Page 4 of 7

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 08 Mar 2013, 10:31
by Adilgun
lanjut mbak...
bercerita...cara belajar yg menyenangkan...
:dj

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 08 Mar 2013, 20:28
by Maria Nindhya
Terbiasa dengan heli 4 Chanel lalu pindah ke 6 Chanel.. pasti rasanya agak aneh..
Bicara soal Chanel di remote, emang apa aja sih chanel itu ? kok ada yang sampe 12 chanel ?
TV aja yang punya sampe 64 Chanel, tetep aja nontonnya 1 Chanel.. :wek
Sebagai nubie, saya selalu pengen tahu.. want to know aja.. dan dapet juga jawabannya..
Tapi klu kurang tepat mohon kiranya para Suhu-suhu dapat meng-koreksi dan menambah jika kurang

Remote 1 Chanel
Biasa di gunakan untuk lampu atau yang bersifat on/off atau hanya 1 arah saja.

Remote 2 Chanel
Pada helicopter, remote 2 Chanel terdiri dari
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
Heli jenis ini biasanya menggunakan Infra Red (IR). Saat terbang heli cederung untuk maju.
sehingga kita tinggal mengarahkan kemana tujuan kita dengan memutar body.
heli ini tidak bisa hover atau diam di tempat

Remote 3 Chanel
Pada helicopter, remote 3 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
Heli jenis ini, ada yang menggunakan IR ada juga yang mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan.

Remote 4 Chanel
Pada helicopter, remote 4 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor sehingga heli bisa di control ketinggian terbangnya.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
Heli jenis ini, kebanyakan mengunakan frekwensi radio.
Heli ini bisa naik dan turun, hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri
dan kekanan, juga bergeser kekiri atau ke kanan.

Dari 4 Chanel, langsung ke 6 Chanel.. saya belum menemukan literatur heli 5 chanel,
klu ada Suhu atau siapa saja yang ada info tentang heli 5 chanel, silahkan di tambahkan..

Remote 6 Chanel
Pada helicopter, remote 6 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
5.PITCH atau kemiringan main blade untuk mengatur daya angkat/ketinggian heli
6.GYRO atau keseimbangan. Berguna menjaga agar heli lebih stabil terbangnya.
Heli jenis ini, sudah dipastikan mengunakan frekwensi radio. Heli ini bisa naik dan turun,
hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan,
juga bergeser kekiri atau ke kanan. Bahkan bisa terbang terbalik atau invert.

Remote lebih dari 6 Chanel
Pada helicopter, remote lebih dari 6 Chanel pada dasarnya memiliki 6 Chanel di atas di tambah fungsi lain.
Seperti Cut-Off, Idle Trotle dan fungsi-fungsi tambahan lain. Silahkan jika ada yang mau menambah..

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 08 Mar 2013, 20:38
by Maria Nindhya
Adilgun wrote:lanjut mbak...
bercerita...cara belajar yg menyenangkan...
:dj

Terima kasih pak, mohon di koreksi dan di tambah jika ada yang kurang.. maklum masih nubie... :hi3

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 09 Mar 2013, 01:01
by anelah
Main blade dibuat dari kertas karton lihat/cari di google, maaf sdh lupa dimana. Malah terakhir saya modifikasi menjadi tanpa flybar. Bisa dan enteng sekali enak terbangnya.
Blade 4g6 bahan dari foam yg sibungkus plastik sangat mudah hancur. Lain dengan yang seri v120 bahan plastik kuat. Saya belum pernah ganti main blade meskipun sering crash.

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 09 Mar 2013, 01:16
by anelah
Jadi inget belajar heli pakai 4g6 kalau crash dirumput komponen kecil2 suka bertaburan di rumput hilang. Akhirnya semua komponen yang gampang lepas saya iket dengan benang jahit. Hehehe... Kelihatan buruk tapi aman.

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 09 Mar 2013, 09:09
by Maria Nindhya
anelah wrote:Jadi inget belajar heli pakai 4g6 kalau crash dirumput komponen kecil2 suka bertaburan di rumput hilang. Akhirnya semua komponen yang gampang lepas saya iket dengan benang jahit. Hehehe... Kelihatan buruk tapi aman.

:cta Wah, pengalamam yang menarik.. cerita donk..
sepulang dari Bandung, aku lanjut lagi setting remote-nya... :gg

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 09 Mar 2013, 11:14
by ernest
wah bener2 telaten membangun helinya mbak maria. . .segala settinggan semua mengunakan ukuran. . .pasti hovernya bisa ateng bener tuh. . .PEREMPUAN INDONESIA yang mengeluti hobby aeromodelling :mtp

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 09 Mar 2013, 17:19
by anelah
Koneksi lipo juga sangat mengkhawatirkan. Awal beli susah masuknya, setelah itu malah gampang copot. Kalau setelah main kabel panas itu tanda2 sdh harus ganti socket.

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 09:21
by Maria Nindhya
ernest wrote:wah bener2 telaten membangun helinya mbak maria. . .segala settinggan semua mengunakan ukuran. . .pasti hovernya bisa ateng bener tuh. . .PEREMPUAN INDONESIA yang mengeluti hobby aeromodelling :mtp

Terima kasih.. :thx ini banyak komplain, kapan terbangnnya ? aku lebih suka terbang dengan sedikit koreksi... he.. he..

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 09:25
by Maria Nindhya
anelah wrote:Koneksi lipo juga sangat mengkhawatirkan. Awal beli susah masuknya, setelah itu malah gampang copot. Kalau setelah main kabel panas itu tanda2 sdh harus ganti socket.

Wah, masukan baru nih.. terima kasih pak.. :thx akan saya perhatikan..
btw, klu conector pada motor apa yang salah ya ? heli saya yg CB-180D, sambungan motor ke receiver agak meleleh..
ada saran ? nanti saya buat gambarnya..