nantinya terus nantinya sedikit perlu melakukan penguatan sedikit di firewall nya
yang menariknya produk baru untuk engine kecil sekarang dudukannya sama dengan engine glow/nitro jadi sudah tidak merepotkan lagi dalam ngincer membuat dudukannya abis itu posisi carbunya sudah menghadap kebelakang semuanya, jadi intinya apabila akan mengkonversi dari glow ke gasoline tinggal cabut dan pasang serta ngebolongin firewall agar posisi corong carbu bebas untuk mendapatkan pasokan udara
saat ini khususnya yang saya lihat di cibubur (mustang, super sports senior dan ada beberapa lagi model lainnya) sudah banyak yang mengkonversi dari glow dengan gasoline 20cc dan enaknya kalau takut start pakai tangan masih cukup kuat di start dengan starter electric.
nah kira2 gitu deh saran saya cara tercepat beralih ke gasoline dengan mudah dan relatif murah biar cepat bisa mengenal karakteristik setting dan menerbangkan pesawat dengan power engine gasoline
selamat mencoba dan jangan lupa postingannya ya suhu
salam
- sahid
- Lieutenant Colonel

- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Beraluh Ke Gasoline :
Persiapannya : banyak yg baru...pompa fuel, fuel tubbing, kunci busi,
INI rencana Mau home made apa beli kit jadi mas? kalo KIt sdh dipersiapkan sedemikian rupa oleh factorynya...struktur,kekuatan dudukan eng dll g' usah fusing....kecuali pesawatnya home made
persiapan mental telinga akan adaptasi dg suara yg lebih mooooi.....
Persiapannya : banyak yg baru...pompa fuel, fuel tubbing, kunci busi,
INI rencana Mau home made apa beli kit jadi mas? kalo KIt sdh dipersiapkan sedemikian rupa oleh factorynya...struktur,kekuatan dudukan eng dll g' usah fusing....kecuali pesawatnya home made
persiapan mental telinga akan adaptasi dg suara yg lebih mooooi.....
- justinus
- Second Lieutenant

- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Pesawat Gasoline itu apa yang pake bensin ya???
- pamuncak
- Senior Airman

- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
bila dibandingkan motor listrik dan mesin bakar mana yg lebih efisien TWR nya...mohon informasi...salam kenal
- doditsky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 612
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Rencana sih tetep masih mengandalkan order HS...xixixixi kecuali ada yang baikan menawarkan pesawatnya....
ada beberapa alternatif pesawat buat saya yang seneng terbang nyantai.....trainer, piper,edge540, yang tentunya mempunyai tip stall yang rendah....hehehehe keliatan deh kalo masih imut2... tapi yang bikin pusing itu penempatan komponen ....
ada beberapa alternatif pesawat buat saya yang seneng terbang nyantai.....trainer, piper,edge540, yang tentunya mempunyai tip stall yang rendah....hehehehe keliatan deh kalo masih imut2... tapi yang bikin pusing itu penempatan komponen ....
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
pamuncak wrote:bila dibandingkan motor listrik dan mesin bakar mana yg lebih efisien TWR nya...mohon informasi...salam kenal
TWR ini apa ya oom?? maklum udik......
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Becanda oom.......
jadi yang benar, secara efisiensi, tergantung dari jenis motor dan engine nya...... kadang2 klaim dari pabrik hanya cocok untuk daerah asal pabrik......begitu dibawa ke Indonesia, berbeda.....
BTW kalau dibandingkan antara elektrik dan engine, jauh lebih konstan elektrik dibanding engine. dimana torque (setara HP atau Watt) untuk elektrik konstan sejak rpm rendah, sedangkan engine Powernya rendah pada rpm rendah dan peak di rpm tertentu......
kalau elektrik (tergantung burst rate Batt) cenderung Flat di rpm berapapun........
nah kalo effisiensi engine juga membentuk kurva, yang rangenya besar, sedangkan elektrik effisiensi menurun pada rpm tinggi....
(lagi cari chart perbandingannya, lupa dimana taruhnya)
jadi kalo untuk Thrust Weight Ratio, Elektrik lebih unggul.....(apa hubungannya ya???)
jadi yang benar, secara efisiensi, tergantung dari jenis motor dan engine nya...... kadang2 klaim dari pabrik hanya cocok untuk daerah asal pabrik......begitu dibawa ke Indonesia, berbeda.....
BTW kalau dibandingkan antara elektrik dan engine, jauh lebih konstan elektrik dibanding engine. dimana torque (setara HP atau Watt) untuk elektrik konstan sejak rpm rendah, sedangkan engine Powernya rendah pada rpm rendah dan peak di rpm tertentu......
kalau elektrik (tergantung burst rate Batt) cenderung Flat di rpm berapapun........
nah kalo effisiensi engine juga membentuk kurva, yang rangenya besar, sedangkan elektrik effisiensi menurun pada rpm tinggi....
(lagi cari chart perbandingannya, lupa dimana taruhnya)
jadi kalo untuk Thrust Weight Ratio, Elektrik lebih unggul.....(apa hubungannya ya???)

- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
untuk persiapan ke Gasoline, sebenarnya banyak suhu2 yang bisa memberikan penjelasan, seperti Pak Toto, Kak Dimas Oom Hybrid, Pak De surib bli Ary, dlll......ayo para suhu smua...... dibantu....
Nitro ke Gasoline :selang fuelnya beda, Fuel Stopper tank nya beda......
Nitro Pakai busi glow, Gasser: Pakai CDI atau Magneto
Nitro, pakai Choke/throttle cut(full close), Gasser: pakai choke atau kill switch.
Nitro ke Gasoline :selang fuelnya beda, Fuel Stopper tank nya beda......
Nitro Pakai busi glow, Gasser: Pakai CDI atau Magneto
Nitro, pakai Choke/throttle cut(full close), Gasser: pakai choke atau kill switch.
- kula
- Senior Master Sergeant

- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
yg jelas beda : adrenalin krn suaranya + getarannya..
maklum newbie ndeso tau nya cuma itu

maklum newbie ndeso tau nya cuma itu