Page 4 of 9

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 15:03
by toto
om suhu doditsky, seperti sudah saya sarankan di sebelumnya kalau sudah punya pesawat kelas 60-90 saya sarankan mulai saja dulu dari kelas 20cc jadi tidak terlalu banyak pembiayaan yang harus dikeluarkan sekalian sebagai adaptasi memelihara dan menerbangkan pesawat dengan power engine gasoline dan enaknya kalau masih deg degan start engine dengan gaya nabok masih bisa di start dengan electric starter biasa ............ :ok

selain biaya tentunya yang menjadi bahan pertimbangan adalah psikologis enggak terlalu dag dig dug dengan melihat ukuran pesawat serta suaranya serta luas lapangannya nah dari situ entar kira2 maksimal 6 bulan langsung deh koleksi kelas 30 abis itu loncat saja ke kelas 100 ya om biar ukuran beda pesawatnya sangat nyata .... :pis

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 16:31
by hulmannapit
Oooooooooo gitu yah..... (sok ngerti)
Ya memang "make sense' dgn adanya cdi pasti lebih tahan.....
Mudah2an ada kesempatan bertemu dan berguru/menimba ilmu sebanyak2nya dari pakde suhu toto dan suhu Kula... (dari pada kelamaan duduk di TK kecil melulu) :ha3 :ha3 :ha3

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 16:35
by pamuncak
mendingan thread yg penting dikumpulkan dan difile lalu diterbitkan sebagai e-book br nggak hilang.untuk sendiri diprint yg jelas digantung di bengkel sbg manula book wajib aeromodeling.salam

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 17:55
by Budi
hulmannapit wrote:
DIMAS wrote:Setuju dengan Pak Budi, untuk TWM, elektrik lebih baik dari mesin gasoline.
Tapi untuk pesawat ukuran yg besar, sepertinya lebih mudah didapat bahan penunjang, seperti bahan bakar, tenaga dan lain seperti yg disebut pak Kula.

Kalau elektrik yg agak besar, harus ada sumber listrik utk mengisi batere dan investasi cukup besar,



:ok Tapi Om Dimas, salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pemula seperti saya ini, adalah engine stop pada saat baru take off/ mau airborne.. dan untuk jenis elektrik hal itu tidak terjadi.. Apakah untuk engine dgn gasoline hal itu juga masih rentan terjadi..?


nah itu dia, elektrik semakin besar maka akan semakin muahal investasinya.....bisa2 harga 1 pesawat elektrik lengkap dgn batt sekelas 50cc menyamai satu 100cc RTF ditambah 30cc gasoline RTF (cina). :hah :hah

tapi sebagai timbal baliknya, ngga ada deadstick alias mati diatas (jika instalasi/perhitungannya benar) ditambah lagi torque/powernya yang konstan di semua RPM (tergantung sbrp bagus battnya)

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 17:57
by Budi
kula wrote:
pamuncak wrote:trims penjelasan om budi...jadi sebatas suaranya yg meraung yg jadi keunggulan....mgkn dulu motor listrik blm sebaik sekarang jd jarang ada yg pakai...trims sekali lagi


wah, kalo kelas gaban kyk nya justru keunggulan utama Engien Gasolin adalah operational cost nya yg murah. jauh lebih murah daripada Elektrik. CMIIW



belum tentu oom, kalau kita menggunakan sumber listrik solar cell seperti di cibubur, malah gratis operating costnya...... ndak bayar bensinnya.....

itu sebabnya di sebut GO GREEN...........

kecuali elevatornya lemah........ :hah

*genderang perang ditabuh....dug dug dug......gedebug.......*

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 21:11
by su-31
...cepat ato lambat, teknologi nya bakal dateng.

Ini udah keluar Magnum 2 Stroke gasoline .52 .

.52 ini bukan 52 cc, tapi 0.52 Cu.In, alias 8 cc an lah.., ya pokok nya .52
Dan ini bukan hasil nyoba2.., tapi asli dari pabrik udah Gasoline !

Selamat tinggal nitro...

http://www.vqwarbirds.com/product_info. ... cts_id=130

Ato coba aja googling "magnum .52 gas"

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 10 Jan 2011, 21:40
by hulmannapit
Wah cakep infonya dari para suhu nih....
Bener-2 nambah elmu... :thx

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 11 Jan 2011, 00:05
by kula
[quote="Budi"]


belum tentu oom, kalau kita menggunakan sumber listrik solar cell seperti di cibubur, malah gratis operating costnya...... ndak bayar bensinnya.....

itu sebabnya di sebut GO GREEN...........

kecuali elevatornya lemah........ :hah

*genderang perang ditabuh....dug dug dug......gedebug.......*[quote]

mataharinya emang gratis Om.. tapi media penyimpanannya bisa buat bayar uang sekolah anak 1 taon... :wek

*kecuali kalo terjadi nya adalah : berangkat bawa pesawat, pulang bawa kantong kresek...

kalo dah gitu mau pake gasolin, nitro, lipo, rubber,..apapun sumber daya nya... sakit hati hasilnya.. :whoaa :whoaa

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 11 Jan 2011, 09:39
by pamuncak
deadstick apa ya om....mati mendadak...karena apa itu bensin habis atau logam mekaniknya motor yg mendadak error krn panas.......mhn informasinya

Re: PERSIAPAN BERALIH KE pesawat GASOLINE...MOHON MASUKAN

Posted: 11 Jan 2011, 09:44
by Budi
ya benar....mati engine pada saat terbang.......

penyebabnya macam macam.......... bisa mekanikal, bisa elektrikal, bisa kesadaran (lupa kalo fuelnya abis :ym24)

(*yang jelas bukan karena elevator ngg kuat.....Oom Kula sehat??*)