Page 3 of 9
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 10:09
by pamuncak
trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 10:20
by kula
pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 10:34
by DIMAS
kula wrote:pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi
wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW
Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.
Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,
Salam...
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 12:02
by hulmannapit
Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.
Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,

Tapi Om Dimas, salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pemula seperti saya ini, adalah engine stop pada saat baru take off/ mau airborne.. dan untuk jenis elektrik hal itu tidak terjadi.. Apakah untuk engine dgn gasoline hal itu juga masih rentan terjadi..?
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 12:52
by toto
saya pernah menyaksikan sekali pesawat besar dengan power elektrik begitu takeoff mengeluarkan asap setelah di cek ternyata esc nya kebakar sedangkan dengan gasoline baru liat engine nya mati di udara saat high speed dan ada sesaat setelah selesai high speed rolling belum pernah saya lihat kejadiannya engine mati pada saat take off, hasil analisis kematian engine di udara tersebut dimuka yang pertama karena over heat dan yang kedua ada masalah pada fuel line system nya
eh saya sendiri pernah ding waktu take off electric motornya mati dan setelah di runut ketemu safety fuse nya putus ........... ini karena keteledoran saya pengen terbang fuse gede nya ketinggalan terus dipasang ala kadarnya ya gitulah langsung pet tapi alhamdulillah pesawat menclok dengan selamat
nah kira2 gitu deh selama ini yang saya lihat langsung sendiri
salam
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 13:24
by hulmannapit
Oh gitu toh pakde...?
Mohon maaf sebelumnya.
Habis pengelaman saya dengan pesawat nitro sih sering waktu mau take off engine tiba2 mati..
Kalau dengan engine gasoline karena belum punya, ya hanya sekedar reka2 saja......
Kirain karena sama2 enjin, jadi sifat2nya serupa.......hi hi hiks....

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 14:25
by kula
engine gasolin sich lebih tahan Om.. soalnya kan pake CDI, tdk hanya mengandalkan kompresi saja utk menyalakan busi spt di Glow engine (nitro)
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 14:37
by toto
om hulmannapit enggak perlu pake maaf lah la wong disini tempat berdiskusi dan menggali pengetahuan kok, saya sendiri juga masih terus belajar loh ada aja yang kelewatan kok ................. abis itu juga bagaimana om hulmannapit bisa menuntut saya memberikan maaf la wong sudah di bolak balik itu enggak ada pasal-pasal kuhap yang bisa dijadikan landasan hukum nya ......................
nah contohnya kaya om suhu kula itu memberikan informasi sekalian dalam rangka persiapan menuju membangun yang kelas 50cc cuman masih dipersimpangan kalan mau yang scale atau 3D sedangkan pernak pernik nya itu sudah dikantongin ...................

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 14:40
by kula
Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN
Posted: 10 Jan 2011, 14:52
by doditsky
1. Untuk Engine sekarang tersedia yang 20 cc....mending ambil yang 30 atau 20 untu pemula
2. pesawat incaran...edge 540, trainer gasoline, piper j....untuk lapangan kelas kampung ( karena tanahnya banyak yang nggak rata)...pesawat manakah yang direkomendasikan.....(yang landing gearnya ampuh saat landing) ..pake Groovy 50 jebol landing gearnya....
