bercerita...cara belajar yg menyenangkan...
Nubie Belajar dari Heli Asuh
Forum rules
Room Cerita Kita dimaksudkan untuk berbagi cerita mengenai kisah menarik dalam menekuni hobby aeromodelling .
Jangan ada topik lain seperti : survey , review , salam perkenalan dll .
Thread yang terlalu singkat , akan dihapus atau dipindah ke room latihan posting .
Persiapkan Thread Anda dengan baik dan menarik . Selamat berbagi cerita .
Room Cerita Kita dimaksudkan untuk berbagi cerita mengenai kisah menarik dalam menekuni hobby aeromodelling .
Jangan ada topik lain seperti : survey , review , salam perkenalan dll .
Thread yang terlalu singkat , akan dihapus atau dipindah ke room latihan posting .
Persiapkan Thread Anda dengan baik dan menarik . Selamat berbagi cerita .
- Adilgun
- Technical Sergeant

- Posts: 314
- Joined: 18 Oct 2010, 11:12
- Location: Purwakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
lanjut mbak...
bercerita...cara belajar yg menyenangkan...

bercerita...cara belajar yg menyenangkan...
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
Terbiasa dengan heli 4 Chanel lalu pindah ke 6 Chanel.. pasti rasanya agak aneh..
Bicara soal Chanel di remote, emang apa aja sih chanel itu ? kok ada yang sampe 12 chanel ?
TV aja yang punya sampe 64 Chanel, tetep aja nontonnya 1 Chanel..
Sebagai nubie, saya selalu pengen tahu.. want to know aja.. dan dapet juga jawabannya..
Tapi klu kurang tepat mohon kiranya para Suhu-suhu dapat meng-koreksi dan menambah jika kurang
Remote 1 Chanel
Biasa di gunakan untuk lampu atau yang bersifat on/off atau hanya 1 arah saja.
Remote 2 Chanel
Pada helicopter, remote 2 Chanel terdiri dari
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
Heli jenis ini biasanya menggunakan Infra Red (IR). Saat terbang heli cederung untuk maju.
sehingga kita tinggal mengarahkan kemana tujuan kita dengan memutar body.
heli ini tidak bisa hover atau diam di tempat
Remote 3 Chanel
Pada helicopter, remote 3 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
Heli jenis ini, ada yang menggunakan IR ada juga yang mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan.
Remote 4 Chanel
Pada helicopter, remote 4 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
Heli jenis ini, kebanyakan mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri
dan kekanan, juga bergeser kekiri atau ke kanan.
Dari 4 Chanel, langsung ke 6 Chanel.. saya belum menemukan literatur heli 5 chanel,
klu ada Suhu atau siapa saja yang ada info tentang heli 5 chanel, silahkan di tambahkan..
Remote 6 Chanel
Pada helicopter, remote 6 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
5.PITCH atau kemiringan main blade untuk mengatur daya angkat/ketinggian heli
6.GYRO atau keseimbangan. Berguna menjaga agar heli lebih stabil terbangnya.
Heli jenis ini, sudah dipastikan mengunakan frekwensi radio. Heli ini bisa naik dan turun,
hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan,
juga bergeser kekiri atau ke kanan. Bahkan bisa terbang terbalik atau invert.
Remote lebih dari 6 Chanel
Pada helicopter, remote lebih dari 6 Chanel pada dasarnya memiliki 6 Chanel di atas di tambah fungsi lain.
Seperti Cut-Off, Idle Trotle dan fungsi-fungsi tambahan lain. Silahkan jika ada yang mau menambah..
Bicara soal Chanel di remote, emang apa aja sih chanel itu ? kok ada yang sampe 12 chanel ?
TV aja yang punya sampe 64 Chanel, tetep aja nontonnya 1 Chanel..
Sebagai nubie, saya selalu pengen tahu.. want to know aja.. dan dapet juga jawabannya..
Tapi klu kurang tepat mohon kiranya para Suhu-suhu dapat meng-koreksi dan menambah jika kurang
Remote 1 Chanel
Biasa di gunakan untuk lampu atau yang bersifat on/off atau hanya 1 arah saja.
Remote 2 Chanel
Pada helicopter, remote 2 Chanel terdiri dari
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
Heli jenis ini biasanya menggunakan Infra Red (IR). Saat terbang heli cederung untuk maju.
sehingga kita tinggal mengarahkan kemana tujuan kita dengan memutar body.
heli ini tidak bisa hover atau diam di tempat
Remote 3 Chanel
Pada helicopter, remote 3 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
Heli jenis ini, ada yang menggunakan IR ada juga yang mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan.
Remote 4 Chanel
Pada helicopter, remote 4 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
Heli jenis ini, kebanyakan mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri
dan kekanan, juga bergeser kekiri atau ke kanan.
Dari 4 Chanel, langsung ke 6 Chanel.. saya belum menemukan literatur heli 5 chanel,
klu ada Suhu atau siapa saja yang ada info tentang heli 5 chanel, silahkan di tambahkan..
Remote 6 Chanel
Pada helicopter, remote 6 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
5.PITCH atau kemiringan main blade untuk mengatur daya angkat/ketinggian heli
6.GYRO atau keseimbangan. Berguna menjaga agar heli lebih stabil terbangnya.
Heli jenis ini, sudah dipastikan mengunakan frekwensi radio. Heli ini bisa naik dan turun,
hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan,
juga bergeser kekiri atau ke kanan. Bahkan bisa terbang terbalik atau invert.
Remote lebih dari 6 Chanel
Pada helicopter, remote lebih dari 6 Chanel pada dasarnya memiliki 6 Chanel di atas di tambah fungsi lain.
Seperti Cut-Off, Idle Trotle dan fungsi-fungsi tambahan lain. Silahkan jika ada yang mau menambah..
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
Adilgun wrote:lanjut mbak...
bercerita...cara belajar yg menyenangkan...
Terima kasih pak, mohon di koreksi dan di tambah jika ada yang kurang.. maklum masih nubie...
- anelah
- Senior Master Sergeant

- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
Main blade dibuat dari kertas karton lihat/cari di google, maaf sdh lupa dimana. Malah terakhir saya modifikasi menjadi tanpa flybar. Bisa dan enteng sekali enak terbangnya.
Blade 4g6 bahan dari foam yg sibungkus plastik sangat mudah hancur. Lain dengan yang seri v120 bahan plastik kuat. Saya belum pernah ganti main blade meskipun sering crash.
Blade 4g6 bahan dari foam yg sibungkus plastik sangat mudah hancur. Lain dengan yang seri v120 bahan plastik kuat. Saya belum pernah ganti main blade meskipun sering crash.
- anelah
- Senior Master Sergeant

- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
Jadi inget belajar heli pakai 4g6 kalau crash dirumput komponen kecil2 suka bertaburan di rumput hilang. Akhirnya semua komponen yang gampang lepas saya iket dengan benang jahit. Hehehe... Kelihatan buruk tapi aman.
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
anelah wrote:Jadi inget belajar heli pakai 4g6 kalau crash dirumput komponen kecil2 suka bertaburan di rumput hilang. Akhirnya semua komponen yang gampang lepas saya iket dengan benang jahit. Hehehe... Kelihatan buruk tapi aman.
sepulang dari Bandung, aku lanjut lagi setting remote-nya...
- ernest
- Senior Airman

- Posts: 163
- Joined: 28 Jul 2012, 07:43
- Location: Balikpapan
- Contact:
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
wah bener2 telaten membangun helinya mbak maria. . .segala settinggan semua mengunakan ukuran. . .pasti hovernya bisa ateng bener tuh. . .PEREMPUAN INDONESIA yang mengeluti hobby aeromodelling 
- anelah
- Senior Master Sergeant

- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
Koneksi lipo juga sangat mengkhawatirkan. Awal beli susah masuknya, setelah itu malah gampang copot. Kalau setelah main kabel panas itu tanda2 sdh harus ganti socket.
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
ernest wrote:wah bener2 telaten membangun helinya mbak maria. . .segala settinggan semua mengunakan ukuran. . .pasti hovernya bisa ateng bener tuh. . .PEREMPUAN INDONESIA yang mengeluti hobby aeromodelling
Terima kasih..
- Maria Nindhya
- Senior Master Sergeant

- Posts: 629
- Joined: 04 Jul 2012, 14:45
- Location: Bunderan HI Jakarta
Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh
anelah wrote:Koneksi lipo juga sangat mengkhawatirkan. Awal beli susah masuknya, setelah itu malah gampang copot. Kalau setelah main kabel panas itu tanda2 sdh harus ganti socket.
Wah, masukan baru nih.. terima kasih pak..
btw, klu conector pada motor apa yang salah ya ? heli saya yg CB-180D, sambungan motor ke receiver agak meleleh..
ada saran ? nanti saya buat gambarnya..